Lesti Kejora Batal Nikah? Pahami 5 Rukun Nikah

0
149
lesti kejora

Lesti Kejora – Sobat Cahaya Islam tentu sudah tahu dengan penyanyi dangdut Lesti Kejora. Nama Lesti mulai melejit saat ia menjadi juara 1 D’Academy 1 Indonesia pada tahun 2014. Kemudian, semakin banyak orang membicarakan hingga mengidolan Lesti sebab suara emas yang Lesti miliki.

Selain memiliki suara emas, nama Lesti Kejora semakin meroket sebab kisah asmaranya dengan aktor Rizky Billar. Tentu kita sudah tahu banyak publik membicarakan sejarah kisah cinta mereka hingga menuju jenjang pelaminan bukan? Namun, Rizky Billar dan Lesti Kejora batal menikah sebab pandemi Covid-19 dan aturan PPKM darurat.

Seharusnya pasangan “LesLar” (Lesti-Billar) akan melangsungkan akad nikah pada Jumat 23 Juli kemarin. Namun, batal karena adanya aturan PPKM darurat. Bersamaan dengan hal itu beredar kabar tentang Rizky Billar dan Lesti Kejora yang telah menikah secara diam-diam.

Namun, pihak KUA Kebayoran Baru angkat bicara dan mengatakan bahwa pihaknya belum menerima laporan apapun dari pasangan LesLar. Hal yang cukup menyedihkan bagi para penggemar pasangan ini sebab acara pernikahan idolanya batal dan tidak tahu kapan akan berlangsung.

Sobat Cahaya Islam, menanggapi hal ini kita dapat mengulik sedikit pembahasan tentang ketentuan pernikahan dalam Islam, seperti rukun nikah dan bagaimana yang dimaksud nikah siri.

Lesti Kejora akan Menikah, Simak Rukun Pernikahan dalam Islam

Sobat Cahaya Islam, perlu kita ketahui bahwa sebuah pernikahan akan menjadi sah jika semua rukun dan ketentuannya terpenuhi. Lalu, apa saja rukun pernikahan dalam agama Islam?

1.      Mempelai Pria

lesti kejora

Mempelai pria adalah calon suami. Beragama Islam dan bukan mahram dari mempelai wanita. Ia menikah tidak dalam keadaan terpaksa. Ia menikah dengan perempuan yang halal untuk dinikahi.

2.      Mempelai Wanita

Tentu mempelai wanita harus ada, begitu juga dengan mempelai pria. Namun, perlu diperhatikan bahwa antara mempelai wanita dan pria tidak ada hubungan pertalian darah, hubungan saudara sepersusuan, atau hubungan kemertuaan.

3.      Wali

Rukun pernikahan harus ada wali. Maksudnya wali dari pihak mempelai wanita, yaitu ayah. Jika ayah telah tiada maka kakek, atau saudara laki-laki seayah, atau paman, atau anak dari paman. Pastikan bahwa wali adalah laki-laki dari jalur keturunan ayah.

4.      Dua Saksi

Saksi juga penting dalam rukun pernikahan. Selain wali, saksi juga memiliki syarat untuk menjadi saksi nikah, yaitu Islam, baligh, merdeka, berakal, laki-laki, dan adil.

5.      Sighat

lesti kejora

Sighat adalah pernyataan ijab qabul yang diucapkan oleh wali atau perwakilannya. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran:

“Dan Allah menjadikan bagimu pasangan (suami atau istri) dari jenis kamu sendiri dan menjadikan anak dan cucu bagimu dari pasanganmu, serta memberimu rezeki dari yang baik. Mengapa mereka beriman kepada yang batil dan mengingkari nikmat Allah?” (QS. An-Nahl Ayat 72)

Itu tadi 6 rukun nikah dalam ajaran agama Islam. Lalu, bagaimana dengan pernikahan siri? Kita sering mendengar ada orang yang menikah secara siri. Apa maksudnya? Pernikahan siri adalah pernikahan sembunyi-sembunyi, atau nikah yang tidak didaftarkan ke KUA. Sehingga, tidak ada status pernikahan yang berlaku secara kewarganegaraan atau kependudukan.

Sobat, terlepas dari benar tidaknya kabar pernikahan siri dari Lesti Kejora dan Rizky Billar, sebagai netizen kita sebaiknya tetap berprasangka baik dan tidak menelan berita mentah-mentah, serta mendukung apa yang menjadi hajat pasangan LesLar untuk mengarungi bahtera rumah tangga.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY