Viu Aplikasi Drama Asia, Bisakah Menonton Film Yang Sesuai Syariat Islam?

0
30
Viu Aplikasi Drama Asia dan Menonton Film Menurut Islam

Viu – Merupakan aplikasi video yang menyajikan berbagai drama asia. Sehingga bagi para penyuka drama asia, bisa mendownload ataupun streaming dari aplikasi Viu ini. Di jaman yang mengedepankan teknologi saat ini, banyak hal bisa dilakukan dengan lebih mudah dan praktis. Begitu juga dengan tontonan atau film, banyak aplikasi yang memudahkan kita untuk menonton berbagai genre film. Kita tinggal memilih drama atau film apa yang ingin ditonton.

Viu Aplikasi Nonton Drama Asia

Film atau drama sekarang ini menjadi hiburan wajib bagi setiap orang. Kenapa begitu? karena tayangannya sendiri menyajikan berbagai macam alur cerita. Sehingga mampu menghibur dan menarik minat masyarakat untuk menonton. Dalam islam sendiri, tidak ada istilah menonton film atau drama. Hanya saja, meskipun ini adalah wujud perkembangan jaman dan teknologi. Maka sebagai seorang muslim juga harus tahu bagaimana menonton film dengan adab yang sesuai syariat islam.

Viu Aplikasi Drama Asia, Bagaimana Menonton Film Yang Sesuai Syariat Islam?

Viu Aplikasi Drama Asia dan Menonton Film Menurut Islam

Di jaman modern, menghindari segala bentuk kemajuan teknologi tentu hal yang mustahil. Bagaimanapun kita hidup di jaman ini, dan teknologi sebagai salah satu kebutuhan. Begitu juga dengan film atau drama yang menjadi salah satu tayangan yang kita tonton. Bahkan ini menjadi hiburan di kala bosan. Banyaknya penikmat film dan drama membuat tayangannya semakin beragam. Baik dari genre hingga alur cerita yang disajikan. Dalam islam pun, tidak ada hukum pasti yang mengatur tentang halal atau haramnya menonton film.

Meskipun islam tidak menyatakan menonton film adalah haram. Namun sebagai seorang muslim, sebisa mungkin menfilter apa yang kita tonton. Film atau drama yang seperti apa dan setidaknya tidak menjerumuskan kita pada perbuatan dosa. Lalu bisakah menonton film atau drama yang sesuai syariat islam?

Isi Dari Film atau Drama

Film islami di jaman sekarang ini mungkin tidak sebanyak film-film barat ataupun drama asia. Sehingga tidak dipungkiri, sobat Cahaya Islam mungkin juga kesulitan jika diwajibkan menonton film islami saja. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menonton film agar tetap mematuhi syariat yang ada. Salah satunya adalah isi dari film atau drama yang ditayangkan. Untuk mendapatkan pelajaran baik, maka mulailah dengan melihat yang baik-baik.

Menonton Film atau Drama Yang Memberikan Manfaat

Viu Aplikasi Drama Asia dan Begini Menonton Film Sesuai Syariat

Untuk menonton film atau drama yang sesuai dengan syariat islam, maka harus dilihat dari manfaatnya. Dalam memilih tayangan film, kita harus memastikan banyak manfaat atau ilmu yang bisa didapatkan. Jika film atau drama justru memberikan contoh yang tidak baik, tayangan yang bisa memberikan pengaruh buruk. Maka ini jelas dilarang oleh islam untuk ditonton.

Tidak Menyebabkan Lalai Beribadah

Dalam islam, tidak ada larangan atau pernyataan haram dalam menonton film atau drama. Namun ini juga bukan berarti bebas untuk menonton berbagai tayangan. Sementara kita tahu, saat ini banyak film atau drama yang justru mempertontonkan adegan tidak pantas. Dan menyimpang dari ajaran islam. Itu sebabnya, menonton film atau drama juga harus memperhatikan beberapa hal. Termasuk tidak menyebabkan kita lalai dalam beribadah.

وَالْعَصْرِ إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ

Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.

Viu – aplikasi yang menyajikan berbagai drama asia untuk ditonton. Sebagai seorang muslim, alangkah lebih baik jika kita memilih apa yang baik untuk ditonton dan menghindari tayangan yang mengajarkan keburukan.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Asr Ayat 1-3

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!