Sudah Sedekah Berdasarkan Al Qur’an Dan Hadits?

0
139
Sedekah Berdasarkan

Motivasi Islam – Sedekah merupakan bukti keimanan serta ketaatan manusia kepada Allah SWT. Lalu apa sedekah Berdasarkan Al Qur’an Dan Hadits ? Sedekah ini hadir sebagai panggilan hati dan jiwa untuk melakukannya secara ikhlas tanpa paksaan apapun serta mampu membahagiakan orang lain. Banyak orang yang beranggapan bahwa sedekah ini berupa harta saja, padahal sedekah tidak semata mata dengan harta.

Seperti yang dicontohkan dalam HR. At Tirmidzi “senyummu kepada saudaramu adalah sedekah” hal ini membuktikan bahwa sedekah tidak hanya masalah harta, senyumpun akan menjadi bagian dari sedekah.

Sedekah Berdasarkan Al-Qur’an

Allah SWT sangat menyayangi manusia yang suka bersedekah, bahkan Allah akan memberikan banyak balasan kepada manusia pecinta sedekah. Keutamaan sedekah berdasarkan Al Qur’an dan Hadits telah jelas tertulis, adapun keutamaan sedekah adalah sebagai berikut.

Dilipat gandakan pahalanya

Allah SWT telah berjanji akan melipat gandakan pahala bagi orang yang bersedekah ataupun orang yang memberikan pinjaman secara baik, hal ini telah disebutkan dalam Al-Qur’an :

إِنَّ الْمُصَّدِّقِينَ وَالْمُصَّدِّقَاتِ وَأَقْرَضُوا اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا يُضَاعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ أَجْرٌ كَرِيمٌ

“Sesungguhnya orang orang yang bersedekah baik laki – laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahalanya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak.” [1]

Fenomena enggan bersedekah saat ini memang terlihat, bukan tanpa alasan, banyaknya orang kaya berkedok pengemis membuat sebagian orang enggan bersedekah. Adapula orang yang enggan bersedekah karena takut hartanya berkurang. Padahal Allah akan memberikan keutamaan sedekah dengan berkah pada rejekinya dan melipat gandakan pahala serta hartanya dari cara yang tidak terduga.

Mendapat naungan dihari akhir

Pahala orang yang gemar bersedekah secara ikhlas, ibarat bersedekah dengan tangan kanan dan tangan kiri tidak mengetahuinya. Orang tersebut akan mendapatkan naungan pada hari akhir nantinya. Ketika bersedekah sebaiknya kita tidak perlu membicarakannya kepada siapapun serta tidak mengharapkan imbalan dari Allah SWT.

Ada orang yang bersedekah dengan niat agar mendapatkan imbalan dari Allah berupa harta melimpah, tentu niatan ini salah besar. Semua harus dilakukan dengan ikhlas, dimana tidak mengharapkan imbalan harta dari Allah serta tidak mengharapkan pujian dari Allah SWT. orang seperti inilah yang akan mendapatkan naungan dari Allah dihari akhir nantinya.

Memperpanjang umur

Keutamaan sedekah sangatlah banyak, seperti halnya memperpanjang umur. Mempunyai umur panjang dan bermanfaat tentunya semakin memperbanyak pahala kita sebagai bekal kelak diakhirat nantinya.

Ada sebuah hadits yang menyebutkan bahwa “sesungguhnya sedekah orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah), Allah akan menghilangkan dirinya sifat kesombongan, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri.” (HR. Thabrani).

Dalam hadist tersebut jelas tertulis bahwa bila kita bersedekah dapat pula menghilangkan diri kita dari sifat kesombongan, berbangga diri dan kefakiran. Dimana sifat ini merupakan sifat sifat buruk dan penyakit hati yang harus dihindari.

Menjauhkan diri dari neraka

Ternyata bersedekah dapat menjauhkan diri kita dari api neraka, seperti dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Muttafaqun ‘alaih Nabi bersabda “Jauhkan dirimu dari api neraka walau hanya dengan (sedekah) sebutir kurma.” Keutamaan sedekah ini tentu diinginkan setiap umat muslim, oleh karena itu kita sebaiknya giat dalam bersedekah dengan berbagai hal. Misalnya saja seperti makanan, pakaian atau apapun yang dapat bermanfaat untuk orang lain termasuk sedekah.

Itulah beberapa keutamaan sedekah yang dapat kita ketahui bersama, ternyata sedekah bukan hanya membantu orang lain tapi juga dapat sebagai ladang pahala kita. nah para sahabat cahaya islam, sudahkah kalian bersedekah hari ini? semoga allah SWT selalu melonggarkan hati kita agar mudah dalam bersedekah. Amiin


Catatan Kaki

[1] QS. Al-Hadid (57) ayat 18

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!