Apa Urgensitas Memperingati Hari Kebangkitan Nasional?

0
81
hari kebangkitan nasional

Hari Kebangkitan Nasional – Beberapa hari yang lalu, masyarakat Indonesia meraakan momen Hari kebangkitan Nasional. Di momen ini, evaluasi pun dilakukan guna merapikan program untuk dijalankan selama setahun. Seperti yang sudah diketahui oleh sebagian ummat bahwa Harkitnas adalah momen untuk mmperingati kelahiran berdirinya organisasi Budi Utomo yang digawango oleh arek – arek Suroboyo.

Sobat Cahaya Islam, Hari Kebangkitan Nasional merupakan hari yang bersejarah bagi bangsa, tak terkecuali para kaum muslimin. Banyak dari kaum muslimin menjadi pejuang untuk merelakan dirinya membela bangsa. Pembelaan terhadap bangsa adalah hal mulia untuk membebaskan umat dari segala penjajahan baik fisik maupun secava pemikiran.

Bagaimana Umat Menyikapi Hari Kebangkitan Nasional?

hari kebangkitan nasional

Sobat Cahaya Islam, sudah sebaiknya umat tidak hanya sekedar merayakan Harkitnas tanpa merenungi segala permasalahan bangsa yang terjadi. Jika merujuk pada sejarah, momen ini diperingati sebagai bentuk untuk menghargai jasa para pemuda yang rela memperjuangkan dan merelakan harta serta usia emas mereka.

Sebelumnya, pergerakan pemuda memang sudah banyak bermunculan. Namun. Kiprah organisasi Budi Utomo memang tak bisa dinafikkan. Organisasi ini mampu menggerakkan para pemuda menjadi pemuda yang kritis dan berani untuk menentang segala penjajahan.

Sobat Cahaya Islam, gambaran pemuda tempo dulu adalah gambaran yang harus diteladani oleh pemuda muslim sekarang, Sebab, permasalahan bangsa sampai sekarang belum bisa terselesaikan khususnya dari segi sisi krisis karakter serta kesenjangan pendidikan.

Jika dahulu para pemuda tanpa bersekolah masih bisa bersikap kritis dan berani menyuarakan keadilan, maka pemuda hari ini pun harusnya juga bersikap demikian terlepas dari jenjang pendidikan yang sudah diikuti.

Selain itu, jiwa kritis juga harus dimiliki para pemuda sekarang agar bisa memberikan kritik yang membangun bagi bangsa. Namun, ternyata harapan pemuda layaknya para penggerak organisasi kepemudaan dulu harus senantiasa dilatih sebab sekarang pemuda sedang tidur pulas dan dininabobokan oleh kondisi sekitar.

Apa Peran Pemuda Muslim seharusnya bagi Bangsa?

hari kebangkitan nasional

Sobat Cahaya Islam, pemuda seharusnya menjalankan peran idealnya. Sebab, jika tidak maka tak ada yang mampu membantu ummat untuk melakukan perubahan terhadap bangsa. Terdapat 3 peran yang harus didalami yakni :

Menjadi Agent of Change, Iron Stock dan Social Control

Sebagai agen perubahan, sudah selayaknya umat ada di garda terdepan untuk melakukan perbaikan bangsa. Salah satu hal yang dilakukan yakni aktif berkontribusi pada berbagai lembaga maupun komunitas yang berfokus pada perbaikan bangsa.

Menjadi iron stock mengharuskan pemuda senantiasa menyiapkan diri untuk menjadi pengganti kepemimpinan hari ini. Latihan kepemimpinan juga dapat dilatih dengan mengikuti berbagai organisasi maupun aktif dalam kegiatan masyarakat.

Menjadi Social Control, artinya pemuda senantiasa melakukan pengawasan dan pengontrolan pada kinerja publik hari ini baik dari segi pemerintahan maupun non – pemerintahan. Tentu, hal ini juga dibutuhkan keberanian yang cukup tinggi sebab para pemuda akan berhadapan secara langsung.

Selain itu, para pemuda juga dapat aktif menyampaikan opini lewat sosial media. Dengan menginternalisasi ketiga peran tersebut, diharapkan pemuda dapat melazimi perannya sebagai pemuda muslim untuk kebaikan Islam dan perubahan sebuah peradaban.

Ketika pemuda menginternalisasikan ketiga peran ini, pastilah mereka akan dicintai oleh Allah SWT. Hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah SAW yakni :

Dari ‘Uqbah bin ‘Amir radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ لَيَعْجَبُ مِنَ الشَّابِّ لَيْسَتْ لَهُ صَبْوَةٌ

“Sungguh Allah sangat mengagumi seorang pemuda yang tidak menyimpang dari kebenaran.” (HR. Ahmad, 4:151. Syaikh Syu’aib Al-Arnauth mengatakan bahwa hadits ini hasan lighairihi)

Nah Sobat Cahaya Islam, itulah ulasan mengenai momen Hari Kebangkitan Nasional yang harus dijadikan evaluasi bagi pemuda muslim hari ini. Semoga ulasan tersebut dapat menjadi pengingat bagi diri sendiri dan kaum pemuda muslim agar segera kembali dengan idealitas yang harus dimiliki.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY