Soekarno Pemimpin Besar Dunia, Ini 3 Jasa Terbesarnya Bagi Islam

0
92
soekarno

Soekarno – Siapa yang tidak kenal dengan salah satu bapak proklamator Indonesia ini? Beliau juga seorang presiden pertama Indonesia. Namanya begitu dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia sejak dulu hingga sekarang. Namanya tidak hanya termasuk di dalam negeri saja, tapi juga dikenal oleh dunia.

Bersama dengan para pemimpin dunia lainnya kala itu, Soekarno turut memperjuangkan kemerdekaan negara-negara yang dijajah oleh bangsa-bangsa Barat. Sebab penjajahan menimbulkan kesengsaraan rakyat di negara yang dijajah itu.

soekarno

Penjajahan tidak bisa dibenarkan dengan alasan apapun. Dilihat dari sudut pandang Islam sendiri, penjajahan merupakan perbuatan yang tidak sesuai dengan moral dan tidak menghormati hak-hak manusia. Sebagai umat Islam, kita harus menghentikan segala bentuk macam penjajahan.

Katakanlah: “Tuhanku hanya mengharamkan perbuatan yang keji, baik yang nampak ataupun yang tersembunyi, dan perbuatan dosa, melanggar hak manusia tanpa alasan yang benar (menganiaya).” (QS. Al-A’raaf ayat 33)

Kembali kepada sosok Soekarno sebagai salah satu pemimpin dunia yang disegani. Ternyata Bung Karno memiliki kepedulian terhadap dunia Islam yang tinggi. Kita bisa melihat bukti-bukti sejarah bahwa beliau memiliki jasa yang besar terhadap perkembangan Islam di dunia.

3 jasa Soekarno pada Islam

Berikut adalah jasa-jasa Bung Karno pada Islam.

Meminta Uni Soviet Menemukan Makam Imam Bukhari

Pemimpin tertinggi di uni Soviet saat itu, Nikita Kruschev meminta Bung Karno untuk mengunjungi Moskow, ibukota Uni Soviet. Nikita sangat ingin Bung Karno datang ke Moskow karena ia memandang bahwa Indonesia sebagai salah satu mitra penting di Asia.

soekarno

Namun Bung Karno mengajukan satu persyaratan kepada Nikita. Bung Karno meminta Nikita untuk menemukan makam Imam Bukhari. Nikita pun langsung menyuruh pasukan elit nya untuk menemukan makam itu.

Dengan kerja yang sangat keras, akhirnya makam Imam Bukhari ditemukan di wilayah Samarkand, Uzbekistan. Kondisi makam saat itu sangat tidak terawat, Nikita kruschev pun menyuruh untuk memugarnya menjadi sangat bagus seperti yang bisa kita lihat sekarang.

Menghijaukan Padang Arafah

Padang Arafah merupakan salah satu kawasan yang tandus hanya ada beberapa pohon di sana dulu. Bung Karno yang melihat kondisi Padang Arafah yang panas, meminta raja Arab Saudi yang bernama Raja Fahd untuk menanami pepohonan di sana.

soekarno

Raja Fahd pun mengabulkan permintaan Bung Karno. Karena bung Karno sangat dihormati oleh Raja Fahd. Atas permintaan Bung Karno itulah sekarang Padang Arafah tidak terlalu panas karena banyak pepohonan yang dinamakan Pohon Soekarno.

Pohon itu adalah pohon jenis mimba. Pohon mimba memiliki khasiat untuk mengobati sakit diare. Pohon ini juga untuk melindungi para jamaah haji dari panas terik matahari.

Membuka Kembali Masjid Biru St. Petersburg Sebagai Tempat Ibadah

Selama era Uni Soviet, tempat ibadah seperti masjid dan gereja hanya difungsikan sebagai gudang atau penyimpanan senjata. Saat Bung Karno berkunjung ke salah satu kota di Uni Soviet, yaitu Saint Petersburg, dia meminta untuk membuka kembali Masjid Biru sebagai tempat ibadah umat muslim. Nikita khrushchev, pemimpin Uni Soviet saat itu akhirnya mengabulkan permintaan sahabatnya itu. Ia kembali memfungsikan Masjid Biru sebagai tempat ibadah.

Sobat Cahaya Islam, itulah jasa-jasa presiden pertama kita dalam perkembangan Islam di dunia. Hendaknya kita sebagai generasi muslim harus mencontoh beliau. Karena bagaimanapun Islam adalah agama kita. Islam adalah pedoman kita dalam menjalani hidup di dunia dan di akhirat nanti.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!