Menjaga Amanah Harus Dilakukan karena Itu Perintah Allah

0
38
Menjaga amanah harus dilakukan karena

Menjaga amanah harus dilakukan karena itu perintah Allah – Amanah merupakan salah satu sifat yang harus dimiliki oleh setiap muslim. Arti dari amanah yaitu dapat dipercaya. Sehingga apabila seorang muslim memiliki sifat amanah, pastinya akan mudah dipercaya oleh orang lain dan menjunjung tinggi kejujuran. Amanah ini merupakan perintah Allah Subhanahu wa ta’ala. Bahkan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam juga mencontohkan dalam kehidupan sehari-hari bahwa sikap amanah ini akan membawa hikmah yang luar biasa.

Allah telah berfirman:

يا ايها الذين امنوا لا تخونواالله والرسول وتخونواأمنتكم وانتم تعلمون

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanah-amanah yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui.” (QS. Al Anfaal: 27)

Menjaga Amanah harus Dilakukan Karena Ketakwaan

Sobat cahaya Islam, Allah adalah Dzat yang maha pengasih lagi maha penyayang. Meskipun demikian, sebagai umat manusia kita juga harus patuh kepada Allah. Salah satu sikap yang sangat diperintahkan oleh Allah kepada setiap manusia adalah menjaga amanah. Dengan bersikap amanah, sobat cahaya Islam akan merasakan ketenangan dan kasih sayang Allah secara nyata baik di dunia sampai di akhirat.

Terdapat beberapa contoh menjaga amanah. Berikut adalah beberapa contoh sikap amanah yang sebaiknya dimiliki oleh setiap muslim:

1. Berkata Jujur

Sikap jujur menjadi salah satu ciri khas orang yang beriman. Jadi memang contoh orang yang amanah biasanya akan menyampaikan sesuatu berdasarkan fakta yang sebenarnya. Tentu orang yang memiliki sifat tidak jujur tidak termasuk dalam kategori orang amanah. Antara jujur dan amanah saling berkaitan erat sehingga orang yang amanah biasanya akan berusaha untuk berkata jujur kepada siapapun.

2. Mengembalikan Barang yang Dipinjam

Hal yang tidak boleh dianggap remeh oleh setiap muslim adalah ketika meminjam uang atau barang apapun. Pastikan untuk mengembalikan barang yang dipinjam karena apabila sengaja untuk tidak mengembalikannya, itu akan dicatat oleh Allah sebagai pencurian.

3. Tidak Meremehkan Hutang

Penting bagi setiap muslim untuk tidak pernah meremehkan hutang piutang. Hutang bukan sesuatu yang dilarang akan tetapi jika sampai tidak mengembalikannya, maka itu bisa menjadi dosa besar. Bahkan sebaik apapun amal ibadah seseorang apabila ternyata masih memiliki hutang yang belum dibayarkan, nantinya hutang tersebut akan membuat orang yang berhutang sulit masuk surga. Betapa hutang menjadi hal yang sangat penting untuk diselesaikan dengan alasan apapun.

Menjaga amanah harus dilakukan karena

4. Mendidik Anak dengan Baik

Perlu diketahui bahwa anak dan semua yang Allah berikan adalah titipan. Contoh orang yang amanah adalah bukan hanya sekedar memberi makan anak akan tetapi juga berkewajiban untuk mendidik anak dengan baik. Setiap orang tua jangan sampai lalai dalam mendidik anak yang merupakan amanah dari Allah. Anak harus dididik sebaik mungkin agar bisa menjalani kehidupan di dunia dengan baik dan juga menjadi anak yang sholeh sholehah sehingga mendapatkan surganya Allah.

5. Menjaga Nikmat Allah

Setiap makhluk hidup, telah diberi amanah oleh Allah berupa nikmat yang luar biasa. Sobat cahaya Islam tentu juga merasakan betapa Allah maha pemurah sehingga memberikan banyak sekali nikmat yang tidak ternilai misalnya saja kesehatan, pekerjaan, keluarga, dan berbagai macam nikmat lainnya. Nah salah satu yang juga menjadi contoh sikap amanah adalah berusaha untuk menjaga apa yang dikaruniakan oleh Allah tersebut.

Sobat cahaya Islam perlu untuk menjaga nikmat Allah. Misalnya saja sebagai contoh, nikmat kesehatan yang Allah berikan harus dijaga dengan terus menjaga gaya hidup sehat dan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Bisa berkumpul dengan keluarga juga harus dijaga dengan terus menjaga silaturahmi dan jangan menyakiti satu dengan yang lainnya.

Allah juga berfirman dalam Quran surat Al-Ahzab ayat 72:

انا عرضناالأمانة على السموت والأؤض والجبال فأبين أن يحملنها واشفقن منهاوحملها الإنسن إنه كان ظلوما جهولا

“Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanah kepada langit, bumi, dan gunung-gunung maka semuanya enggan untuk memikul amanah itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanah itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh.” (QS. Al Ahzab: 72)

Menjaga amanah harus dilakukan karena termasuk menjaga nikmat Allah. Dengan menjaga nikmat Allah artinya Sobat cahaya Islam telah bersikap amanah dengan apa yang diberikan oleh Allah. Dengan bersikap amanah dan bersyukur atas nikmatNya, insya Allah nikmat tersebut akan Allah tambah.

Allah berfirman:

إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإِحْسَانِ وَإِيتَاءِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُون

“Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.” (QS. Al Nahl: 90)

Sekarang Sobat cahaya Islam sudah mengetahui kan kira-kira seperti apa contoh sikap amanah. Menjaga amanah harus dilakukan karena menjadi hal yang sangat penting. Amanah merupakan perintah Allah dan juga menjadi tanda bahwa Anda mensyukuri apa yang Allah berikan. Semoga penjelasan ini bisa menambah ketakwaan kita kepada Allah dan mengundang ridho Allah yang selalu kita nantikan di dunia dan di akhirat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY