Hari Ayah, Betapa Mulianya Seorang Ayah dalam Islam

0
55
hari ayah

Hari Ayah – Ayah adalah orang yang sangat berjasa dalam kehidupan kita. Bahka Ayah merupakan orang kedua setelah ibu yang wajib untuk kita sayangi dan kita hormati. Hari ayah ini kita perlu untuk mengingat kembali betapa besar pengorbanan yang telah dilakukan oleh ayah atau orang tua kita.

Di Hari Ayah, Ingat Jasa-jasa Seorang Ayah

Saat ini semakin banyak orang yang merupakan jasa dari seorang ayah. Padahal tanpa jasa mereka kita tidak bisa hidup sampai sekarang ini. Dalam tubuh kita terdapat darah dan daging Ayah kita. Selain itu Ayah adalah orang yang memberi nafkah sehingga kita bisa makan dan hidup. Tanpa seorang ayah tentu akan sulit bagi kita untuk menjalani hidup ini.

Sobat Cahaya Islam, kita sebagai orang muslim wajib untuk memuliakan kedua orang tua. Orang tua ibarat seperti jimat yang begitu berharga. Bagaimana tidak, doa kedua orang tua mampu menembus langit dengan mudah sehingga permohonan orang tua bagi anaknya lebih mudah dikabulkan oleh Allah.

hari ayah

Ibu memang merupakan orang yang berhak untuk kita sayangi dan hormati diantara orang lain. Namun ayah menjadi orang kedua yang wajib dan berhak untuk kita sayangi dan hormati. Meskipun terkadang kita tidak terlalu dekat dengan seorang ayah namun sebenarnya kasih sayang mereka sangatlah besar. Hanya saja ayah memang tidak memiliki lebih banyak waktu seperti ibu karena terlalu sibuk untuk bekerja dan mencari nafkah.

Allah telah berfirman dalam sebuah ayat Alquran:

“Dan (ingatlah) ketika Kami mengambil janji dari Bani Israil, “Janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua.”(Al-Baqarah 83)

Dalam ayat tersebut disebutkan kita diwajibkan untuk menghormati dan memperlakukan orang tua kita dengan sebaik mungkin. Bahkan seringkali kita mendapatkan banyak nasihat tentang bagaimana sebaiknya kita berperilaku kepada orang tua.

hari ayah

Karena saking baiknya kedua orangtua justru terkadang anak begitu mudah untuk melupakan jasa-jasa yang telah orang tua berikan.apabila kita menghitung-hitung apa yang telah orang tua kita lakukan tentu kita tidak akan pernah bisa membalasnya.

Ibu melahirkan dan menyusui kita serta mendidik kita dengan begitu penuh kasih sayang. Namun di setiap suapan nasi yang dimakan oleh kita dan bahkan di dalam ASI terdapat nafkah yang ayah berikan. Jadi kita harus tetap menyayangi kedua orang tua dengan sebaik-baiknya.

Cara agar lebih berbakti kepada orang tua

Di hari ayah ini kita perlu untuk merenung, sudahkah kita menjadi anak yang baik bagi keduanya? Ataukah justru kita menjadi anak yang durhaka? Penting untuk selalu bercermin dan memperbaiki diri ketika berperilaku kepada orang tua.Jangan sampai kita melakukan hal-hal yang dapat menyakiti mereka.

Agar kita bisa lebih berbakti kepada orang tua cara yang pertama kita lakukan adalah merenung sejenak. Selanjutnya ingat-ingat apa yang telah orang tua kita berikan. Kita bisa membayangkan Bagaimana perilaku orang tua kita ketika kita masih kecil. Ingat-ingat bagaimana ibu menimang-nimang, menyuapi kita ,membersihkan dan memandikan kita, dalam melakukan banyak hal agar kita bisa tumbuh dengan sehat.

hari ayah

Ingat-ingat juga bagaimana ayah menyayangi kita sedari kecil hingga sekarang. Orang tua kita bukanlah manusia yang sempurna, mereka juga memiliki kekurangan. Terkadang kita merasa jengkel dengan apa yang mereka lakukan. Namun kita harus ingat bahwa tidak ada manusia yang sempurna dan pasti akan melakukan kesalahan.

Sebagai anak kita harus bisa memaklumi apa yang dilakukan oleh orang tua. Kesalahan yang mereka buat dan membuat kita marah tidak lebih besar dari kasih sayang yang telah diberikan.

 

 

 

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!