Alasan Sikap Malas Tidak Dianjurkan Dalam Islam! Ini Penjelasannya

0
173
Alasan Sikap Malas Tidak Dianjurkan Dalam Islam dan Perlunya Dihindari

Alasan sikap malas – Sobat CahayaIslam mungkin pernah merasa bosan dengan rutinitas sehari-hari. Sehingga menyebabkan timbulnya rasa malas. Malas ini membuat seseorang lebih senang berdiam diri atau bersantai dan tidak ingin melakukan kegiatan apapun. Sebagai seorang manusia, yang harus melakukan aktifitas seperti bekerja dan melakukan berbagai kegiatan bermanfaat. Tentu saja sikap malas ini sangat berdampak tidak baik bagi diri sendiri. Dan karena ini adalah sikap yang tidak baik, maka malas termasuk sifat yang dibenci Allah SWT.

Alasan Sikap Malas Tidak Dianjurkan Dalam Islam dan Perlunya Dihindari

Dalam kehidupan, kita harus mencapai nikmat dan juga kebaikan-kebaikan dalam hidup. Itu sebabnya ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh seorang muslim. Namun jika sikap malas dipelihara, maka kita akan jauh dari rahmat bahkan kebaikan yang Allah berikan. Untuk itu, sikap malas ini harus dihindari dan dijauhi. Tahukah sobat CahayaIslam, bahwasanya ada beberapa alasan sikap malas tidak dianjurkan dalam islam.

Alasan Sikap Malas Tidak Dianjurkan Dalam Islam dan Harus Dihindari, Ini Penjelasannya

Alasan Sikap Malas Tidak Dianjurkan Dalam Islam dan Ini Mengatasinya

Alasan sikap malas ini tidak dianjurkan dalam islam, tentu saja karena ada banyak dampak buruk dari memelihari sikap malas. Dalam islam saja, membuang waktu dengan sia-sia adalah dilarang hukumnya. Begitu juga dengan bermalas-malasan yang mana membuat kaum muslimin tidak ingin melakukan aktifitas apapun. Dan hanya menghabiskan waktu untuk bersantai dan berdiam diri saja.

وَالْعَصْرِ إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ

Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran. (1)

Dari ayat diatas dapat disimpulkan bahwa Allah tidak menyukai orang-orang yang menghabiskan waktu dengan sia-sia. Karena golongan ini termasuk dalam golongan orang yang merugi. Lalu apa alasan tidak dianjurkannya sikap malas dalam islam?

Membuang Waktu Untuk Yang Tidak Bermanfaat

Alasan Sikap Malas Tidak Dianjurkan Dalam Islam

Tidak dianjurkannya sikap malas dalam islam tidak lain adalah karena ini termasuk perbuatan membuang waktu dengan sia-sia. Banyak kegiatan bermanfaat yang seharusnya bisa dilakukan, namun justru terbuang begitu saja karena untuk bermalas-malasan. Sehingga akhirnya waktu digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. Tentu saja ini dilarang dalam islam, bahkan termasuk sifat yang tidak disukai Allah SWT.

Menjadi Sebab Lupa Ibadah

Sifat malas bukan hanya membuat kita membuang waktu dengan sia-sia. Namun dengan memelihara sikap malas akan membuat kita lalai dalam ibadah. Sikap malas ini juga bisa menjadi sebab kita melupakan ibadah dan berbagai kegiatan yang bisa digunakan untuk meningkatkan keimanan kepada Allah SWT.

Menimbulkan Dampak Buruk Bagi Diri Sendiri

Tahukah sobat CahayaIslam, sikap malas ini bisa menyebabkan dampak buruk bagi diri sendiri lho. Jika sudah terbiasa bermalas-malasan, maka seseorang akan enggan untuk melakukan kegiatan atau aktifitas yang melelahkan. Ini akan membuat malas bekerja, malas beribadah, hingga malas untuk melakukan kegiatan bermanfaat. Naudzubillah.

Alasan sikap malas  – tidak diperbolehkan dalam islam tentu karena ada banyak keburukan yang disebabkan sikap malas tersebut. Demikianlah beberapa alasan tidak dianjurkannya bersikap malas. Semoga sobat CahayaIslam semuanya tidak termasuk dalam golongan orang yang malas ya.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al Asr Ayat 1-3

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY