Corona di Surabaya: Enam Pasien Positif Dirawat

Corona di Surabaya, penyebarannya makin meluas

0
120

Corona di SurabayaVirus corona di Indoensia kini telah menyebar ke berbagai wilayah. Awalnya pasien yang dinyatakan positif corona berasal dari Jakarta atau Depok nang saat ini telah sampai ke banyak wilayah seperti Yogyakarta, Magelang, Surabaya dan berbagai wilayah lain di luar Jawa.

Di Kota Surabaya telah dirawat 6 pasien yang dinyatakan positif corona. Pnyebaran virus ini memang sangat cepat sehingga seluruh masyarakat Indonesia dihimbau untuk mengisolasi diri dirumah untuk sementara waktu hingga kondisi kondusif.

Enam pasien yang telah dirawat di rumah sakit awalnya di teliti oleh peneliti dari Universitas Airlangga Surabaya.  Hingga saat ini penularan virus corona memang semakin bertambah. Sebelumnya telah dikabarkan ada sekitar 172 orang yang dinyatakan positif corona di seluruh wilayah Indonesia. Kemungkinan penyebaran virus ini masih akan terus terjadi apabila tidak dilakukan isolasi dan penanganan yang tepat.

Corona di Surabaya Bukan yang Terbanyak

Penderita corona memang kebanyakan dari wilayah Jakarta. Hal ini dikarenakan Jakarta memiliki kepadatan penduduk yang sangat tinggi dan banyak sekali orang yang keluar masuk Jakarta dari berbagai wilayah baik dalam negeri atau dari luar negeri. Pasien corona di Surabaya memang tidak sebanyak di Jakarta namun ini tetap saja harus diwaspadai mengingat virus ini begitu cepat penularannya. Mayarakat Surabaya harus berusaha tetap tenang namun harus selalu waspada dan melakukan ihtiar terbaik untuk menghindari penyebaran virus corona.

Ikhtiar Menghindari Virus Corona

Pencegahan adalah hal sebaiknya diutamakan oleh setiap orang. Virus ini sangat cepat menyebar sehingga jangan menyepelekan penyakit ini. sobat cahaya Islam perlu untuk terus berikhtiar menghindari penyakit ini sebagai bentuk pencegahan. Ada banyak hal yang bisa dilakukan sebagai bentuk ikhtiar menghindari penyakit tersebut. Tips berikut ini sebagaiknya anda lakukan agar terhindar dari terpapar virus corona:

  • Jaga wudlu

Tips yang pertama adalah menjaga wudlu. Ada hadis yang menyebutkan bahwa di akhir zaman nanti akan ada wabah penyakit namun hanya orang yang menjaga wudlu yang selamat dari wabah tersebut.

corona di surabaya

  • Solat 5 waktu

Solat 5 waktu membentengi diri dari perbuatan maksiat. Selain itu juga akan menjadikan diri selalu dekat dengan Allah dan di waktu solat kita bisa meminta perlindungan kepada Allah agar terhindar dari segala macam penyakit dan marabahaya.

  • Hindari kontak dengan banyak orang

Menghindari kerumunan juga merupakan hal yang penting dilakukan saat ini. pemerintah bahkan telah memberlakukan lockdown yang artinya setiap orang perlu mengisolasi diri dari kerumunan dan dari kontak langsung dengan banyak orang.

  • Tetap di rumah

Berada di dalam rumah menjadi hal yang lebih aman dibandingan bepergian ke tempat yang bisa saja memiliki kemungkinan terdapat virus corona. Untuk saat ini jangan pergi kemanapun jika memang tidak terlalu penting. Berikut adalah hadist dari Rasullullah.

إِذَا سَمِعْتُمْ بِهِ بِأَرْضٍ فَلَا تَقْدَمُوا عَلَيْهِ وَإِذَا وَقَعَ بِأَرْضٍ وَأَنْتُمْ بِهَا فَلَا تَخْرُجُوا فِرَارًا مِنْهُ فَرَجَعَ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ مِنْ سَرْغَ وَعَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ سَالِمِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ أَنَّ عُمَرَ إِنَّمَا انْصَرَفَ بِالنَّاسِ مِنْ حَدِيثِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَوْفٍ

Apabila kamu mendengar wabah berjangkit di suatu negeri, maka janganlah kamu datangi negeri itu. Dan apabila wabah itu berjangkit di negeri tempat kamu berada, janganlah kamu keluar dari negeri itu karena hendak melarikan diri darinya. (HR. Muslim dengan nomor kodifikasi 4115)

  • Makan-makanan sehat

Mengkonsumsi makanan yang sehat dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan memenuhi kebutuhan nutrisi sehingga tubuh lebih sehat dan virus tidka mudah masuk ke dalam tubuh.

  • Konsumsi rempah peningkat daya tahan tubuh

Masyarakat Indonesia perlu berbahagia karena bisa menemukan banyak rempah yang sehat dengan mudah. Mengkonsumsi jahe merah, jahe, kunit, meniran, dan berbagai macam makanan atau rempah sehat lainnya bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

corona di surabaya

  • Jaga kebersihan lingkungan

Kebersihan lingkungan juga menjadi penentu kesehatan keluarga. Sobat cahaya Islam harus berusaha menjaga lingkungan rumah tetap bersih. sediakan hand sanitiser dan biasakan membersihkan rumah menggunakan cairan pembersih yang ampuh membunuh kuman.

  • Utamakan kesehatan

Dengan mengutamakan kesehatan itu artinya anda berusaha menghindari hal-hal yang dapat merusak kesehatan. jauhi hal-hal yang mengurangi atau melemahkan tubuh.

Corona di Surabaya menjadi pengingat bahwa virus ini bukan virus biasa karena memiliki tingkat penularan yang tinggi. namun kita harus ingat bahwa segala sesuatu adalah atas izin Allah sehingga kita tidka perlu menyikapinya secara ebrlebihan hingga merugikan diri sendiri dan banyak orang. Jadilah semakin bijaksana dengan adanya kejadian ini.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!