Five Vi Laporkan Pengunggah Foto Lamanya, Bolehkah Mengungkit Masa Lalu Muslim Yang Sudah Hijrah?

0
31
Five Vi Laporkan Pengunggah Foto dan Larangan Mengungkit Masa Lalu Sesama

Five Vi laporkan – Baru-baru ini Five Vi dikabarkan telah melaporkan akun instagram yang mengunggah foto masa lalunya. Ia yang saat ini sudah hijrah mengatakan bahwa ia bersungguh-sungguh ingin hijrah. Penampilannya sudah berubah dari penampilannya yang dulu. Five Vi telah mantap untuk berhijab dan belajar ilmu agama. Namun sebagai seorang artis atau public figure tentu saja menjadikan Five Vi sorotan masyarakat. Sehingga tidak sedikit orang yang berkomentar atas perubahan dirinya.

Komentar yang didapat dari niat hijrahnya ini bukan hanya dukungan atau komentar baik saja. Namun banyak juga yang melontarkan kata-kata tidak pantas, hingga mengunggah foto masa lalunya yang tidak mengenakan hijab. Dalam islam, menampakkan aurat adalah perbuatan yang dilarang. Maka dari itu, islam mewajibkan wanita muslimah untuk menutup aurat dengan berhijab. Hukumnya pun dosa besar mengunggah foto yang menampakkan aurat sehingga dilihat oleh banyak orang.

Five Vi Laporkan Pengunggah Foto Lamanya, Ini Hukum Mengungkit Masa Lalu Muslim Yang Sudah Hijrah

Five Vi Laporkan Pengunggah Foto dan Larangan Mengungkit Masa Lalu Sesama

Five Vi laporkan akun instagram yang mengunggah foto masa lalunya. Ia yang mengaku ingin istiqomah berhijab dan mendalami ilmu agama merasa terusik dengan segelintir orang. Dalam islam sendiri, membuka aib adalah dilarang. Apalagi mengungkit masa lalu muslim yang sudah berhijrah. Bagaimana hukumnya? tentu saja ini sama dengan membuka aib orang lain. Padahal Allah saja memerintahkan kita untuk menutupi aib rapat-rapat.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَحِيمٌ

Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.

Ayat ini menjelaskan bahwa mencari-cari keburukan orang lain sama saja memakan daging saudaranya. Itu artinya, membuka aib atau mencari keburukan orang lain adalah perbuatan yang hina dan tidak pantas. Seseorang yang sudah bertaubat dan meninggalkan masa buruknya untuk berubah tentu bukan hal yang mudah. Sehingga tidak seharusnya sebagai seorang muslim justru mengungkit masa lalu muslim yang lain. Terlebih dengan memperlihatkan foto masa lalu orang lain.

Five Vi Laporkan Pengunggah Foto Masa Lalunya dan Ini Pandangan Islam

Saat kita menampakkan aurat kita, itu artinya kita sedang berbuat dosa. Ini bahkan bisa menjadi dosa yang mengalir jika dibiarkan menjadi tontonan orang lain. Jadi, tindakan mengunggah foto orang lain yang tampak auratnya. Apalagi ia sudah bertaubat dan berhijrah sama saja memberikan dosa mengalir pada orang tersebut. Dan tentu saja, ini menjadi perbuatan dosa bagi kita juga.

Five Vi laporkan – akun instagram yang mengunggah foto dirinya di masa lalu. Dengan niatan berhijrah dan mendalami agama dengan sungguh-sungguh saat ini, ini tentu menjadi aib yang tidak pantas dibeberkan. Sobat Cahaya Islam, bagaimanapun sebagai seorang muslim seharusnya kita saling mendukung kaum muslim yang lain untuk berubah ke arah yang lebih baik. Dan mari jauhi sifat membuka aib orang lain di masa lalu.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Hujurat Ayat 12

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!