Rumsyah Baduy Viral Dicap Kurang Bersyukur, Bagaimana Hukumnya Menurut Islam?

0
60
Rumsyah Baduy viral

Rumsyah Baduy viral – Belum lama ini, nama Rumsyah Baduy viral dan ramai dibicarakan di sosial media. Namanya viral usai ia berada di dalam konten Vilmei. Namun Rumsyah Baduy menjadi viral dan terkenal di kalangan netizen dengan kesan negatif.

Kasu Rumsyah Baduy ini berawal saat Vilmei berkunjung ke kawasan Baduy, Banten untuk membuat sebuah konten. Rumsyah sebagai salah satu warga asli Baduy kemudian diajak Vilmei untuk menemaninya dalam membuat konten.

Kasus Rumsyah Baduy Viral

Setelah membuat konten bersama Rumsyah Baduy, Vilmei bertanya apa yang menjadi keinginan Rumsyah. Mendapat pertanyaan tersebut, Rumsyah menjawab keinginannya adalah mendapat HP dan pergi ke Jakarta.

Ketika mendengar permintaan tersebut, Vilmei langsung memberikan salah satu HP kepada Rumsyah. Itulah yang menjadi kelanjutan mengapa Rumsyah Baduy viral dan menjadi perbincangan.

Bagaimana tidak, usai mendapat HP dari Vilmei, Rumsyah menjawab komentar salah seorang warganet. Dalam komentar tersebut, seorang warganet menyebut Rumsyah mendapat iPhone dari Vilmei.

Sayangnya, Rumsyah menjawab komentar itu dengan konotasi negatif dan menyebut ia mendapat HP Advan. Komentar ini langsung menuai respon negatif dari netizen. Banyak netizen yang menyebut Rumsyah tak tahu berterima kasih.

Bahkan tidak sedikit juga yang menyebut bahwa Rumsyah termasuk orang yang kurang bersyukur atas pemberian HP tersebut.

Pentingnya Bersyukur

Sobat Cahaya Islam, kasus Rumsyah Baduy viral sejatinya mengajarkan Sobat begitu pentingnya bersyukur. Padahal bersyukur adalah salah satu sifat mulia yang wajib umat islam miliki. Begitu banyak hal yang dapat Sobat syukuri dalam kehidupan ini.

Misalnya saja bisa bernafas sampai sekarang, masih mampu bekerja, belajar, dan melakukan aktivitas lain. Allah SWT pun sangat menyukai orang-orang yang senantiasa bersyukur. Allah SWT juga akan menambahkan nikmat-Nya kepada mereka yang selalu bersyukur.

Tak hanya menambah nikmat, sifat bersyukur juga mampu membuat hati menjadi lebih tenang, bahagia, dan lapang. Sobat pun akan selalu berbaik sangka kepada Allah SWT. Dengan demikian, rasa cinta seorang hamba kepada Allah akan terus meningkat hari demi hari.

Akibat Tidak Bersyukur

Rumsyah Baduy viral

Sobat, begitu pentingnya bersyukur dalam agama islam. Sebaliknya, ada akibat tersendiri bagi orang yang tidak pandai bersyukur. Beberapa akibat tersebut di antaranya:

1.     Mendapat Adzab

Sobat, mereka yang tak pandai bersyukur, apalagi mengingkari nikmat Allah SWT terancam mendapat adzab dari-Nya. Hal ini tertulis jelas dalam firman Allah SWT yang berbunyi,

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ 

Artinya:

“(Ingatlah) ketika Tuhanmu mengeluarkan maklumat, ‘Sungguh jika kalian bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu. Tetapi jika kalian mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat,’” (QS. Ibrahim: 7)

2.     Hati Berubah Menjadi Mati

Manusia yang tidak bersyukur terhadap nikmat cenderung tak menghargai setiap nikmat dari Allah SWT dalam bentuk apapun. Itulah yang membuat hati menjadi mati, mengingat tidak ada rasa syukur dari segala keberkahan yang sudah ia terima.

3.     Mudah Marah

Mereka yang tidak bersyukur artinya tak menerima pemberian apapun dari Allah SWT dengan baik. Ia senantiasa merasa kurang. Oleh sebab itu, ia akan mudah marah dan sering protes serta mengeluh kepada Allah SWT.

Padahal ini adalah perbuatan yang terlarang dalam islam dan sejalan dengan,

Dan supaya Dia mengazab orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang musyrik laki-laki dan perempuan yang mereka itu berprasangka buruk terhadap Allah. Mereka akan mendapat giliran (kebinasaan) yang amat buruk dan Allah memurkai dan mengutuk mereka serta menyediakan bagi mereka neraka Jahannam. Dan (neraka Jahannam) itulah sejahat-jahat tempat kembali.” (Al-Fath: 6)

Sobat Cahaya Islam, informasi tersebut mengajarkan kita betapa pentingnya bersyukur untuk hal sekecil apapun. Hendaknya kasus Rumsyah Baduy viral bisa Sobat jadikan pelajaran betapa buruknya orang yang tidak pandai bersyukur.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY