Ebola, Penyakit Epidemik Bisa Dicegah Dengan Pola Hidup Ala Rasulullah

0
111
ebola

Ebola – Ebola menjadi penyakit epidemik yang menyerang beberapa negara di Afrika, seperti Kongo, Sierra Leone, Sudan, Liberia dan Guinea. Sampai sekarang di Indonesia belum ada catatan kejadian wabah ebola. Virus mematikan ini muncul berawal dari interaksi antara manusia dengan hewan yang terinfeksi.

Penularan selanjutnya terjadi antar manusia. Penularan virus antar manusia bisa melalui darah dan cairan. Cairan tersebut yaitu keringat, air liur, tinja, urin, ASI, dan air mani. Virus ini juga dapat menular melalui benda yang telah terkontaminasi oleh cairan tubuh si penderita. Misalnya menempel di pakaian, jarum suntik, perban, dll.

ebola

Ebola Bisa Dicegah atau Dihindari

Penyakit ini termasuk penyakit epidemik, artinya penyebarannya ke lebih satu wilayah dengan cepat dan sulit diprediksi. Meskipun penyakit mematikan ini tidak menyebar ke Indonesia, namun sobat Cahaya Islam tetap waspada.

Sebenarnya penyakit seperti Ebola, Covid-19, atau sejenisnya bisa dicegah. Bagaimana caranya? Menerapkan hidup sehat adalah cara ampuh untuk mencegah penyakit atau virus masuk ke dalam tubuh.

Islam sebagai agama rahmatan lil ‘alamin sudah memberi petunjuk bagaimana cara hidup sehat. Kita bisa mencontoh Rosul panutan kita semua, Nabi Muhammad SAW dalam menerapkan pola hidup sehat.

Pola Hidup Sehat Rasulullah Cegah Penyakit

Sobat Cahaya Islam bisa melihat pola hidup sehat yang dilakukan oleh Rasulullah berikut ini.

1.Menjalani Puasa Sunah Maupun Wajib

Puasa buka semata-mata hanya untuk menjalankan perintah agama, lebih dari itu. Puasa ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Dengan berpuasa, kita dapat mencegah bahkan mengobati penyakit berbahaya seperti kanker, diabetes, serangan jantung, dan hipertensi.

Rasulullah sering melakukan puasa sunnah Senin-Kamis. Oleh karena itu, Rasulullah tidak mudah trerserang penyakit dan memiloiki tubuh sehat. Kebiasaan Rasulullah ini ada dalam hadis shahih.

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi no. 747)

2.Selalu Menjaga Kebersihan

Seorang muslim hendaknya selalu menjaga kebersihan dimanapun dan kapanpun. Selalu menjaga kebersihan berarti seseorang meperhatikan kesucian dari najis ringan maupun besar. Bukankah beribadah harus bersih dari najis?

Rasulullah juga sangat memperhatikan kebersihan diri maupun lingkungan sekitarnya. Setiap hari Jumat sunnah beliau adalah memotong kuku, mencukur rambut atau bulu, dan memakai wangi-wangian.

Tak hanya itu, beliau juga selalu bersiwak untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi. Sobat Cahaya Islam perlu mencontoh pola hidup sehat beliau. Jangan pernah merasa malu melakukan sunnah-sunnah beliau.

ebola

3.  Jauhi Penyakit Hati

Islam tak hanya mengajarkan kebersihan jasmani, tetapi juga mengajari umatnya bagaimana menjaga kebersihan rohani, kebersihan jiwa. Kesehatan jasmani dan rohani tidak dapat dipisahkan. Rasulullah memerintahkan agar menjauhi sifat dengki, hasud, marah dan takabur Semua itu adalah penyakit hati. Jika hati atau jiwa kita sakit, kesehatan jasmaninya pun ikut sakit.

4.  Olahraga Fisik

Olahraga membuat fisik kita menjadi lebih bugar dan kuat. Imunitas tubuh juga akan semakin kuat, sehingga penyakit dan virus tidak bisa menyerang sistem imun tubuh. Rasulullah sangat menyukai olahraga fisik. Olahraga fisik yang dilakukan oleh Rasulullah di antaranya berenang, memanah, berkuda, dan lari.

ebola

5.  Menerapkan Pola Makan Sehat

Soal makanan, Rasulullah memperhatikan betul apa yang dimakannya. Beliau menganjurkan agar berhenti makan sebelum kekenyangan. Beliau juga rutin mengkonsumsi kurma, madu, buah, sayuran, dan minyak zaitun.

Itulah pola hidup sehat ala Rasulullah yang bisa Sobat Cahaya Islam contoh. Menerapkan pola hidup sehat bisa mencegah virus masuk ke dalam tubuh kita.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY