Kalina Oktarani Turuti Permintaan Ibu untuk Menikah, Ini Keutamaan  Patuh Pada Orangtua

0
34

Kalina Oktarani – Pasca bercerai dari Deddy Corbuzier, Kalina Oktarani menjalani kehidupannya sebagai seorang single parents dengan ibu dan anak semata wayangnya, Azkanio Nikola Corbuzier.

Melihat anaknya yang telah bercerai, ibunya mungkin merasa iba sehingga menginginkan Lina Oktarani untuk menikah lagi. Saat itu kondisi ibunya sedang sakit, Kalina Oktarani tidak ingin menjadi anak durhaka dan tidak ingin menyesal apabila tidak menuruti keinginan orang tuanya tersebut.

Akhirnya, dia pun menikah dengan seorang laki-laki yang belum terlalu dia kenal demi menuruti keinginan perempuan yang telah melahirkannya ke dunia ini walau pada akhirnya pernikahannya kandas karena kurangnya pengetahuan tentang pasangannya.

 

Sobat Cahaya Islam, Islam mendidik kita untuk berbakti kepada orang tua. Hal tersebut dikarenakan mereka yang telah membesarkan dan mendidik kita agar menjadi manusia yang mempunyai masa depan yang lebih baik.

Jadi, kita harus berbakti kepada mereka, terutama kepada ibu. Ibu yang mengandung dan melahirkan kita dengan mengorbankan nyawanya untuk kita. Dia juga yang menyusui kita sebelum kita bisa memakan nasi atau roti seperti sekarang ini. Lalu, bagaimanakah keutamaan patuh pada orang tua?

Keutamaan Patuh Pada Orangtua Seperti yang Dilakukan oleh Kalina Oktarani

Pernah mendengar cerita Malin Kundang? Malin Kundang merupakan salah satu tokoh dalam cerita rakyat yang mempunyai peran antagonis. Malin Kundang tidak mengakui ibu kandungnya sehingga dia di cap sebagai anak yang durhaka.

Padahal, berbakti kepada orangtua merupakan salah satu perintah Allah yang wajib dilakukan oleh setiap manusia yang hidup di dunia ini. Berbakti kepada orangtua mempunyai beberapa keutamaan, diantaranya adalah:

1. Dimudahkan Rezekinya

Orang yang berbakti kepada orangtuanya akan dimudahkan Rezekinya. Mengapa? Hal tersebut dikarenakan berbakti kepada orangtua dapat mengundang keridhoan Allah kepada kita sehingga setiap langkah kita selalu diberkahi oleh Allah.

Oleh karena itu, kita dapat melihat bahwa orang-orang yang berbakti kepada orangtuanya seperti Kalina Oktarani selalu mudah rezekinya, bahkan meskipun dahulunya dia tidak memiliki harta sedikitpun. Allah yang akan memberikannya harta tersebut.

2. Dimasukkan ke dalam Surga

Orang yang berbakti kepada orangtuanya akan dimasukkan Allah ke dalam surga-Nya.  Mengapa? Hal tersebut dikarenakan dalam suatu ayat Allah menegaskan bahwasanya seseorang yang berbakti kepada orangtuanya akan membukakan salah satu pintu surga karena telah menjalankan salah satu perintah Allah.

3. Ridha Allah adalah Ridho Orangtua

Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan orangtua sudah berkorban banyak untuk kita. Salah satunya adalah mendidik, membesarkan, dan melindungi kita. Oleh karena itu, Allah melarang kita untuk durhaka kepada mereka.

رِضَى الرَّبِّ فِي رِضَى الوَالِدِ، وَسَخَطُ الرَّبِّ فِي سَخَطِ الْوَالِدِ

“Ridha Allah tergantung pada ridha orang tua dan murka Allah tergantung pada murka orang tua” (Hasan. at-Tirmidzi : 1899,  HR. al-Hakim : 7249, ath-Thabrani dalam al-Mu’jam al-Kabiir : 14368, al-Bazzar : 2394).

Apalagi jika kedua orangtua kita sudah berusia lanjut. Maka, seharusnya kita sebagai anak juga mengurus mereka sebagaimana orangtua kita mengurus kita waktu masih kecil dulu. Akan tetapi, masih banyak diantara kita yang tidak menyadari hal ini dan lebih mengutamakan ego daripada merawat orangtua kita.

Itulah keutamaan patuh pada orangtua seperti yang dilakukan oleh Kalina Oktarani. Kita sebagai anak juga seharusnya berbakti kepada orangtua selagi mereka masih hidup sehingga tidak ada penyesalan nantinya ketika mereka sudah tiada. Semoga kita dapat mencontoh apa yang Kalina Oktarani lakukan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY