Gempa Pacitan Kejutkan Warga, Ketahui 5 Tindakan yang Harus Dilakukan Muslim

0
101
gempa pacitan

Gempa Pacitan – Gempa berkekuatan 5,0 skala Richter terjadi dini hari tanggal 22 Juni pukul 02.33 WIB. Pusat gempa berlokasi di 107 km barat daya Kota Pacitan, Jawa Timur. Getaran gempa dirasakan oleh sebagian wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah meliputi Yogyakarta, Purworejo, Purwokerto, Kebumen dan sekitarnya.

gempa pacitan

Masyarakat yang berada di daerah itu terbangun akibat getaran gempa yang cukup keras. Meskipun pusat gempa Pacitan berada di laut tetapi gempa ini tidak menimbulkan potensi tsunami. Masyarakat tetap  merasakan kepanikan karena gempa yang dirasakan cukup kuat. Gempa yang cukup kuat itu membangunkan warga yang tengah tidur.

Sobat cahaya Islam, ketika ada gempa apa yang sebaiknya kita lakukan? Sebagai seorang muslim pada saat terjadi gempa hal yang wajib atau sebaiknya kita lakukan adalah berdoa. Kita bisa mengamalkan doa ketika terjadi gempa. Dengan memanjatkan doa saat terjadi gempa maka Allah akan melindungi kita.

5 Tindakan Saat Terjadi Gempa Pacitan

Tetap tenang dan jangan panik

Ketika terjadi gempa sebaiknya kita jangan panik. Karena kepanikan hanya akan membuat kita bingung apa yang harus kita lakukan. Pertama, kita harus tenang saat terjadi gempa kemudian pikirkan apa yang selanjutnya harus kita lakukan.

Ketika kita sedang berada di dalam rumah kemudian terjadi gempa bumi, usahakan agar diri kita tetap tenang. Sembunyi di bawah meja dan lindungi kepala dengan tangan atau bantal. Jangan berlindung di bawah perabotan yang mungkin bisa membahayakan anda.

gempa pacitan

Segera keluar ruangan

Saat gempa dirasa telah selesai, segera cari jalan menuju keluar bangunan. Ini untuk menghindari jika sewaktu-waktu bangunan tersebut roboh akibat gempa. Jika sobat sedang berada di bangunan tinggi kalian bisa menggunakan tangga atau lift agar bisa segera keluar dari bangunan itu.

Berusahalah untuk menyelamatkan diri ketika gempa. Sebab Allah tidak akan melindungi kita jika kita tidak berusaha.

قُلْ يَٰقَوْمِ ٱعْمَلُوا۟ عَلَىٰ مَكَانَتِكُمْ إِنِّى عَٰمِلٌ ۖ فَسَوْفَ تَعْلَمُونَ

Katakanlah: “Hai kaumku, bekerjalah sesuai dengan keadaanmu, sesungguhnya aku akan bekerja (pula), maka kelak kamu akan mengetahui.” (QS. Az-Zumar ayat 39)

Hindari bangunan tinggi

Ketika sudah berhasil keluar ruangan,  yang harus anda lakukan adalah menghindari atau menjauhi bangunan tinggi. Sebab jika kita dekat dekat dengan bangunan tinggi dikhawatirkan bangunan tersebut akan roboh dan bisa menimpa kita.

Selain menghindari bangunan tinggi, kita juga harus jauh-jauh dari tiang listrik. Carilah tanah lapang atau yang di sekitarnya tidak ada bangunan untuk menghindari terjadinya bangunan yang ambruk.

Gempa besar biasanya juga bisa mengakibatkan tanah longsor. Bagi sobat yang tinggal di daerah pegunungan sebaiknya hindari tebing yang rentan longsor saat gempa bumi. Sudah banyak kejadian tanah longsor yang diakibatkan oleh gempa bumi.

gempa pacitan

Mewaspadai Gempa Susulan

Gempa bumi biasanya juga diikuti oleh gempa susulan. Kekuatan gempa susulan, terkadang bisa lebih kecil atau lebih besar dari gempa pertama. Sehingga sobat perlu mewaspadai adanya gempa susulan. Diharapkan jangan lengah ketika gempa pertama sudah usai. Tetaplah waspada terhadap kemungkinan terjadinya gempa susulan yang bisa lebih besar atau lebih kecil dari gempa pertama.

Berdoa

Gempa Pacitan terjadi atas kehendak Allah ta’ala. oleh karena itu saat terjadi gempa bumi sebaiknya kita berdoa dengan doa ketika terjadi gempa bumi. Berikut adalah doa saat gempa bumi yang bisa cepat cahaya Islam bacaan ketika merasakan gempa atau mendengar ada berita gempa di daerah lain.

اَللَّهُمّ إِنّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا، وَخَيْرَ مَا أَرْسَلْتَ بِهِ؛ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا، وَشَرِّمَافِيْهَا وَشَرِّمَا أَرْسَلْتَ بِهِ

ALLAHUMMA INNII AS’ALUKA KHOIROHAA, WA KHOIROMAA FIIHAA WA KHOIRO MAA ARSALTA BIH, WA A’UDZUBIKA MIN SYARRIHAA WASYARRI MAA FIIHAA WA SYARRI MAA ARSALTA BIH.

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang didalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi, dan keburukan atas apa yang terjadi di dalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan.

Lakukan kelima hal tersebut ketika sebuah cahaya Islam merasakan gempa bumi. Semoga Allah selalu memberi perlindungan kepada kita semua ketika terjadi gempa bumi. Kita jadikan sebagai sebuah pelajaran agar selalu mengingat Allah.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY