Bentuk Penjajahan Yang Sesungguhnya Menurut Islam, Apa Saja?

0
32
Bentuk Penjajahan Menurut Islam

Bentuk penjajahan – Hari kemerdekaan diartikan sebagai keberhasilan Indonesia untuk melepaskan diri dari penjajahan. Kita tahu bahwa di jaman sebelumnya, negara kita tercinta Indonesia ini dikuasai oleh negara-negara penjajah. Sehingga rakyat Indonesia dijadikan budak, disiksa dan hal-hal lainnya yang dilakukan oleh penjajah pada masa itu. Perjuangan para pahlawan kita akhirnya membuahkan hasil, dimana Indonesia saat ini menjadi milik Indonesia dan merdeka. Sehingga seluruh rakyat bisa hidup dengan tenang tentu saja.

Kemerdekaan adalah sesuatu yang patut untuk kita syukuri. Itu sebabnya, sebagai seorang muslim maka mensyukuri segala hal yang terjadi haruslah sesuai syariat. Kita bisa melakukannya dengan berdoa, dan melakukan hal-hal dalam kebaikan. Namun tahukah? kemerdekaan menurut islam bukan hanya berhasil melepaskan diri dari para penjajah saja. Namun juga penjajahan yang terjadi pada diri kita sendiri. Jika kita belum berhasil menjadi muslim yang baik, maka ini artinya kita belum merdeka.

Bentuk Penjajahan Menurut Islam Yang Perlu Kaum Muslimin Ketahui, Yuk Simak!

Bentuk Penjajahan dan Peringatan Kemerdekaan

Bentuk penjajahan bukan hanya penjajahan oleh negara seperti Belanda saja yang terjadi di Indonesia. Nemun juga penjajahan yang terjadi pada diri sendiri. Jika saat ini Indonesia sudah berhasil meraih kemerdekaan selama 75 tahun. Maka kemerdekaan diri sendiri juga harus diperjuangkan. Dengan kata lain, kita sebagai muslim harus tahu apa itu merdeka yang sesuai dengan syariat islam. Dan apa sebenarnya bentuk penjajahan menurut islam?

Penjajahan Oleh Syaitan Kepada Manusia

Bentuk Penjajahan Oleh Syaitan

Penjajah yang paling jahat menurut pandangan islam adalah iblis atau syaitan. Ini merupakan golongan makhluk yang akan menyesatkan manusia hingga hari kiamat. Sehingga manusia akan tersesat hingga keluar dari jalan hidayah dan juga ajaran islam. Apalagi syaitan menjajah melalui rayuan-rayuan yang bisa menjelma dalam wujud ilmiah atau bahkan ajaran agama. Padahal sebenarnya adalah cara untuk menyesatkan agar memerangi syariat islam.

ثُمَّ لَآتِيَنَّهُمْ مِنْ بَيْنِ أَيْدِيهِمْ وَمِنْ خَلْفِهِمْ وَعَنْ أَيْمَانِهِمْ وَعَنْ شَمَائِلِهِمْ ۖ وَلَا تَجِدُ أَكْثَرَهُمْ شَاكِرِينَ

kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat).(1)

Penjajahan Oleh Nafsu dan Syahwat

Bentuk Penjajahan Hawa Nafsu

Penjajahan yang tidak kalah berbahayanya adalah penjajahan oleh hawa nafsu dan juga syahwat. Sebagai umat muslim, kita tahu bahwa Allah memerintahkan untuk mengendalikan nafsu dan juga syahwat. Ini tidak lain karena nafsu bisa membawa kita pada kesesatan dan keburukan. Cara mengatasi penjajahan oleh nafsu dan syahwat adalah dengan memperkuat iman kita tentunya.

وَمَا أُبَرِّئُ نَفْسِي ۚ إِنَّ النَّفْسَ لَأَمَّارَةٌ بِالسُّوءِ إِلَّا مَا رَحِمَ رَبِّي ۚ إِنَّ رَبِّي غَفُورٌ رَحِيمٌ

Dan aku tidak membebaskan diriku (dari kesalahan), karena sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhanku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun lagi Maha Penyanyang.(2)

Penjajahan Rupa Dunia

Bentuk penjajahan menurut islam lainnya adalah penjajahan rupa dunia. Itu artinya, penjajahan yang membawa manusia pada tingkat kecintaan mendalam terhadap dunia. Biasanya ini berkaitan dengan tahta, harta dan juga keindahan dunia lainnya. Dan ini jelas dilarang oleh agama karena bisa menyesatkan manusia. Dalam islam, kita dianjurkan untuk banyak beribadah sebagai bekal di akhirat. Sedangkan dunia hanyalah titipan, tempat hidup yang tidak kekal.

Penjajahan Dalam Bentuk Pemikiran

Bentuk penjajahan pemikiran adalah salah satu yang juga berbahaya bagi manusia. Ini karena biasanya berkaitan dengan invasi nilai-nilai yang keluar dari ajaran islam. Sehingga akan menggoyahkan keyakinan hingga merusak moral dan pola pikir kaum muslim. Ini bisa menyebabkan kita jauh dari syariat islam atau nilai-nilai agama. Itu sebabnya, sangat penting mempelajari ilmu agama dan membentengi diri dengan tidak mudah mempercayai berita.

Bentuk penjajahan – Dalam islam, kemerdekaan bukan hanya melepaskan diri dari penjajahan negara lain. Namun juga penjajahan terhadap diri sendiri. Sebagai seorang muslim yang memiliki iman, mari kita bentengi diri agar tidak mudah dijajah oleh hal-hal yang akan menyesatkan kita. Terutama bisa menjauhkan kita dari syariat islam.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-A’raf Ayat 17

(2) – Surat Yusuf Ayat 53

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!