Viral Antrian Perceraian Pada Masa Pandemi, Bagaimana Perceraian Yang Diperbolehkan Dalam Islam?

0
30
Viral Antrian Perceraian dan Perceraian Menurut Islam

Viral antrian perceraian – Masa pandemi covid-19 merupakan masa-masa yang cukup sulit bagi sebagian orang. Banyak pekerja yang penghasilannya turun atau justru kehilangan pekerjaan. Sehingga menyebabkan permasalahan ekonomi yang rumit. Masa pandemi ini ternyata bukan berhenti pada permasalahan ekonomi saja, namun juga permasalahan lainnya. Kesulitan ekonomi menimbulkan berbagai prahara dalam kehidupan rumah tangga. Beberapa waktu lalu bahkan terlihat antrian perceraian yang panjang. Alasannya karena faktor ekonomi.

Viral Antrian Perceraian dan Perceraian Menurut Islam

Perceraian adalah salah satu langkah untuk perpisahan antara dua orang yang menikah. Biasanya ini disebabkan banyak faktor. Mulai dari faktor ekonomi, pertengkaran yang tidak kunjung berhenti dan lain sebagainya. Dalam islam, perceraian memang tidak disebutkan sebagai suatu yang diharamkan dalam agama. Namun Allah sangat membenci perceraian. Apalagi bahyak fenomena perceraian yang alasannya sebenarnya sepele. Lalu bagaimana perceraian yang diperbolehkan menurut islam?

Viral Antrian Perceraian Pada Masa Pandemi, Ini Perceraian Yang Diperbolehkan Menurut Islam

Viral Antrian Perceraian dan Perceraian Menurut Islam

Viral antrian perceraian pada masa pandemi ini merupakan fenomena yang sungguh miris. Pernikahan adalah sesuatu yang sakral dan melibatkan janji kepada Allah SWT. Itu sebabnya, pernikahan bukan ajang untuk bermain-main. Dan karena itu pula Allah sangat membenci perceraian. Bahkan dalam firmanNya, Allah memerintahkan untuk mengusahakan perdamaian diantara keduanya sebelum memutuskan untuk bercerai. Bagaimanapun, perceraian sangat dibenci Allah meskipun bukan sesuatu yang diharamkan.

وَإِنْ خِفْتُمْ شِقَاقَ بَيْنِهِمَا فَابْعَثُوا حَكَمًا مِنْ أَهْلِهِ وَحَكَمًا مِنْ أَهْلِهَا إِنْ يُرِيدَا إِصْلَاحًا يُوَفِّقِ اللَّهُ بَيْنَهُمَا ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلِيمًا خَبِيرًا

Dan jika kamu khawatirkan ada persengketaan antara keduanya, maka kirimlah seorang hakam dari keluarga laki-laki dan seorang hakam dari keluarga perempuan. Jika kedua orang hakam itu bermaksud mengadakan perbaikan, niscaya Allah memberi taufik kepada suami-isteri itu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.

Meskipun perceraian adalah sesuatu yang Allah benci. Namun ada beberapa keadaan yang memaksa seseorang untuk melaksanakan perceraian. Tentu saja ini juga harus memenuhi syarat yang memperbolehkan perceraian sebagai jalan keluar. Sehingga dengan begitu, Allah tidak menjadikan dosa bagi keputusan tersebut.

Ini Syarat Perceraian Yang Diperbolehkan Menurut Islam

Viral Antrian Perceraian dan Bagaimana Hukumnya Dalam Islam

Perceraian tidak diharamkan, namun diperbolehkan jika memang tidak ada jalan keluar yang lain. Sehingga perceraian menjadi keputusan terbaik bagi dua orang yang menikah. Karena sejatinya Allah membenci perceraian, namun Allah tidak akan memberikan dosa pada keputusan bercerai jika memang dengan alasan yang tepat.

Khawatir Tidak Bisa Menegakkan Hukum Allah SWT

Perceraian diperbolehkan jika memang sudah tidak ada jalan keluar yang lain untuk mendamaikan kedua belah pihak. Sehingga perceraian menjadi jalan yang terbaik. Allah pun tidak melarang perceraian jika adanya kekhawatiran diantara keduanya tidak bisa menegakkan hukum atau aturan-aturan Allah.

Sebagai contoh jika akhlak suami yang buruk, atau agama suami yang tidak mampu menuntun istri untuk menjalankan ibadah sesuai syariat. Atau permasalahan yang menyebabkan keduanya tidak bisa menjalankan peran suami dan istri dengan baik. Maka istripun diperbolehkan mengajukan khulu’ atau gugatan cerai.

Jatuhnya Talak Tiga Kali Yang Sah Dari Suami

Jatuhnya talak hingga tiga kali artinya hubungan diantara suami-istri sudah tidak sah atau haram. Dan dalam kasus jatuhnya talak tiga kali tidak memungkinkan untuk keduanya rujuk kembali. Jika sudah begini, maka perceraian diperbolehkan. Namun sebelumnya, talak yang dijatuhkan juga harus sah. Diucapkan dengan sadar, bukan dalam keadaan marah yang membuat hilang akal dan juga diucapkan dengan niatan mentalak.

Viral antrian perceraian – Dalam agama islam, perceraian adalah sesuatu yang dibenci Allah SWT. Ini diperbolehkan hanya jika memenuhi syarat atau keadaan yang memungkinkan untuk mengambil keputusan perceraian.


Catatan Kaki:

(1) – Surat An-Nisa Ayat 35

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!