Kakek Bunuh Temannya Karena Emosi Dihina di Depan Umum, Ini Alasannya Islam Larang Menghina Orang Lain

0
208
Kakek Bunuh Temannya Karena Emosi Dihina

Kakek bunuh temannya – Seorang kakek berusia 70 tahun di Pinrang, Sulawesi Selatan ditangkap karena menikam temannya sendiri hingga tewas. Pembunuhan yang dilakukan oleh pelaku ini dipicu karena emosi akibat dirinya dihina di depan umum dengan menyebutnya pencuri saat korban menagih hutang. Kejadian ini terjadi seusai shalat ashar dan di depan jamaah lainnya. Hal ini membuat pelaku merasa dipermalukan karena hinaan tersebut.

Kakek Bunuh Temannya Karena Emosi Dihina

Pembunuhan bisa terjadi karena berbagai faktor pemicu. Terlebih lagi di jaman yang mana nyawa seolah tidak ada harganya saat ini. Namun tetap saja, islam melarang perbuatan keji seperti pembunuhan. Apapun alasannya menghilangkan nyawa manusia tentu saja bukan tindakan yang bisa dibenarkan. Bahkan ini sudah menyimpang dari ajaran islam dan termasuk perbuatan dosa besar.

Kakek Bunuh Temannya Karena Emosi Dihina di Depan Umum, Ini Alasan Islam Larang Menghina Orang Lain

Kakek Bunuh Temannya Karena Emosi Dihina dan Ini Alasan Larang Menghina Orang Lain

Kakek bunuh temannya karena emosi saat dirinya disebut sebagai pencuri di depan umum. Pelaku merasa dihina akibat perkataan korban. Dalam islam, membunuh adalah perbuatan keji yang jelas hukumnya dilarang atau diharamkan. Apalagi nyawa manusia bukanlah hak manusia untuk menghilangkannya, apapun alasannya.

وَلَا تَقْتُلُوا النَّفْسَ الَّتِي حَرَّمَ اللَّهُ إِلَّا بِالْحَقِّ

Dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya), melainkan dengan suatu (alasan) yang benar.(1)

Ayat diatas menegaskan bahwasanya membunuh adalah perbuatan yang diharamkan. Begitu juga dengan menghina orang lain, ini juga perbuatan yang dilarang dalam islam. Ada beberapa alasan kenapa islam larang untuk menghina orang lain.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا يَسْخَرْ قَوْمٌ مِنْ قَوْمٍ عَسَىٰ أَنْ يَكُونُوا خَيْرًا مِنْهُمْ وَلَا نِسَاءٌ مِنْ نِسَاءٍ عَسَىٰ أَنْ يَكُنَّ خَيْرًا مِنْهُنَّ

Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik.(2)

Lalu apa alasannya islam larang menghina orang lain?

Kakek Bunuh Temannya Karena Emosi Dihina dan Larangan Menghina Dalam Islam

Menimbulkan Perselisihan

Alasan kenapa islam larang menghina orang lain karena ini bisa menimbulkan perselisihan. Dan tentu saja perselisihan bukanlah sesuatu yang baik. Apalagi Allah tidak menyukai perselisihan atau permusuhan. Itu sebabnya, sebisa mungkin kaum muslimin dianjurkan untuk menjaga lisan. Jangan sampai mengucapkan perkataan yang menghina ataupun meremehkan orang lain.

Dapat Memicu Dendam

Menghina orang lain bukan hanya bisa menyakiti orang lain. Namun juga bisa menyebabkan dendam. Dendam sendiri bisa merusak iman, dan mendorong seseorang pada keburukan dan kemaksiatan. Itu sebabnya sobat CahayaIslam, alangkah baiknya menjaga lisan jangan sampai menyakiti orang lain apalagi menghina.

Merusak Hubungan Silaturahmi

Islam melarang menghina orang lain karena ini bisa merusak hubungan silaturahmi yang sudah terjalin. Hinaan bisa menyebabkan orang lain tersinggung dan sakit hati. Sehingga akhirnya memicu adanya perselisihan yang tentu saja menyebabkan hubungan dengan orang lain menjadi tidak baik. Dan ini bukanlah sikap seorang muslim.

Kakek bunuh temannya – yang dipicu oleh emosi akibat dihina di depan umum. Hal ini menunjukkan bahwasanya lisan sangatlah tajam dan bisa mendorong kepada hal-hal yang buruk. Maka dari itu sobat CahayaIslam, mari menjaga lisan agar tidak sampai melontarkan perkataan yang menghina orang lain.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Isra’ Ayat 33

(2) – Surat Al-Hujurat Ayat 11

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY