Kematian Adalah Takdir, Ini Cara Belajar Ikhlas!

0
419
Kematian Adalah Takdir 1

Kematian adalah takdir – Di dunia ini ada hal-hal yang tidak dapat diprediksi oleh manusia. Diantaranya adalah kematian. Kematian adalah ketetapan yang akan menjadi takdir bagi semua makhluk yang hidup. Hanya saja, kapan dan dengan cara apa kita tidak akan pernah mengetahuinya. Semuanya adalah misteri yang hanya diketahui oleh Allah SWT.

Beberapa waktu lalu, seorang bayi dikabarkan meninggal usai disuntik oleh bidan. Akibat hal ini, orang tua dari sang bayi melaporkan bidan tersebut. Hanya saja setelah dilakukan pemeriksaan, diketahui bahwa apa yang dilakukan oleh bidan tersebut sudah sesuai prosedur. Ia mengaku melakukan Skrining Hipotiroid Kongenital (SHK) terhadap bayi baru lahir yang merupakan program dari Kementerian Kesehatan RI.

Kematian Adalah Takdir 2

Kematian Adalah Takdir, Begini Cara Untuk Belajar Ikhlas

Kematian adalah takdir yang tidak dapat diprediksi oleh siapapun. Itu sebabnya, kita bahkan tidak pernah tahu kapan seseorang atau diri sendiri akan sampai pada waktu mati karena hakekatnya yang hidup akan mati. Dalam ayat Al Quran pun ini telah dituliskan bahwasanya kematian akan datang, tidak bisa dihindari dan kita tidak tahu kapan.

قُلْ إِنَّ الْمَوْتَ الَّذِي تَفِرُّونَ مِنْهُ فَإِنَّهُ مُلَاقِيكُمْ ۖ ثُمَّ تُرَدُّونَ إِلَىٰ عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

Katakanlah: “Sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan”.

Ayat ini telah menegaskan bahwa kematian akan datang dan manusia tidak akan bisa lari menghindarinya. Hal yang dapat dilakukan hanya mempersiapkan diri agar menyambut kematian dalam keadaan yang baik.

Namun, tahukah sobat CahayaIslam bahwasanya banyak orang yang sulit untuk menerima kematian? lalu bagaimana cara untuk belajar ikhlas dengan ketetapan Allah SWT?

Ingat Bahwa Allah Pemilik Nyawa

Cara belajar untuk ikhlas tentu saja dengan menerima apa yang telah Allah tetapkan untuk kita. Salah satunya dengan mengingat bahwa Allah lah pemilik nyawa, sehingga Allah pula lah yang menetapkan kematian bagi makhluk-makhluk ciptaan-Nya. Dengan mengingat ini, maka kita sadar bahwa kita hanyalah manusia yang tak dapat mengubah apapun.

Ketidakikhlasan Memberatkan Yang Meninggal

Hal yang harus diingat, semakin kita yang masih hidup tidak merasa ikhlas maka ini akan memberatkan orang yang sudah meninggal. Maka dari itu, alangkah lebih baiknya untuk mengirimkan doa-doa agar mempermudah seseorang di akhirat nanti. Ini juga akan meringankan yang sudah meninggal dengan keikhlasan dan doa-doa kita.

Perbanyak Ibadah dan Mendekatkan Diri

Manusia tak memiliki kuasa atas kematian maupun rezeki, semuanya sudah Allah atur dan tetapkan. Oleh karena itu, cara paling baik untuk ikhlas adalah dengan memperbanyak ibadah kita dan juga mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan begitu hati lebih tenang dan legowo.

Kematian adalah takdir – yang tidak bisa dihindari dan diprediksi. Sebagai manusia biasa, kita hanya perlu belajar menerima dan mengikhlaskan apa yang terjadi dalam hidup. Semoga kita selalu dekat dengan Allah SWT ya sobat CahayaIslam, agar hidup terasa jauh lebih tenang.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Jumu’ah Ayat 8

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY