Kahiyang Ayu Melahirkan, Begini Amalan Selama Menyusui

0
51

Kahiyang Ayu – Kabar bahagia datang dari keluarga Presiden Jokowi, pasalnya Kahiyang Ayu resmi menjadi ibu dari dua orang anak pasca melahirkan anak keduanya pada Senin, 3 Agustus 2020. Kabar bahagia ini disampaikan oleh sang suami, Bobby Afif Nasution pada konferensi pers virtual Selasa, 4 Agustus 2020.

Kahiyang Ayu Lahirkan Anak Keduanya

Pasangan Kahiyang Ayu dan Bobby Afif Nasution resmi menikah pada November 2017 silam, kini mereka telah dikaruniai dua orang anak. Selang satu tahun kelahiran putri pertama mereka Sedah Mirah Nasution, kini Kahiyang Ayu telah melahirkan anak kedua mereka dengan jenis kelamin laki-laki. Anak kedua pasangan Kahiyang Ayu dan Bobby Afif Nasution ini adalah cucu keempat Presiden Jokowi.

Kahiyang Ayu melahirkan anak kedua mereka melalui operasi sesar di Rumah Sakit YPK Mandiri, Menteng Jakarta Pusat, pada Senin 3 Agustus pukul 20.21 WIB. Cucu keempat Presiden Jokowi ini lahir dengan berat 3,4 kilogram dan tinggi 49,5 cm.

Sampai saat ini, Bobby selaku sang Ayah belum mengumumkan siapa nama anak kedua mereka, yang pastinya cucu keempat Presiden Jokowi ini memiliki nama belakang Nasution.

Amalan Bagi Ibu Ketika Sedang Menyusui Buah Hati

Bagi seorang Ibu, dapat menyusui buah hatinya merupakan suatu kebahagiaan tersendiri. Hal ini juga dilakukan oleh putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu. Anak kedua pasangan Kahiyang dan Bobby ini memang lahir bertepatan dengan Hari ASI Nasional, 1-7 Agustus.

Dokter Rinawati, Sp.A., selaku dokter yang menangani persalinan putri Presiden Jokowi ini memberikan apresiasi atas sikap Kahiyang Ayu yang langsung memberikan ASI setelah anak keduanya lahir. “Kita beri jempol buat mbak Kahiyang”, tuturnya.

Berikut amalan yang dapat diamalkan oleh Ibu ketika sedang menyusui:

  • Makan Makanan Sehat dan Halal

ASI adalah makanan terbaik bagi seorang bayi. Nutrisi yang terdapat di dalam ASI diperoleh dari makanan sang Ibu. Maka dari itu, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada ASI, seorang Ibu diajurkan untuk mengkonsumsi makanan sehat dan halal. Hal ini bertujuan agar gizi anak terpenuhi, sehingga pertumbuhan anak tidak terhambat.

“Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan,” (QS al-Baqarah: 233).

Pendidikan pertama bagi seorang anak adalah tanggung jawab setiap orang tua, terutama pendidikan agama. Ketika sedang menimang dan menyusui anak, alangkah baiknya Ibu turut melantunkan ayat-ayat Al-Quran disamping membelai rambut dan menyentuh tubuhnya.

Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa ayat-ayat suci yang dilantunkan kepada sang bayi akan tersimpan di dalam memorinya. Sehingga semakin sering dibacakan maka semakin tersimpan erat dalam memori bayi hingga dewasa. Sedangkan, sentuhan yang diberikan oleh Ibu akan memberikan rangsangan kepada pertumbuhan syaraf otak bayi.

  • Berwudhu

Mensucikan diri sebelum menyusui bayi adalah sikap yang perlu diamalkan, hal ini bertujuan agar dijauhkan dari gangguan dan bisikan setan selama proses menyusui.

  • Murojaah Hafalan Al-Quran

Apabila Ibu merasa kesulitan harus memegang mushaf disela menyusui, maka Ibu dapat melakukan murajaah ayat-ayat pendek, hitung-hitung sekalian hafalan. Tak perlu ayat yang panjang, yang penting hal ini sering dilakukan.

  • Mengajak Bayi Berkomunikasi

Ketika sedang menyusui, cobalah untuk mengajak sang bayi berkomunikasi. Bayi akan mengerti dan dapat memahami emosi yang kita pancarkan, oleh sebab itu Ibu harus selalu dalam keadaan emosi yang baik ketika menyusui sang bayi.

Jangan lupa amalkan amalan ini ketika sedang menyusui ya Bu!

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!