Mukjizat Nabi Isa AS yang Dijelaskan Alquran?

0
153
mukjizat Nabi Isa AS

cahayaislam.id – Sebagai Umat Muslim kita pasti tahu bahwa Nabi Isa AS adalah putera dari Maryam putri Imran, keturunan Nabi Daud AS. Ada beberapa mukjizat Nabi Isa AS yang diberikan oleh Allah SWT dan nilainya sangatlah luar biasa.

Nabi Isa merupakan salah satu dari lima nabi dan rasul yang menyandang predikat ‘Ulul Azmi’, atau disebut dengan nabi yang diberikan berbagai keistimewaan melalui keteguhan hatinya dalam mengemban risalah Allah SWT.

Akan tetapi, bukti-bukti kenabian dan juga kitab Injil yang diturunkan Allah pada Nabi Isa AS belum berhasil membuat sadar kaum Bani Israil. Mereka masih tetap mendustakannya serta mengganggu dakwah yang dilakukan olehnya.

Bahkan yang tak kalah keji, Nabi Isa AS harus diusir dari tempat kelahirannya dan orang-orang Yahudi pun melakukan makar dengan rencana akan membunuhnya dengan cara yang sangat kejam.

Mukjizat Nabi Isa AS

Lantas, apa saja mukjizat Allah SWT yang diberikan kepada Nabi Isa AS sebagaimana ditulis dalam Alquran?

Mampu Berbicara ketika Bayi

Mukjizat yang pertama adalah mampu berbicara saat Nabi Isa AS masih bayi. Pada mulanya kalimat yang diucapkan adalah menyucikan Dzat Tuhannya dan juga membersihkanNya dari sifat beranak.

Lalu Nabi Isa mengukuhkan eksistensi dirinya sebagai hamba Allah Ta’ala, yang mana hal-hal tersebut bertujuan untuk bisa membersihkan nama ibunya dari tuduhan berzina yang telah dilontarkan oleh seluruh kaumnya.

Turunnya Kitab Injil

Mukjizat yang kedua adalah diturunkannya kitab Injil sebagai hujjah atas kenabiannya, sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Alquran yang berbunyi:

{آتَانِيَ الْكِتَابَ وَجَعَلَنِي نَبِيًّا}

“Dia memberiku Al-Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi.” (Maryam: 30)

Bahkan disebutkan pula bahwa Nabi Isa AS telah hafal seluruh isi yang ada di dalam kitab Taurat dan kitab Injil yang diturunkan kepadanya.

mukjizat Nabi Isa AS

Menyembuhkan Orang yang Buta

Mukjizat lainnya yang diterima oleh beliau adalah kemampuannya menyembuhkan orang yang buta yang mana tidak bisa melihat apapun sejak lahir.

Hal ini merupakan sesuatu yang mustahil namun bisa dilakukan oleh Nabi Isa AS sebab memperoleh mukjizat yang luar biasa dari Allah SWT.

Mengetahui Rahasia-rahasia

Nabi Isa AS juga bisa mengetahui seluruh rahasia yang disembunyikan di dalam rumah orang pada masanya tersebut. Mulai dari apa yang dimakan hingga semua yang disimpan oleh mereka untuk dipakai keesokan harinya.

Menciptakan Burung dari Tanah

Kemampuan menciptakan burung dari tanah juga diberikan oleh Allah SWT kepada Nabi Isa AS. Yang mana awalnya Beliau membuat untuk umatnya dari tanah sebuah bentuk burung, lalu meniupnya dan burung pun terbang.

Hal ini bertujuan untuk menunjukkan kekuasaan Allah SWT yang telah memilih Nabi Isa AS sebagai utusan dalam menuntun kaumnya kepada jalan yang benar.

Menurunkan Makanan dari Langit

Nabi Isa As bisa menurunkan makanan dari langit. Hal ini dilakukannya pada saat para pengikutnya yakni kaum Hawariyyin telah kehabisan bekal makanan.

mukjizat Nabi Isa AS

Kemudian mereka meminta Nabi Isa As untuk berdoa kepada Tuhannya agar didatangkan makanan.

Demikian di atas adalah ulasan mengenai mukjizat Nabi Isa AS yang telah disebutkan pula di dalam Alquran.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY