Sambut Tahun Baru Islam, Peristiwa Penting di Bulan Muharram Ini Perlu Kaum Muslimin Ketahui!

0
123
Sambut Tahun Baru Islam dan Peristiwa Penting Muharram

Sambut tahun baru islam – Tahun baru islam merupakan tahun baru yang istimewa bagi umat muslim. Tahun baru islam ini diperingati setiap tanggal 1 Muharram. Ini dihitung berdasarkan penanggalan islam karena sebenarnya islam memiliki sistem penanggalan yang berbeda dengan penanggalan masehi. Tahun baru islam ini juga menyimpan makna khusus, karena ini adalah titik kebangkitan bagi penyebaran umat islam. Dimana ketika itu Nabi Muhammad SAW hijrah dari kota Madinah ke  Mekkah.

Sambut Tahun Baru Islam dan Peristiwa Penting Yang Kaum Muslimin Perlu Tahu

Tahun baru islam tidak banyak dikenal seperti halnya dengan tahun baru masehi. Sehingga kita sebagai muslim kurang memaknai tahun baru yang bahkan istimewa bagi seluruh umat islam. Bagaimana tidak, di tahun baru islam ini banyak peristiwa penting yang terjadi. Sehingga ini merupakan tahun yang bersejarah dan memiliki makna yang mendalam.

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ ۚ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً ۚ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ

Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.(1)

Sambut Tahun Baru Islam, Ini Peristiwa Penting Yang Terjadi di Bulan Muharram

Sambut Tahun Baru Islam dan Memaknainya

Sambut tahun baru islam dengan senang hati, dan memaknainya dengan lebih baik lagi sebagai umat muslim. Tahun baru islam merupakan tahun baru berdasarkan penanggalan islam yaitu kalender Hijriyah. Dan pada tahun ini juga, banyak peristiwa penting terjadi. Sehingga tahun baru islam memiliki makna yang mendalam bagi perjalanan umat islam tentu saja.

Isthofa Adama

Sambut Tahun Baru Islam dan Begini Makna Tahun Istimewa Ini

Ini adalah peristiwa dimana Nabi Adam AS diterima taubatnya oleh Allah SWT setelah sebelumnya berdosa dan diturunkan ke bumi. Ini dituangkan dalam ayat Al Quran dimana Nabi Adam berdoa hingga akhirnya Allah menerima taubatnya.

قَالَا رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

Keduanya berkata: “Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi.(2)

Allah SWT Mengangkat Nabi Ibrahim AS Sebagai Khalilullah

Pada bulan Muharram juga terjadi peristiwa dimana Nabi Ibrahim AS diselamatkan dari api yang dinyalakan oleh Raja Namrud. Ini merupakan peristiwa dimana Allah mengangkat Nabi Ibrahim AS sebagai kekasih Allah SWT.

Lahir dan Naiknya Nabi Isa AS ke Langit

Peristiwa penting lainnya yang terjadi pada bulan Muharram adalah naiknya Nabi Isa AS. Allah menyelamatkan Nabi Isa AS ketika itu dari kaumnya dengan mengangkat ke langit. Ini tertuang dalam ayat Al Quran.

إِذْ قَالَ اللَّهُ يَا عِيسَىٰ إِنِّي مُتَوَفِّيكَ وَرَافِعُكَ إِلَيَّ وَمُطَهِّرُكَ مِنَ الَّذِينَ كَفَرُوا وَجَاعِلُ الَّذِينَ اتَّبَعُوكَ فَوْقَ الَّذِينَ كَفَرُوا إِلَىٰ يَوْمِ الْقِيَامَةِ ۖ ثُمَّ إِلَيَّ مَرْجِعُكُمْ فَأَحْكُمُ بَيْنَكُمْ فِيمَا كُنْتُمْ فِيهِ تَخْتَلِفُونَ

(Ingatlah), ketika Allah berfirman: “Hai Isa, sesungguhnya Aku akan menyampaikan kamu kepada akhir ajalmu dan mengangkat kamu kepada-Ku serta membersihkan kamu dari orang-orang yang kafir, dan menjadikan orang-orang yang mengikuti kamu di atas orang-orang yang kafir hingga hari kiamat. Kemudian hanya kepada Akulah kembalimu, lalu Aku memutuskan diantaramu tentang hal-hal yang selalu kamu berselisih padanya”.(3)

Sambut tahun baru islam – Ini bisa dilakukan dengan memaknai peristiwa penting yang terjadi pada bulan Muharram di tahun baru islam ini. Hingga akhirnya islam menjadi agama mayoritas saat ini.


Catatan Kaki:

(1) – Surat At-Taubah Ayat 36

(2) – Surat Al-A’raf Ayat 23

(3) – Surat Ali ‘Imran Ayat 55

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY