Basrief Arief Meninggal Dunia, Inilah Tujuan dan Keutamaan Bertakziah!

0
39
Basrief Arief

Basrief Arief – Kabar duka  menyelimuti Korps Adhyaksa, Basrief Arief seorang mantan Jaksa Agung dikabarkan tutup usia. Kabarnya, Basrief Arief mengehmebuskan napas terakhirnya pada hari Selasa, pukul 10.00 WIB. Keluarga, saudara hingga sahabat terdekat banyak yang melayat. Hal ini dikenal dengan istilah takziah.

Sobat Cahaya Islam, bagi kaum muslimin, istilah takziah tentunya tidak asing di telinga. Secara bahasa, takziah memiliki arti menghibur, ikut berduka cita serta menyatakan bela sungkawa. Selain itu, ikut mendorong keluarga yang ditinggalkan agar bersabar. Jadi, bertakziah tidak hanya sekedar layatan biasa, melainkan terkandung tujuan serta keutamaan yang amat mendalam.

Tujuan Adanya Takziah

Di dalam Islam, bertakziah memiliki hukum sunnah untuk dilakukan. Takziah tidak hanya sekedar adat-tradisi yang dilakukan pada suatu golongan. Terdapat beberap tujuan yang hendak dicapai dengan adanya takziah. Di antara tujuan tersebut yakni sebagai berikut:

1.   Melaksanakan Sunnah  

Seperti yang disinggung sebelumnya, bertakziah hukumnya sunnah, artinya sangat dianjurkan untuk dilakukan seorang muslim. Sala satu tujuan dari takziah yakni melaksanakan sunnah dengan mengharap ridha Allah SWT. Dasar dari hukum ini yakni mengacu pada firman Allah SWT yang menyatakan tentang tolong-menolong dalam kebajikan dan takwa.

Firman Allah SWT:

وَتَعاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوى وَلا تَعاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوانِ 

“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran, (QS. Al-Maidah [al-Maidah [5]: 2). “

Basrief Arief

2.   Mendorong Keluarga Agar Senantiasa Bersabar

Selanjutnya, bertujuan untuk memberikan doorngan terhadap keluarga yang ditinggalkan agar bersabar. Senantiasa memberikan dorongan agar keluarga diberikan keteguhan hati serta menerima takdir yang Allah SWT gariskan. Sebagai pengingat bahwa semua yang hidup di dunia ini akan berakhir dalam musibah kematian.

3.   Meringankan Kesedihan dari Keluarga yang Ditinggalkan

Selain itu, takziah juga bertujuan untuk membantu meringankan kesedihan dari keluarga yang ditinggalkan. Hal ini bisa disalurkan dalam beragam bentuk perbuatan. Seorang pelayat bisa membantu dalam pengurusan jenazah, menyiapkan ragam keperluannya hingga ragam bantuan materi. Hal ini sebagai salah satu bentuk tolong-menolong yang bisa diberikan kepada sesama muslim.

4.   Amar Ma’ruf Nahi Munkar

Tujuan lainnya yakni untuk amar ma’ruf nahi munkar. Seperti yang disinggung sebelumnya, bertakziah sebagai salah satu bentuk tolong-menolong dalam kebajikan.bertakziah hendaknya mendasari dua hal tersebut. Maka dari itu, hindari melakukan perbuatan yang tidak pantas ketika melakukan takziah.

5.   Mendoakan dan Mohon Ampunan untuk Sang Mayit

Bertakziah tidak lepas dari tujuan untuk mendoakan serta memohon ampunan untuk sang mayit. Terdapat doa-doa khusus yang bisa dilantunkan bagi mayit. Doa tersebut biasanya dibacakan ketika shalat jenazah maupun di luar shalat tersebut.

Keutamaan Melakukan Takziah

Selain terdapat tujuan yang ingin dicapai, takziah juga memiliki beberapa keutamaan. Bertakziah bisa dilakukan oleh kaum laki-laki dan juga perempuan, selama dalam batasan dan tidak memicu timbulnya fitnah. Keutamaan dari bertakziah salah satunya meningkatkan tali persaudaraan sesama manusia. Selain itu, takziah yang dilakukan dengan niat tulus akan mendatangkan pahala bagi siapa saja yang melakukannya.

Seseorang yang melakukan takziah dengan meringankan beban musibah yang menimpa, baik kematian maupun musibah lainnya memiliki keutamaan yang amat besar. Dalam suatu riwayat dikatakan siapa saja yang melakukan takziah, akan Allah SWT kenakan pakaian kemuliaan kelak di hari Kiamat.

 Nah, Sobat cahaya Islam itulah ulasan singkat terkait tujuan serta keutamaan bertakziah. Meninggalnya Basrief Arief senantiasa menjadi duka, tetapi hendaknya tidak berlarut-larut dalam kesedihan tersebut. Mari sama-sama haturkan doa agar beliau  diampuni segala dosa-dosanya serta diterima semua amal perbuatannya. Aamiin!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY