Apa Arti Khodam yang Lagi Viral? Ternyata Hendaknya Dijauhi dalam Islam

0
97
apa arti khodam

Apa Arti Khodam – Banyak istilah baru yang kemudian menjadi viral di sosial media, terutama TikTok. Salah satunya adalah khodam. Sontak saja pengguna TikTok mempertanyakan apa arti khodam yang lagi viral tersebut?

Istilah khodam mencuat usai ramai pengguna TikTok yang membuat konten cek khodam. Awalnya, para kreator meminta followersnya untuk menyebutkan nama mereka. Kemudian, kreator akan menyebut khodam apa yang followersnya miliki.

Apa Arti Khodam yang Viral?

Usai menjadi viral, lalu apa arti khodam sebenarnya? Sejatinya, khodam bukanlah sebuah istilah baru. Khodam sendiri erat kaitannya dengan tradisi Jawa.

Di dalam tradisi Jawa, khodam merupakan makhluk halus pembantu manusia. Sesuai dengan sebutannya, khodam bertugas membantu manusia untuk urusan tertentu.  

apa arti khodam

Secara etimologi, khodam berasal dari bahasa Arab yang berarti pengawal, penjaga, atau pembantu. Ada juga yang menyebut khodam merupakan bagian manusia yang tercipta alamiah dan bersemayam di alam bawah sadar.

Pada waktunya, khodam akan membentuk sosok kepribadian yang berada di dalam diri seseorang. Tidak sedikit juga yang menyebut khodam termasuk ilmu supranatural di dalam aliran islam kejawen.

Disebutkan juga bahwa khodam senantiasa mengikuti perintah tuan-tuannya. Seseorang dikatakan sudah menguasai khodam jika mampu berkomunikasi dengan khodam miliknya.

Khodam dalam Islam

Berbicara tentang apa arti khodam, lantas bagaimana islam memandang hal tersebut? Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, istilah khodam berasal dari kata khodim yang berarti pembantu.

Oleh karenanya, ada juga yang menyebut khodam berarti jin pembantu dan mampu berinteraksi dengan rekannya di kalangan manusia biasa. Karena itu, tak jarang ia bisa melakukan hal-hal yang tidak mampu manusia lakukan.

Dalam islam sendiri, sepatutnya umat muslim tidak memiliki atau mempelajari hal yang berkaitan dengan khodam. Ada beberapa alasan terkait larangan tersebut di antaranya:

1. Jin Makhluk Tipikal Pendusta

Sobat Cahaya Islam, jin adalah makhluk yang mampu melihat manusia, namun Sobat tak dapat melihat mereka. Di sisi lain, jin mempunyai tipikal pendusta. Ia bisa saja mengaku ingin berteman dengan manusia, padahal ia ingin menipunya.

Hal ini pernah terjadi di zaman Nabi Muhammad SAW saat ada jin yang berdusta beberapa kali. Setelah itu, Nabi Muhammad SAW bersabda,

أَمَا إِنَّهُ قَدْ صَدَقَكَ وَهُوَ كَذُوبٌ

“Kali ini dia benar, meskipun aslinya dia pendusta.” (HR. Bukhari 2311).

Berdasarkan hadis tersebut, Al Hafidz Ibnu Hajar menjelaskan maksudnya adalah, setan dari golongan jin mempunyai hobi berdusta. Bisa Sobat bayangnya, makhluk tipikal pendusta dan tidak dapat manusia lihat.

Lalu ada manusia yang justru menjadikannya sebagai pembantu. Bukan hal tak mungkin potensi menipu manusia menjadi sangat besar. Oleh sebab itu, makhluk seperti ini sepatutnya Sobat jauhi, hindari, dan waspadai.

apa arti khodam

2. Berpotensi Terjadi Penyimpangan

Banyak orang menyebut khodam sebagai pembantu manusia. Apakah benar anggapan tersebut? Mengingat karakter jin yang tipikal pendusta dan penipu, mustahil ia mau membantu secara gratis.

Umumnya alasan jin mau membantu manusia karena manusia mau mengabdi kepadanya. Hal ini yang membuat jin menjadi berkuasa, sedangkan manusia justru bergantung kepada jin. Ini jelas berpotensi besar terjadinya penyimpangan, seperti yang tertuang dalam,

وَأَنَّهُ كَانَ رِجَالٌ مِّنَ الْإِنسِ يَعُوذُونَ بِرِجَالٍ مِّنَ الْجِنِّ فَزَادُوهُمْ رَهَقاً


Bahwasanya ada beberapa orang laki-laki di antara manusia meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki di antara jin, Maka jin-jin itu menambah bagi mereka dosa dan kesalahan.” (Q.S Al Jin Ayat 6)

Sobat Cahaya Islam, demikian pembahasan tentang apa arti khodam yang sedang viral di TikTok. Hendaknya Sobat tidak menjadikan tren tersebut sebagai pedoman karena bisa bertentangan dengan ajaran islam. 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY