Tips Membangun Rumah Islami yang Penuh Berkah

0
1218

Kita tahu istilah Home sweet home yang berarti rumahku adalah surgaku. Menurut banyak pakar, rumah tidak hanya berguna sebagai tempat tinggal dan berteduh dari hujan dan panas. Namun, rumah juga menjadi salah satu penggambaran pemiliknya. Jika rumah yang anda miliki adalah rumah gedong yang mewah, maka orang-orang akan beranggapan bahwa anda adalah orang elit. Sedangkan bila rumah anda tampak lusuh dan kotor, maka anda akan dikira oleh orang sebagai orang yang tidak karuan. Namun, dalam artikel ini kami tidak akan membahas bagaimana membuat rumah yang megah atau bersih. Kami lebih akan mengulas mengenai membangun rumah islami yang penuh berkah.

Tim Cahayaislam telah melakukan beberapa riset dan pengamatan kecil-kecilan dengan bertanya kepada beberapa ahli properti dan para alim ulama tentang bagaimana sih membangun rumah islami itu. Akhirnya kami mendapatkan beberapa tips yang super jitu untuk sobat sekalian contoh:

Rumah yang dipenuhi lantunan ayat Al Quran dan damai dengan peribadatan

Untuk membangun rumah islami yang penuh berkah dan diridhoi oleh Allah. Cara yang paling pasti harus anda gunakan adalah menjadikan rumah anda sebagai tempat yang tidak hanya digunakan untuk tinggal, namun juga digunakan sebagai tempat anda bersujud menangis berdoa kepada Allah. Rumah yang setiap saat dipenuhi oleh bulir-bulir dzikir yang keluar dari untaian-untaian tasbih yang anda gerakkan diwaktu luang. Rumah yang selalu ramai, bukan karena acara pesta. Namun ramai karena lantunan-lantunan bacaan ayat Al Quran dan nasihat agama.

Dengan melakukan ibadah-ibadah yang pada dasarnya bertujuan untuk menjadi lebih dekat dengan Allah dan mendapatkan kecintaan dari Allah, maka secara otomatis Allah sendiri akan menaungi rumah kita tersebut dengan keberkahan dan rahmat dariNya. Simpel kok.

Rumah yang dog-free dan tidak memiliki benda timbul

Aspek kedua ini sama seperti yang pernah kami ulas pada satu artikel kami sebelumnya tentang hal-hal yang menjauhkan malaikat rahmat dari rumah kita. Dalam artikel itu kami telah membahas bahwasanya malaikat yang membawa rahmat dari Allah akan menolak atau enggan masuk kedalam rumah dimana rumah tersebut memiliki benda-benda timbul dan seekor anjing.

Kami menemukan beberapa orang berkata “kok bisa gitu sih? nggak masuk akal banget larangan ini!” dan kebanyakan orang yang berkata seperti ini adalah mereka yang sudah terlanjur memelihara anjing dirumah mereka atau memang orang-orang yang merupakan dog-lover. Memang sih hal seperti ini tergolong sesuatu yang gaib dan tidak bisa masuk bila dilogika. Tapi ini merupakan pilihan dan disinilah keimanan dan ketaatan kita kepada Allah dan Rasul diuji. Apakah sobat Cahayaislam mau, rumahnya selalu dijauhi oleh malaikat yang membawa rahmat?

Rumah yang berdiri dilingkungan yang juga berkah

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُم بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ

Dalam surat Ar-Rum diatas dijelaskan bahwa dunia (daratan dan lautan) ini sedikit demi sedikit dirusak oleh tangan-tangan manusia, dan Allah akan membiarkan hal itu hingga kita manusia merasakan akibatnya.

Nah, dari ayat-ayat tersebut kita seharusnya tidak hanya mencernanya secara simpel dan mengetahui bahwa banyak kerusakan yang dilakukan oleh manusia dan manusia itu sendiri akan merasakan akibatnya. Namun mari kita telaah dan gunakan ayat tersebut sebagai sebuah tips, yakni dengan memilih lokasi dengan lingkungan yang baik untuk berdirinya rumah kita. Membangun rumah islami perlu memperhatikan lingkungan sekitar dengan cermat.

Lingkungan kondusif yang tim Cahayaislam maksud disini tidak hanya terfokus pada apakah daerah yang akan anda banguni kediaman anda itu aman dan bukan daerah yang berbahaya. Namun lebih kepada lingkungan yang bisa mendukung kita untuk lebih dekat dan mendapat rahmat dari Allah. Contoh paling mudahnya adalah rumah yang dekat dengan masjid, rumah yang berdiri dikomplek penduduk islami yang spiritualitas dan tingkat religiusnya tinggi.

Sebenarnya masih ada banyak sekali tips membangun rumah islami yang penuh berkah yang lain. Namun insha Allah akan kami lanjutkan beberapa tips lainnya lagi dikesempatan selanjutnya. Semoga bisa dijadikan referensi yang bermanfaat ya sobat Cahayaislam.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!