Kurang Tidur Sebabkan Tidak Sehat, Begini Tidur Berkualitas Menurut Islam

0
101
Kurang Tidur Sebabkan Tidak Sehat dan Ini Tidur Menurut Islam

Kurang tidur – Tidur adalah waktu istirahat yang dibutuhkan oleh tubuh. Apalagi setelah melalui kegiatan yang melelahkan, maka tidur menjadi solusi untuk mendapatkan tubuh yang fresh kembali. Kurangnya waktu tidur juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan, bahkan menimbulkan lingkaran hitam di mata yang seringkali disebut mata panda. Itu sebabnya, tidur juga harus dilakukan dengan cukup, tidak kurang namun juga tidak dengan berlebihan.

Kurang Tidur Sebabkan Tidak Sehat

Tidur memiliki peran penting untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Hanya saja, tidur juga tidak bisa dilakukan tanpa konsep yang benar. Jika berlebihan pun tentu tidak baik untuk kesehatan. Maka dari itu, kaum muslimin juga harus tahu bagaimana cara tidur yang berkualitas. Dan tentu saja seperti yang dianjurkan dalam islam. Apalagi Nabi Muhammad SAW juga bisa menjadi teladan bagaimana tidur yang berkualitas.

Kurang Tidur Sebabkan Tidak Sehat, Begini Tidur Yang Berkualitas Menurut Islam

Kurang Tidur Sebabkan Tidak Sehat dan Ini Tidur Menurut Islam

Kurang tidur bisa menimbulkan gangguan kesehatan, begitu juga jika dilakukan dengan berlebihan. Itulah kenapa, tidur harus dilakukan dengan cukup. Sobat CahayaIslam, islam sendiri juga melarang kaum muslimin untuk banyak tidur. Bukan hanya bisa berdampak pada kesehatan, namun terlalu banyak menghabiskan waktu untuk tidur tentu saja akan mengorbankan banyak hal bermanfaat yang seharusnya bisa dilakukan.

Seperti yang tertulis dalam ayat Az-Zariyat Ayat 17-18, bahwasanya Allah menganjurkan untuk tidak banyak tidur.

“Di dunia mereka sedikit sekali tidur diwaktu malam. Dan selalu memohonkan ampunan diwaktu pagi sebelum fajar.”

Ayat ini menerangkan bahwasanya yang dimaksud sedikit tidur ini adalah karena menghabiskan waktu malam untuk beribadah sholat. Sementara itu juga bangun di pagi hari untuk melaksanakan ibadah dan memohon ampunan. Lalu bagaimana tidur berkualitas menurut islam?

Tidur Awal dan Bangun Awal, Tidur Sesuai Kebutuhan

Kurang Tidur Sebabkan Tidak Sehat dan Tidur Berkualitas Menurut Islam

Tidur yang berkualitas menurut islam adalah tidur yang cukup dan sesuai kebutuhan. Islam sendiri menganjurkan untuk tidur awal di malam hari dan bangun awal di pagi hari. Islam juga melarang untuk menghabiskan waktu malam hanya untuk berbincang yang tidak perlu. Terkecuali untuk beribadah. Dengan waktu tidur yang cukup ini akan baik untuk kesehatan.

Posisi Tidur Yang Baik

Tidur yang berkualitas dalam islam juga ditentukan dengan posisi tidur. Nabi Muhammad SAW sendiri memberikan contoh cara tidur yang baik. Dan juga dianjurkan untuk menghadap ke kanan. Dalam ilmu kesehatan, tidur menghadap ke kanan juga baik untuk melancarkan pencernaan, menyerap zat-zat makanan hingga menjaga kestabilan jantung.

Berdzikir Sebelum Tidur

Berdzikir sebelum tidur juga akan mempengaruhi kualitas tidur lho sobat CahayaIslam. Untuk memperoleh ketenangan, terhindar dari rasa cemas dan mood yang lebih baik. Maka dianjurkan untuk berdzikir sebelum tidur. Ini juga akan membantu agar tidur menjadi lebih nyenyak.

Kurang tidur – menyebabkan gangguan pada kesehatan. Namun tidur juga harus dilakukan dengan konsep yang tepat. Sehingga sobat CahayaIslam bisa mendapatkan kualitas tidur yang bagus. Tidak kurang dan tidak juga berlebihan. Demikianlah beberapa cara tidur berkualitas menurut islam. Semoga bermanfaat ya untuk membantu memperbaiki kualitas tidur kita.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY