Keistimewaan Lailatul Qadar, Apa Saja Keistimewaannya? Ketahui Ini!

0
124
Keistimewaan Lailatul Qadar dan Berkah Yang Turun

Keistimewaan Lailatul Qadar – Merupakan malam yang penuh kemuliaan sehingga dinanti-nantikan oleh setiap kaum muslim. Lailatul Qadar merupakan malam yang erat kaitannya dengan turunnya Al Quran. Turunnya kitab suci Al Quran ini bersamaan dengan Lailatul Qadar. Dalam hal ini, Lailatul Qadar merupakan malam yang tidak seperti malam-malam biasanya karena memiliki beberapa keistimewaan. Sehingga pada malam tersebut, kaum muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan menjalankan amalan-amalan yang lebih baik daripada biasanya.

Keistimewaan Lailatul Qadar Untuk Umat Muslim

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah. Selain mengerjakan ibadah puasa, umat muslim juga bisa berlomba-lomba dalam memperbanyak ibadah dan mengumpulkan pahala. Baik menjalankan sholat malam, memperbanyak membaca Al Quran dan lain sebagainya. Bulan Ramadhan juga dianggap sebagai bulan yang istimewa, karena berkaitan dengan sejarah turunnya Al Quran untuk pertama kali. Sekaligus adanya malam yang disebut dengan Lailatul Qadar yang memberi banyak kemuliaan dan keistimewaan.

Keistimewaan Lailatul Qadar, Yuk Simak Beberapa Hal Ini

Keistimewaan Lailatul Qadar merupakan malam yang penuh dengan kemuliaan karena beberapa keistimewaan yang ada didalamnya. Sehingga setiap muslim menantikan datangnya malam tersebut. Kita bisa menjalankan amalan-amalan yang memberikan banyak pahala dan berkah di malam yang disebut sebagai Lailatul Qadar ini. Lalu apa saja keistimewaan malam tersebut?

Lailatur Qadar Bersamaan Turunnya Al Quran

Keistimewaan Lailatul Qadar Turunnya Al Quran

Keistimewaan malam Lailatul Qadar ini disebutkan dalam sebuah tafsir Al Quran Al ‘Azhim, 14: 403 yang mana Allah menurunkan Al Quran ini dari Lailatul Mahfuzh ke Baitul ‘Izzah secara utuh. Kemudian Al Quran diturunkan oleh Allah kepada Rasulullah SAW secara terpisah. Ini sesuai dengan kejadian yang terjadi selama 23 tahun. Dalam penjelasan ini, kita dapat memahami betapa istimewanya Lailatul Qadar yang erat kaitannya dengan turunnya kitab suci Al Quran.

Lailatul Qadar Malam Yang Lebih Baik Dari 1000 Bulan

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. (1)

Dalam ayat diatas, dijelaskan bahwa Lailatul Qadar merupakan malam yang lebih baik daripada 1000 bulan. Yang dimaksud disini adalah ibadah yang kita lakukan pada Lailatul Qadar lebih baik daripada ibadah yang dilakukan dalam 1000 bulan yang tidak terdapat Lailatul Qadar. Itu sebabnya, kita sebagai umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah pada malam yang penuh dengan keistimewaan ini.

Turunnya Para Malaikat dan Ar Ruuh Yaitu Malaikat Jibril

Lailatul Qadar juga memiliki keistimewaan dimana banyak malaikat yang akan turun. Turunnya para malaikat ini menandakan rahmat dan keberkahan yang diturunkan pada malam tersebut. Malaikat ini diturun untuk mengitari orang-orang yang berdzikir dan juga membaca Al Quran. Sedangkan malaikat Jibril disebut sebagai Ar Ruuh karena menunjukkan keutamaan malaikat.

تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ

Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.(2)

Lailatul Qadar Malam Penuh Berkah dan Pengampunan

Keistimewaan Lailatul Qadar Malam Penuh Ampunan

Lailatul Qadar adalah malam yang penuh keberkahan. Sehingga malam tersebut dianggap sebagai malam yang memiliki keistimewaan. Bukan hanya itu saja, barangsiapa menjalankan ibadah pada Lailatul Qadar ini. Maka selain mendapatkan pahala, juga diampuni dosa-dosanya. Sehingga Lailatul Qadar menjadi malam yang terbaik untuk meminta pengampunan. Namun dengan niat ibadah untuk mendapatkan pahala, bukan untuk riya’.

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ ۚ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِينَ

sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan.(3)

Keistimewaan Lailatul Qadar – Dengan beberapa keistimewaan ini, membuktikan bahwa Lailatul Qadar merupakan malam yang penuh kemuliaan. Maka dari itu sobat cahaya islam, mari kita berlomba-lomba untuk mendapatkan Lailatul Qadar dengan memperbanyak ibadah pada malam tersebut.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Qadr Ayat 1-3

(2) – Surat Al-Qadr Ayat 4

(3) – Surat Ad-Dukhan Ayat 3

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY