Pemotor Bawa Jenazah Dengan Motor, Ini Kewajiban Terhadap Jenazah Yang Perlu Diketahui

0
123
Pemotor Bawa Jenazah Dengan Motor

Pemotor bawa jenazah – Baru-baru ini media sosial dan masyarakat digegerkan oleh seorang pemotor yang tampak sedang membawa jenazah. Namun yang mengagetkan adalah bagaimana jenazah tersebut dibawa. Sebuah bungkusan jarik yang tampak seperti jenazah yang diikatkan diatas brojong dan dibawa dengan motor. Tentu saja seketika memancing banyak komentar dan tanda tanya. Yang akhirnya diketahui bahwa pemotor ini membawa jenazah ibunya untuk dikuburkan. Bahkan ia sempat sudah menggali makam.

Pemotor Bawa Jenazah Dengan Motor

Pemandangan cara membawa jenazah dengan motor ini tentu saja tidak lazim. Apalagi kondisinya diikatkan diatas bronjong. Namun pemuda ini kemudian akhirnya dibujuk dan mau menyerahkan jenazah ibunya untuk dibawa ke rumah duka. Dalam memperlakukan jenazah, islam sendiri sudah mengaturnya. Itulah kenapa ada beberapa kewajiban yang harus dilakukan kaum muslimin terhadap jenazah.

Pemotor Bawa Jenazah Dengan Motor, Begini Kewajiban Terhadap Jenazah Yang Perlu Diketahui

Pemotor Bawa Jenazah Dengan Motor dan Kewajiban Terhadap Jenazah Dalam Islam

Pemotor bawa jenazah dengan diikat dan diletakkan diatas bronjong tentu saja bukan tindakan yang lazim. Terlebih lagi islam sudah mengatur bagaimana kewajiban kita terhadap jenazah. Kematian memang suatu takdir yang akan ditemui oleh setiap makhluk yang hidup. Jika islam saja mengatur bagaimana memperlakukan sesama semasa hidup. Maka begitu juga perlakuan terhadap orang yang sudah meninggal.

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ ۗ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ۖ فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ ۗ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُورِ

Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan.(1)

Untuk memperlakukan jenazah dengan layak, maka ini beberapa kewajiban terhadap jenazah.

Pemotor Bawa Jenazah Dengan Motor dan Ini Kewajiban Terhadap Jenazah

Memandikan Jenazah

Kewajiban terhadap jenazah yang pertama adalah memandikan. Namun ada jenazah yang tidak dimandikan, diantaranya orang yang meninggal dalam perang dan janin yang belum mengeluarkan tangisan. Hal ini tertulis dalam madzhab Imam Syafi’i. Selain itu, memandikan jenazah adalah kewajiban bagi kaum muslimin. Ini agar jenazah dikuburkan dalamk keadaan yang suci.

Mengkafani Jenazah

Kewajiban terhadap jenazah setelah memandikan adalah mengafani. Ini dilakukan dengan tiga helai kain yang berwarna putih. Dan tidak ada pakaian ataupun penutup kepala.

Mensholatkan Jenazah

Kewajiban setelahnya adalah mensholatkan jenazah. Ada tujuh rukun yang harus diperhatikan dalam sholat jenazah ya sobat CahayaIslam. Diantaranya berniat, berdiri bagi yang mampu, melakukan 4 kali takbir, setelah takbir pertama baca Al Fatihah, setelah takbir kedua baca shalawat, setelah yang ketiga membaca doa untuk jenazah dan salam pada takbir keempat.

Menguburkan Jenazah

Kewajiban yang terakhir adalah menguburkan jenazah dengan layak. Jenazah dikuburkan ke liang  lahat dengan mengarah ke kiblat. Cara menguburkan jenazah juga harus dilakukan dengan lemah lembut.

Pemotor bawa jenazah – tanpa dimandikan dan dikafani tentu saja tidak sesuai dengan hukum islam tentang mengurus jenazah. Bagaimanapun, sebagai seorang muslim harus tahu bagaimana memperlakukan jenazah dengan layak. Demikianlah, beberapa kewajiban terhadap jenazah yang kaum muslimin harus ketahui.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Ali ‘Imran Ayat 185

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY