Terima Rey Mbayang dan Menikah Tanpa Pacaran, Bagaimana Memantapkan Niat Menikah Dengan Taaruf Menurut Islam?

0
136
Terima Rey Mbayang dan Menikah Tanpa Pacaran dan Begini Menurut Islam

Terima Rey Mbayang – Pernikahan Rey Mbayang dengan Dinda Hauw beberapa waktu lalu menjadi sorotan masyarakat. Ini karena pernikahan keduanya yang begitu tiba-tiba, sementara sebelumnya tidak pernah menjalin kedekatan atau pacaran. Apalagi Dinda sempat dikabarkan dekat dengan Rizky, namun akhirnya memantapkan niat untuk menikah dengan Rey. Dinda memutuskan untuk menerima pinangan Rey Mbayang tanpa pacaran. Dan ini sesuai dengan ajaran islam yang melarang adanya pacaran, dan menikah dengan proses taaruf.

Terima Rey Mbayang dan Menikah Tanpa Pacaran

Taaruf adalah proses pengenalan menuju pernikahan yang dijalani sesuai dengan syariat islam. Melalui proses taaruf ini, laki-laki dan perempuan memiliki kesempatan untuk saling mengenal pasangannya. Sehingga bisa memantapkan untuk melanjutkan ke jenjang pernikahan. Namun tidak heran jika setiap orang mengharapkan untuk memilih orang yang tepat untuk menjalani pernikahan. Sehingga taaruf pun juga harus dilakukan dengan benar. Itulah kenapa perlu memantapkan niat menikah dengan proses taaruf ini.

Terima Rey Mbayang dan Menikah Tanpa Pacaran, Begini Cara Memantapkan Niat Menikah Dengan Taaruf

Terima Rey Mbayang Tanpa Pacaran dan Begini Memantapkan Niat Menikah Dengan Taaruf

Terima Rey Mbayang dan menikah tanpa pacaran tentu saja keputusan yang tidak mudah. Dan mungkin ada beberapa fase yang harus dilalui untuk memantapkan hati dan niat. Bayangkan saja sobat CahayaIslam, bagaimana kita akan menikah dengan orang yang mungkin belum kita kenal. Sementara setiap orang pasti mengharapkan pasangan yang tepat untuk menjalani pernikahan satu kali seumur hidup. Dan terlebih lagi, islam juga tidak menganjurkan pacaran, meskipun dengan alasan untuk niat menikah.

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَىٰ وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal.(1)

Taaruf berasal dari kata ta’arafa yang artinya adalah saling mengenal. Seperti yang dituliskan dalam potongan ayat diatas mengenai anjuran untuk saling mengenal. Begitu juga dengan laki-laki dan perempuan yang akan menikah. Hanya saja perkenalan ini juga hendaknya dilakukan sesuai dengan syariat islam.

Sobat CahayaIslam mungkin bertanya-tanya, bagaimana memantapkan niat menikah dengan taaruf? Sementara kita tidak mengenal baik calon pasangan kita. Tidak dipungkiri bahwa ada ketakutan salah memilih pasangan atau menjalani pernikahan yang ternyata tidak bahagia. Itu sebabnya, lakukan ini untuk memantapkan niat menikah tanpa pacaran.

Mantapkan Niat dan Tujuan Menikah

Terima Rey Mbayang dan Menikah Tanpa Pacaran dan Begini Menurut Islam

Untuk menikah tanpa pacaran atau menjalani proses taaruf, tentu saja dibutuhkan niat atau kemantapan. Itu sebabnya, hal yang harus dilakukan adalah memastikan niat dan tujuan menikah terlebih dahulu. Ini perlu dipertanyakan dan baru kemudian membulatkan tekad sebenarnya untuk apa menikah itu. Jika untuk ibadah, maka niatkan menikah adalah untuk mendapatkan ridho Allah SWT.

Minta Petunjuk Allah SWT

Setiap orang tentu berharap memilih pasangan yang tepat untuk menjalani pernikahan. Sementara sebagian orang mungkin khawatir akan salah memilih saat menikah tanpa menjalani proses pengenalan yang cukup lama. Itu sebabnya, dalam proses taaruf ikutsertakan juga Allah dalam menentukan jawaban. Sobat CahayaIslam bisa lakukan shalat istikharah untuk mendapat petunjuk dari Allah.

Kenali Calon Pasangan

Taaruf adalah proses pengenalan, sehingga bisa memantapkan diri untuk menuju jenjang pernikahan. Namun agar tidak salah memilih calon pasangan saat taaruf, maka kenali dengan baik terlebih dahulu calon pasangan kita. Ini bisa dilakukan dengan cara mencari tahu dari orang-orang terdekat atau bahkan orang yang mengenalnya.

Terima Rey Mbayang – dan menikah tanpa pacaran adalah keputusan yang tentu tidak mudah. Namun islam sendiri juga menganjurkan pernikahan tanpa adanya proses pacaran. Apalagi pacaran termasuk perbuatan mendekati zina. Itu sebabnya, untuk menikah tanpa pacaran perlu adanya kemantapan hati dan niat.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Hujurat Ayat 13

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY