Sebelum tidur lakukan ini agar tidak mimpi buruk

0
83
tidak mimpi buruk

Tips Islami – Tidur adalah salah satu nikmat yang diberikan Allah kepada setiap makhluknya. Dengan tidur seseorang bisa beristirahat dan bahkan menenangkan pikiran. Jika manusia tidak tidur tentu saja pekerjaan yang dilakukan tidak akan ada ujungnya dan manusia tidak bisa merasakan kenyamanan dalam hidup. Agar tidak mimpi buruk maka lakukanlah hal hal berikut ini sebelum tidur!

Sebelum tidur lakukan ini agar tidak mimpi buruk

tidak mimpi buruk

Dengan tidur manusia juga bisa merefresh pikiran sehingga bisa kembali bangun dan menjalankan aktifitas dengan nyaman. Jika hendak tidur, sebagai umat islam perlu melakukan beberapa tata cara. Islam telah mengatur banyak cara tentang bagaimana supaya bisa tidur dengan nyaman dan juga dijaga oleh para malaikat. Jika sobat cahaya islam sering mengalami mimpi buruk maka lakukan Amalan sebelum tidur yang disunahkan oleh nabi Muhammad SAW.

Berwudhu

Amalan sebelum tidur pertama yang harus dilakukan sebelum tidur adalah berwudu. Dengan berwudu maka seseorang akan tidur dalam keadaan suci sehingga malaikat akan mendoakan dan menjaga sobat selama tidur hingga pagi hari. Berwudu juga memliki banyak manfaat. Selain membersihkan tubuh juga akan menjadi sebuah bentuk jaga-jaga. Tidur ibarat mati, jadi ada banyak orang yang tertidur dan ternyata tidak bangun-bangun karena Allah mencabut nyawanya. Dengan berwudu maka jika Allah mencabut nyawa selama sedang tidur maka sobat sudah dalam keadaan suci sehingga insyaallah khusnul khotimah.

Seperti dalam sebuah ayat:

Dari Abdullah bin Umar radliyallaahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ بَاتَ طَاهِرًا، بَاتَ فِي شِعَارِهِ مَلَكٌ، فَلَمْ يَسْتَيْقِظْ إِلَّا قَالَ الْمَلَكُ: اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِعَبْدِكَ فُلَانٍ، فَإِنَّهُ بَاتَ طَاهِرًا

“Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa ‘Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci.’” (HR. Ibn Hibban 3/329. Syuaib Al-Arnauth mengatakan, Perawi hadis ini termasuk perawi kitab shahih. Hadis ini juga dinilai shahih oleh Al-Albani dalam Shahih At Targhib wat Tarhib I/37)

Membersihkan tempat tidur

Tempat tidur adalah tempat yang ternyata juga banyak dihuni oleh jin atau setan. Setan biasanya akan mengganggu tidur seorang hamba apabila tempat tidurnya tidak dibersihkan. Rasulullah telah mencontohkan cara atau Amalan sebelum tidur untuk mengusir setan agar tidak ikut tidur bersama yakni dengan mengibaskan selimut 3x dan juga memukulkan sapu lidi bersih untuk menghilangkan debu di kasur sambil membaca bismilah sebanyak 3x.

Membaca Al-fatihah

Amalan dan doa sebelum tidur yang selanjutnya supaya dijaga oleh malaikat adalah dengan mebaca al-fatihah satu kali dan kemudian dilanjutkan dengan membaca ayat kursi sebanyak 3x dan kemudian Membaca al ikhlas 3x, al falaq dan an nas. Setelah bacaan semua selesai dilakukan, sobat cahaya islam bisa meniupkan ke telapak tangan sebanyak 3x lalu diusapkan ke wajah, tangan dan badan. Dengan begitu insyaallah, sobat akan terlindungi selama tidur dan terhindar dari mimpi buruk.

Istigfar 3x

Jika sudah selesai membaca doa, Amalan sebelum tidur selanjuutnya yang juga perlu untuk dibaca adalah istigfar minimal 3x agar diampuni dosanya selama seharian beraktiitas. Setiap hamba tentu saja akan memiliki kesalahan dan terkadang dosa yang dilakukan tidak disadari. Dengan meminta ampun kepada Allah maka tidur akan menjadi lebih tenang dan nyenyak.

Sholawat

Sobat cahaya islam jika ingin tidur jangan lupa Amalan sebelum tidur yang satu ini. Solawat adalah bacaan yang sangat penting dibaca sebelum tidur. Dengan bersolawat maka Allah juga akan bersolawat kepada hambanya. Hal ini juga akan mendekatkan kita kepada nabi muhamad di akhirat nanti. Jangan lupa juga untuk membaca doa sebelum tidur.

Amalan sebelum tidur tersebut insyaallah jika sudah dibiasakan akan menjadi hal yangwajib untuk dilakukan. Bahkan bagi sobat cahaya islam yang sudah terbiasa untuk melakukan amalan tersebut nantinya jika belum melakukannya akan sulit untuk tidur. Kebiasaan yang baik dan bernilai ibadah sebaiknya jangan diabaikan karena akan menurnkan rahmat Allah juga.

Dengan selalu mengikuti apa yang diajarkan nabi, insyaallah diakhirat nanti nabi Muhammad akan mengenali dna memberikan syafaat kepada kita. Mungkin itu saja tentang Amalan yang dilakukan sebelum tidur semoga bermanfaat untuk sobat cahaya islam semuanya.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!