Hari Lahir Pancasila, Sikap Muslim Tercermin Di Dalamnya

0
83

Hari Lahir Pancasila – Tanggal 1 Juni 2020 diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. Penetapan hari tersebut diharapkan menjadikan semangat Pancasila bagi seluruh mayarakat Indonesia terus berkobar.

Namun banyak juga muslim yang menyerukan agar mengganti sistem Pancasila dengan sistem khilafah. Padahal sebenarnya khilafah merupakan ketentuan Allah yang tidak harus dipaksakan dan di dalam Pancasila juga banyak terkandung nilai-nilai Islam.

Saat ini Indonesia memang menggunakan Pancasila sebagai dasar negara. Kandungan dari Pancasila sangatlah bagus mulai dari sila pertamanya hingga sila kelima. Semuanya mengandung poin yang positif dan begitu bagus jika benar-benar diterapkan secara maksimal di Indonesia.

Kita tidak perlu memaksakan mengganti Pancasila dengan Khilafah karena apabila kita menjalankan sistem Pancasila dengan baik maka sudah banyak sekali hukum Islam yang dijalankan. Hanya saja memang banyak pejabat yang menggunakan sering menyebut Pancasila namun tidak tercermin pada sikapnya misalnya saja mereka yang suka melakukan korupsi dan membuat kebijakan yang tidak sesuai dengan keadaan masyarakat.

Hari Lahir Pancasila, Masih Ingat Kelima Silanya?

Ada beberapa sikap muslim yang disebutkan dalam Pancasila. Berikut ini adalah sikap Muslim yang tercermin di dalam setiap sila yang ada.

  • Sila pertama

Ketuhanan yang maha Esa adalah sila yang pertama. Sikap muslim jelas tercermin dalam sila pertama karena hanya menyembah Tuhan yang Maha Esa yakni Allah SWT. Dengan ketauhidan yang baik dan menghindari syirik maka inshaallah kita akan selalu dibimbing untuk menjadi manusia yang baik.

  • Sila Kedua

Kemanusiaan yang adil dan beradab juga merupakan sikap muslim sejati. Muslim memiliki sifat yang senang mengasihi sesama manusia dan selalu berusaha untuk berbuat baik. Selain itu menghindari perbuatan keji juga merupakan sikap muslim karena muslim mengikuti syariat yang jelas seperti telah disebutkan dalam Al-Quran dan hadist.

وَأَحْسِنُوا ۛ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ ……

“dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” (Al-Baqarah ayat 195)

  • Sila Ketiga

Persatuan Indonesia juga merupakan salah satu sikap muslim yang sejati. Umat Muslim tidka senang melakukan perpecahan. Kita adalah manusia yang beriman kepada Allah. Kita bersaudara dengan sesame muslim karena keimanan dan kita bersaudara dengan saudara sebangsa karena satu tanah air. Oleh karena itu jangan sampai kita mengalami perpecahan agar negara ini menjadi negara yang kuat.

  • Sila Keempat

Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Sila tersebut juga mencerminkan sikap muslim yang sejati. Rasulullah telah banyak mencontohkan mengenai bagaimana muslim selalu melakukan musyawarah dengan mengutamakan kebijaksanaan sehingga dapat diambil keputusan terbaik.

  • Sila Kelima

Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia adalah sila yang terakhir dan sebaiknya seluruh rakyat juga mengamalkannya. Apabila kita dipimpin oleh pemimpin yang begitu menjunjung tinggi keadilan social maka tidak akan ada hokum yang tumpul ke atas dan runcing ke bawah. Kita sebagai warga negara Indonesia dan Muslim yang baik perlu untuk menjadi pribadi yang adil baik dalam lingkungan kecil hingga lingkungan yang lebih luas.

Sobat cahaya Islam, Pancasila adalah warisan dari para pahlawan kita. Di hari lahir Pancasila ini mengingatkan kita untuk ikut memperjuangkan apa yang telah mereka perjuangkan hingga Indonesia bisa merdeka seperti sekarang ini. Semoga tulisan mengenai hari lahir Pancasila semakin menambah kecintaan kita kepada Indonesia dan Pancasila.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!