Cara Menjaga Kesehatan Mental dari Virus Corona Bagi Muslim

Menjaga kesehatan mental

0
101
cara menjaga kesehatan

Cara Menjaga Kesehatan – Saat ini banyak orang yang kebingungan dan latah dengan kemunculan virus corona di Indonesia. Awalnya banyak orang yang memborong handsanitizer, memberli keperluan pokok secara berlebihan dan melakukan hal-hal seolah dunia sudah sangat kacau.

Virus corona memang telah banyak menyebabkan pengaruh besar di dunia bahkan Arab Saudi menutup mekah sehingga para jamaah yang ingin melaksanakan umrah harus menunda kegiatannya. Hal ini membuktikan jika virus ini memang sangat luar biasa mempengaruhi dunia.

Saat ini di Indonesia telah diberlakukan lockdown yang artinya banyak kegiatan yang dihentikan. Kegiatan belajar, bekerja dan lain sebagainya harus dilakukan di rumah. Hal ini diberlakukan demi untuk mencegah penyebaran dan penularan virus corona meluas. Kita sebagai warga negara yang baik perlu untuk mendukung lockdown ini agar virus corona segera dapat diatasi dan tidak menyebabkan kerugian yang semakin parah.

Sobat cahaya Islam, penting bagi kita untuk mengetahui cara menjaga kesehatan diri dan juga kesehatan mental. Kesehatan diri penting untuk dijaga agar tidak mudah terpapar virus ini. Namun selain itu kita juga perlu untuk menjaga kesehatan mental karena untuk beberapa hari ini tidak dianjurkan keluar rumah sebagai antisipasi penularan virus corona semakin meluas. Berikut ini tips atau cara menjaga kesehatan mental bagi setaip muslim agar tetap bahagia selama masa isolasi mandiri:

cara menjaga kesehatan

– Berempati Kepada Sesama

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan mental setiap muslim ketika harus berada di rumah selama masa isolasi adalah menyadari bahwa hal tersebut adalah untuk kebaikan sesama manusia. Kita tentu tidak ingin jika penyebaran virus corona semakin meluas sehingga melumpuhkan banyak hal mulai dari pendidikan, ekonomi, social dan lain sebagainya.

–  Saling Bekerja Sama

Ketika kita bisa saling bekerja sama dengan orang terdekat untuk tetap menjaga diri serta saling mendukung untuk tetap tenang di rumah maka itu akan menjadikan diri semakin nyaman meskipun terkadang merasa bosan.

cara menjaga kesehatan

– Banyak Membaca Al-Quran

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk membuat hati tetap tenang dan bahagia salah satunya yang paling efektif adalah banyak membaca Al-Quran. Membaca Al-Quran mampu menyembuhkan segala penyakit dan tentunya menentramkan hati ditengayh badai virus corona.

– Menjaga Wudhu Dan Solat 5 Waktu

Menjaga wudhu dan solat juga mampu mneyejukkan hati. Ketika hati mulai merasa sedih, sepia tau bahkan merasa emosi maka melakukan wudhu lalu menjalankan solat maka InshhaAllah hati menjadi lebih baik.

– Quality Time Dengan Keluarga

Sobat Cahaya Islam, ada banyak waktu dengan keluarga ketika kita berada di rumah. mamnfaatkan waktu ini untuk menjalin ikatan yang erat dan semakin menumbuhkan rasa kasih sayang anat anggota keluarga. Ketika masa isolasi jangan justru sibuk dengan smartphone karena masa ini bisa jadi tidak akan terulang lagi. Selalu berusaha menjadi pribadi yang positif dan memanfaatkan hal apapun dengan baik.

cara menjaga kesehatan

– Banyak Berzikir Dan Memohon Perlindungan Kepada Allah

Kegiatan selanjutnya yang bisa menjadi cara menjaga kesehatan mental setiap muslim adalah banyak mengingat Allah dan memohon perlindungan dari berbagai macam penyakit. Hanya Allah sebaik-baik pelindung dan hanya Allah yang maha kuasa atasu segala sesuatu.

أَلَمْ تَعْلَمْ أَنَّ اللَّهَ لَهُ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۗ وَمَا لَكُمْ مِنْ دُونِ اللَّهِ مِنْ وَلِيٍّ وَلَا نَصِيرٍ ﴿١٠٧

Tiadakah kamu mengetahui bahwa kerajaan langit dan bumi adalah kepunyaan Allah? Dan tiada bagimu selain Allah seorang pelindung maupun seorang penolong.(QS.Al-Baqarah :107)

– Berkhusnuzon Kepada Allah

Sobat cahaya Islam, sebagai umat yang beriman kita harus mengenal Allah bahwa Dia adalah Tuhan yang maka bijaksana. Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang tidak akan menurunkan sesuatu tanpa ada hikmah yang besar. Virus corona ini mungkin saja merugikan banyak orang dan menjadi wabah yang sangat menakutkan namun dari sini kita bisa melihat banyak hal positif bagi kehidupan ini.

Dunia kembali bersih dari polusi, semua diistirahatkan dari kesibukan dunia, Islam kembali banyak dicintai karena syariatnya yang sangat baik dalam menjaga kesehatan dan kebersihan serta masih banyak lagi yang lainnya.

Semoga sobat cahaya Islam selalu terjaga dari virus corona dan selalu bisa menjaga kesehatan baik kesehatan fisik maupun kesehatan mental.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!