Buah dan Tumbuhan Ini Allah Sebutkan Dalam Al-Qur’an, Ternyata Banyak Khasiatnya!

0
36
Buah dan Tumbuhan

Buah dan Tumbuhan Dalam Al-Qur’an – Al-Qur’an merupakan sebuah kabar gembira bagi umat muslim. Allah telah memberikan banyak informasi bagi hamba-Nya dalam Al-Qur’an ini. Termasuk tentang buah dan tumbuhan dalam Al-Qur’an juga Allah sebutkan.

Tenyata buah-buahan serta tumbuhan yang Allah sebutkan, memilki banyak manfaat bagi manusia. Untuk itu pada artikel kali ini, akan kami bahas tentang buah dan tumbuhan dalam Al-Qur’an .

Buah dan Tumbuhan Dalam Al-Qur’an

Sobat pasti tahu, mengkonsumsi buah dan sayuran itu sangt bagus bagi kesehatan tubuh. Allah juga sudah memberikan petunjuk tentang buah dan tumbuhan yang memberikan banyak manfaat, bagi manusia. Apa saja buah dan tumbuhan itu? Simak di bawah ini.

1.       Kurma

Sobat Cahaya Islam sudah tidak asing lagi dengan buah satu ini. Buah  ini mudah kita dapatkan pada bulan Ramadhan. Meski begitu bukan berarti buah ini berbuah di bulan ramadhan, ya.

“Dan di bumi terdapat bagian-bagian yang berdampingan, kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman, pohon kurma yang bercabang, dan yang tidak bercabang; disirami dengan air yang sama, tetapi Kami lebihkan tanaman yang satu dari yang lainnya dalam hal rasanya. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang mengerti.” (QS. Ar-Rad: 4)

Buah dan Tumbuhan

Hal ini terjadi karena Rasulullah menyarankan umatnya untuk berbuka puasa dengan kurma. Kurma sendiri memliki banyak manfaat bagitu banyak bagi manusia. Tidak heran, buah ini Allah sebutkan dalam Al-Qur’an sebanyak 20x karena sangat istimewa.

2.       Tin

Selanjutnya, buah Tin. Buah yang tidak kalah istimewana dengan buah kurma. Bahkan Allah bersumpah demi buah Tin dan Allah menjadikan nama buah ini, sebagai salah satu nama surah dalam Al-Qur’an.

“Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun”(QS. At-Tin: 1)

Setelah para ilmuan melakukan penelitian, ternyata buah Tin merupakn superfood. Yakni merupakan makanan yang memiliki gizi yang sangat tinggi.

Seperti buah kurma, Tin juga memiliki  rasa yang manis. Teksturnya renyah, sehingga membuat buah ini bisa dikonsumi, atau dijadikan obat untuk masalah kesehatan tubuh.

3.       Delima

Buah delima bahkan disebut sebagai buah surga. Allah menyebutkan buah ini dalam Al-Qur’an. Buah ini dikenal sebagai buah yang sangat baik kesehatan tubuh, karena mengandung antioksidan yang tinggi.

Alasan ini juga yang menjadikan buah delima, sebagai buah untuk program detoksifikasi. kandungan antioksidannya mampu menangkal radikal bebas, pemicu timbulnya sel-selk kanker.

4.       Zaitun

Sobat pasti sudah tidak asing lagi dengan buah ini. Salah satu produk zaitun yang sering digunakan adalah minyak zaitun. Minyak ini hasil ekstraksi dari buah zaitun, bisa dikonsumsi untuk kesehatan atau digunakan untuk kecantikan.

Buah dan Tumbuhan

Ternyata buah ini juga termasuk buah yang Allah sebutkan di dalam Al-Qur’an. Allah menyebutkannya sebanyak 7x dan memberi julukan pohon yang diberkahi.

5.       Kacang adas

Masyarakat Indonesia masih asing dengan tumbuhan satu ini. Ia disebutkan dalam surah Al-Baqarah pada ayat 61.

Kacang adas termasuk ke dalam golongan kacang polong. Kacang ini memiliki protein yang tingg bagi tubuh. Para Vegan biasanya menjadilkan kacng adas, sebagaii sumber protein dan dianggap pengganti daging.

Tidak hanya itu, kacang ini juga memiliki vitamin B1, mineral dan serat yang tinggi. Walaupun kacang adas kaya akan kandungan baik bagi tubuh, kaum Yahudi tetap membencinya. Karena kacang ini sering dijadikan bahan utama pembuataan roti rakyat miskin jaman pembuangan di Mesir.

Itulah beberapa buah dan tanaman dalam Al-Qur’an. Semoga mampu menambah keimanan bagi kita semua.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY