Gunakan Hak Suara Dengan Ikuti Pilkada, Tunggu! Beberapa Hal Ini Perlu Diperhatikan Muslimin Saat Mencoblos

0
89
Gunakan Hak Suara Dengan Ikuti Pilkada dan Beberapa Perlu Diperhatikan Muslimin

Gunakan hak suara – Dalam pilkada 2020 ini, tentu saja memberikan kesempatan masyarakat untuk menyuarakan pilihannya. Namun tidak sedikit juga masyarakat yang memilih untuk golput, sehingga beberapa TPS di beberapa daerah bahkan sepi pemilih. Ini karena banyak masyarakat yang lebih memilih untuk tidak ikut pilkada. Padahal hak suara yang kita miliki juga berperan penting dalam memilih pemimpin daerah. Sehingga bisa mewujudkan pemerintahan daerah yang amanah.

Gunakan Hak Suara Dengan Ikuti Pilkada dan Begini Menurut Islam

Pilkada merupakan media untuk menampung suara masyarakat. Sehingga masyarakat memiliki hak untuk memilih calon pemimpin daerah. Jika kita tidak menggunakan hak pilih yang seharusnya, itu artinya kita juga tidak turut membantu untuk terwujudnya pemerintahan daerah yang adil. Dalam islam sendiri, berpendapat merupakan hak bagi setiap muslimin. Maka sudah seharusnya kita memiliki hak untuk menyuarakan pilihan.

Lalu adakah yang harus diperhatikan saat mencoblos dalam pilkada?

Gunakan Hak Suara Dengan Ikuti Pilkada, Beberapa Hal Perlu Diperhatikan Muslimin Saat Mencoblos

Gunakan Hak Suara Dengan Ikuti Pilkada

Gunakan hak suara dalam pilkada merupakan hak yang dimiliki oleh setiap masyarakat. Sehingga masyarakat punya andil untuk menentukan calon pemimpin. Maka dari itu, akan lebih baik jika hak pilih yang dimiliki digunakan sebagai kesempatan untuk bisa mewujudkan pemerintahan daerah yang lebih baik. Tentu saja dengan harapan memilih pemimpin yang baik untuk bisa mewujudkannya.

Dalam ajaran islam sendiri, memilih pemimpin tentu saja tidak bisa sembarangan. Ada beberapa kriteria pemimpin yang dijelaskan dalam islam. Dengan memilih pemimpin yang sesuai kriteria, maka akan bisa terwujud pemerintahan islam yang lebih baik. Lalu apa saja yang perlu diperhatikan muslimin dalam memilih calon pemimpin?

Pentingnya Memperhatikan Agama

Gunakan Hak Suara Dengan Ikuti Pilkada dan Beberapa Perlu Diperhatikan Muslimin

Saat mencoblos atau memilih calon memimpin, yang perlu diperhatikan adalah agama. Untuk mewujudkan pemerintahan islam yang lebih baik, maka memilih pemimpin muslim adalah yang dianjurkan dalam islam. Ini juga dijelaskan dalam ayat Al Quran.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَتَّخِذُوا الْيَهُودَ وَالنَّصَارَىٰ أَوْلِيَاءَ ۘ بَعْضُهُمْ أَوْلِيَاءُ بَعْضٍ ۚ وَمَنْ يَتَوَلَّهُمْ مِنْكُمْ فَإِنَّهُ مِنْهُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الظَّالِمِينَ

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu); sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebahagian yang lain. Barangsiapa diantara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim.(1)

Ayat ini menegaskan bahwasanya kaum muslimin dianjurkan untuk memilih pemimpin dari golongan muslimin. Dan dilarang untuk memilih pemimpin dari golongan yang bukan merupakan muslim.

Kenali dan Perhatikan Akhlaknya

Dalam memilih calon pemimpin, penting juga untuk mengenali atau memperhatikan akhlaknya. Setidaknya sobat CahayaIslam harus tahu atau mengenali bagaimana calon pemimpin yang akan dipilih. Jangan sampai salah memilih pemimpin yang ternyata tidak amanah atau tidak bersikap adil.

Gunakan hak suara – Ini adalah hak bagi setiap masyarakat untuk ikut andil dalam memilih calon pemimpin. Namun sebagai seorang muslim, memilih calon pemimpin juga harus memperhatikan beberapa hal. Jangan sampai mengabaikan nilai-nilai agama dalam memilih pemimpin yang adil dan amanah ya sobat CahayaIslam.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Ma’idah Ayat 51

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY