Ibadah Kecil Namun Rutin Menjadi Preferensi

0
122
Ibadah Kecil Namun Rutin Menjadi Preferensi

Ibadah kecil namun rutinSalah satu sobat pembaca cahayaislam ada yang pernah ngobrol dengan tim cahayaislam. Dia menceritakan bahwa di keluarganya sudah terbiasa dengan kultur yang cepat dan kompetitif. Ayahnya sebagai kepala keluarga selalu melakukan challenge setiap kali ada kesempatan untuk semua anggota keluarganya. Semua itu dilakukan dalam rangka agar mereka semua selalu menjadi pribadi yang lebih baik. Hal yang sama berlaku juga dalam hal ibadah.

Nah saking bersemangatnya. Keluarganya kemudian membuat semacam target untuk bisa bangun sholat tahajud (Sekitar jam 3 pagi) dan tidak tidur lagi setelahnya setiap hari. Kalau ada yang skip, apapun alasannya maka akan mendapatkan hukuman. Hal itu cukup intens selama beberapa hari hingga akhirnya salah satu anggota keluarganya masuk rumah sakit. Waduh!

Rasulullah Ajarkan Ibadah Kecil Namun Rutin / Konsisten

Kalo berbicara tentang ibadah. Antara ibadah yang besar yang hanya kita lakukan satu kali dan ibadah kecil yang kita laksanakan rutin setiap hari. Kira kira pilih mana? – Dari ’Aisyah –radhiyallahu ’anha-, istri Rasulullah mengatakan baginda Rasulullah pernah mensabdakan:

أَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى أَدْوَمُهَا وَإِنْ قَلَّ

Amalan yang paling Allah SWT cinta adalah amalan perbuatan yang berkesinambungan meskipun sedikit.” Ibunda Aisyah pun ketika akan melakukan laku amalan selalu mencoba dengan keras untuk dapat merutinkannya.

Jadi, memang Benar, dalam ajaran Islam, Rasulullah Muhammad SAW mengajarkan pentingnya melakukan amal ibadah yang ringan namun konsisten. Beliau menekankan bahwa amalan-amalan kecil yang dilakukan secara rutin dapat memiliki dampak yang besar dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperbaiki karakter seseorang. Ibadah kecil yang rutin dan konsisten memiliki nilai yang sangat besar dalam kehidupan spiritual seseorang. Meskipun mungkin terlihat sederhana, ketekunan dalam melakukan ibadah kecil ini dapat membawa manfaat yang besar.

Tak Hanya Melatih Disiplin Kita, Ibadah ini Juga Menguatkan Karakter dan Kesadaran Spiritual Kita

Dalam hal ini, jelas bahwa melakukan ibadah kecil setiap hari memerlukan disiplin. Tanpa kedisiplinan tinggi, kita akan merasa kesulitan untuk melakukannya. Hal Ini dapat membantu Anda mengembangkan kualitas diri yang sangat berharga dalam berbagai aspek kehidupan, seperti pekerjaan, studi, dan hubungan. Selain itu Rutinitas ibadah kecil membantu Anda menjadi lebih sadar secara spiritual. Anda dapat lebih memahami nilai-nilai, etika, dan prinsip-prinsip yang mungkin Anda ikuti dalam keyakinan agama Anda.

Ibadah kecil yang kontinyu ini bisa membantu Anda mengasah karakter Anda, seperti kesabaran, toleransi, dan kebaikan. Ini dapat mempengaruhi bagaimana Anda berinteraksi dengan orang lain dan menjalani hidup.

Komunikasi yang Tak Putus dengan Allah, Memberi Ruang untuk Pemahaman Diri dan Ketenangan Pikiran

Ibadah kecil yang dilakukan secara rutin membantu Anda menjaga hubungan yang erat dengan Tuhan. Ini adalah cara untuk mengingat-Nya sehari-hari dan berkomunikasi dengan-Nya. Aktivitas ini kemudian bisa menjadi waktu khusus untuk merenungkan kehidupan Anda, menetapkan tujuan, dan merenungkan perasaan Anda. Ini bisa membantu Anda menjadi lebih sadar dan berpikir lebih dalam tentang makna hidup.

Dan pada akhirnya, hal ini pun mengarahkan kita pada ketenteraman. Ibadah rutin ini memberikan ketenangan pikiran. Ini bisa dapat membantu Anda mengatasi stres dan kecemasan. Ini memberikan kesempatan untuk melepaskan tekanan dan meminta bantuan kepada Tuhan.

***

Jadi sebenernya beribadah itu baik pastinya. Niyat untuk menjadi lebih dekat kepada Allah dengan cara itu tidak ada salahnya. Yang salah adalah ketika ITU TIDAK SEIMBANG. Beribadah kepada Allah haruslah menjadi sebuah perjalanan spiritual – BUKAN HANYA RITUAL. Cukup hal itu merupakan satu acuan baik, sehingga ibadah yang kita lakukan tak hanya sekedar melaksanakan sholat ataupun mengerjakan sunnah yang diajarkan dalam Islam. Namun lebih luas kepada banyak aspek dalam kehidupan kita. Untuk itulah kenapa ibadah kecil namun Rutin sangat disukai oleh Rasulullah. Semoga dengan ini kita bisa lebih beriman kepada Allah secara mendalam ya. Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY