Tanya Jawab Islam Tentang Lelaki yang Memakai Sutera

0
66
Tanya Jawab Islam Tentang Lelaki yang Memakai Sutera

Lelaki yang memakai sutera – Beberapa waktu yang salah satu sobat cahaya islam via dm instagram mengirimi kami satu gambar postingan dari produsen sarung yang isinya menawarkan produk sarung mereka. Yang menarik adalah, beberapa sarung tersebut yang disebut PREMIUM ternyata dijelaskan terbuat dari bahan sutera. Lho???

Kami tidak tahu persis bagaimana ceritanya hal itu bisa terjadi pada produsen sarung yang notabene sarung adalah satu atribut yang sering dipakai oleh lelaki muslim. Hubungannya apa? – Yang jelas adalah tentang hukum islam larangan bahwa lelaki tidak boleh memakai kain yang berbahan sutera.

Sutera dan emas hanya diperbolehkan untuk dipakai oleh kaum hawa

أَخْبَرَنَا عَمْرُو بْنُ عَلِيٍّ، قَالَ حَدَّثَنَا يَحْيَى، وَيَزِيدُ، وَمُعْتَمِرٌ، وَبِشْرُ بْنُ الْمُفَضَّلِ، قَالُوا حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ، عَنْ نَافِعٍ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ أَبِي هِنْدٍ، عَنْ أَبِي مُوسَى، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏ “‏ إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ أَحَلَّ لإِنَاثِ أُمَّتِي الْحَرِيرَ وَالذَّهَبَ وَحَرَّمَهُ عَلَى ذُكُورِهَا ‏”

Hadits sahih yang diriwayatkan oleh sunan Nasa’i 5265 dalam kitab perihal perhiasan diatas dijelaskan bahwasanya Rasulullah SAW pernah bersabda kepada kaumnya bahwasanya bahan sutera dan emas adalah hanya diperbolehkan untuk dikenakan oleh kaum hawa sahaja. Kaum adam tidak diperbolehkan memakainya.

Dalam hadits hanya satu kasus dimana seorang lelaki diperbolehkan memakai sutera, yakni ketika lelaki yang memakai sutera itu memiliki alasan karena memiliki penyakit gatal dan harus menggunakan sutera agar hilang dari gatalnya. Seperti yang diriwayatkan dalam Bukhari 5839 ini:

حَدَّثَنِي مُحَمَّدٌ، أَخْبَرَنَا وَكِيعٌ، أَخْبَرَنَا شُعْبَةُ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ أَنَسٍ، قَالَ رَخَّصَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم لِلزُّبَيْرِ وَعَبْدِ الرَّحْمَنِ فِي لُبْسِ الْحَرِيرِ لِحِكَّةٍ بِهِمَا

Lelaki yang memakai sutera dan emas tidak dihalalkan masuk Surga

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، حَدَّثَنَا عُبَيْدُ بْنُ سَعِيدٍ، عَنْ شُعْبَةَ، عَنْ خَلِيفَةَ بْنِ كَعْبٍ، أَبِي ذُبْيَانَ قَالَ سَمِعْتُ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ الزُّبَيْرِ، يَخْطُبُ يَقُولُ أَلاَ لاَ تُلْبِسُوا نِسَاءَكُمُ الْحَرِيرَ فَإِنِّي سَمِعْتُ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ‏ “‏ لاَ تَلْبَسُوا الْحَرِيرَ فَإِنَّهُ مَنْ لَبِسَهُ فِي الدُّنْيَا لَمْ يَلْبَسْهُ فِي الآخِرَةِ ‏”‏ ‏

Dalam satu hadits riwayat muslim 2069 bab pakaian diatas dijelaskan bahwa Umar bin Khatab pernah mendengar dari Rasulullah bahwasanya pria yang mengenakan sutera dan emas di dunia ini tidak akan mengenakannya kemudian di akhirat.

Hal ini mengindikasikan bahwa lelaki yang memakai sutera diancam masuk neraka. Sungguh karena sutera merupakan salah satu pakaian mewah yang ada di surga kelak. Mau ngeyel? Yakin worth it untuk menukarkan jaminan surga dengan kemewahan sutera sesaat di dunia ini?

***

Dari penjelasan yang simple dalam artikel ini sobat cahaya islam semua bisa menyimpulkan ya. Gimana seharusnya kita menyikapi perihal hukum memakai sandangan yang terbuat dari sutera untuk kaum laki laki. Pilihannya ada di anda sendiri ya, dalilnya sudah jelas. Oleh karena itu kita sebagai orang islam (terutama laki laki) haruslah lebih peka ya soal bahan bahan pakaian yang kita pakai. Lebih baik lagi bila kita bertanya terlebih dahulu sebelum membeli sebuah pakaian untuk dipakai. Untuk menjaga dan mutawari’ apakah itu terbuat dari sutera atau enggak? – Atau justru sobat cahaya islam bisa mempelajari sedikit seluk beluk bahan sutera dan ciri cirinya, agar tahu dan bisa menghindari itu. Semoga bermanfaat yaa.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY