Merasa Allah Tidak Adil? Begini Cara Mengatasinya!

0
169
Merasa Allah Tidak Adil 4

Merasa Allah tidak adil – Ketika kita sebagai manusia dihadapkan pada ujian atau cobaan, seringkali ada perasaan untuk kecewa dan juga kalut. Sehingga terlalu sibuk dengan kekecewaan membuat kita kadang memiliki perasaan bahwasanya Allah tidak adil. Hal ini mungkin karena apa yang kita hadapi tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Sementara Allah telah menetapkan sesuatu tentu saja dengan berbagai alasan dan hikmah.

Dalam islam, kaum muslimin diajarkan untuk berserah diri dan percaya dengan apapun yang menjadi ketetapan-Nya. Sehingga berprasangka buruk kepada Allah SWT adalah tindakan yang tidak dianjurkan. Kita justru harus senantiasa percaya bahwasanya rencana yang terbaik tentu saja adalah rencana-Nya, terlepas yang kita ketahui dan tidak. Lalu bagaimana mengatasi perasaan yang merujuk pada prasangka buruk kepada Allah menurut islam?

Merasa Allah Tidak Adil? Begini Cara Mengatasinya Menurut Islam

Merasa Allah Tidak Adil 2

Merasa Allah tidak adil, biasanya perasaan semacam ini muncul ketika seseorang dilanda ujian atau cobaan. Sehingga kecewa berlebihan menyebabkan diri kita menaruh prasangka buruk dan bahkan tidak dapat melihat hikmah baik yang ada. Itu sebabnya, yang kita perlukan tentu saja adalah terus percaya agar kita tidak selalu menyalahkan Allah serta ketetapan-Nya.

الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.

Ayat ini mengandung gambaran tentang bagaimana kaum muslimin seharusnya bersikap pada setiap cobaan yang dihadapi. Dengan selalu yakin bahwasanya segala sesuatu yang Allah ciptakan dan berikan adalah sesuatu yang tidak akan sia-sia. Maka ini akan membuat kita semakin yakin, percaya dan tentu saja tidak berprasangka buruk kepada Allah SWT.

Lalu bagaimana mengatasi perasaan berprasangka buruk kepada Allah SWT?

Memegang Keyakinan Allah Itu Adil

Merasa Allah Tidak Adil 3

Allah adalah Maha Adil setiap ketetapan-Nya. Sehingga tidak mungkin Allah merencanakan sesuatu tanpa alasan dan hikmah yang baik untuk umat-Nya. Ketika kita merasa cobaan yang dihadapi tidak adil, ingatlah bahwa Allah mengetahui apa yang terbaik untuk kita. Jadi, tidak perlu meragukan Allah SWT meski kenyataan tidak selalu sesuai dengan harapan.

Mendekatkan Diri Kepada Allah

Seperti halnya percaya kepada manusia, saat kita mengenal baik seseorang maka kita akan memberinya kepercayaan. Itulah kenapa kepada Allah pun kita juga harus mendekatkan diri, Ketika kita mengenal baik bagaimana Allah kepada hamba-Nya tentu akan membuat kita menaruh lebih banyak rasa percaya. Dengan begitu kita senantiasa berprasangka baik terhadap-Nya.

Merasa Allah tidak adil – Ini merupakan tindakan yang sungguh tidak dianjurkan. Sebagai manusia, Allah lah Sang Pencipta yang tentu saja menjadi tempat bersandar kita dalam segala situasi. Maka dari itu sobat CahayaIslam, sebagai seorang muslim mari kita selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT dan percaya dengan ketetapan-Nya bahwasanya rencana Allah adalah sebaik-baiknya.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Ali ‘Imran Ayat 191

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY