Rizky Billar Halu Dinda Hauw Disebut Sebagai Pacarnya, Halu Apakah Termasuk Perbuatan Dosa Dalam Islam?

0
394
Rizky Billar Halu Dinda Hauw Disebut Sebagai Pacarnya dan Hukumnya Dalam Islam

Rizky Billar halu – Sebelum kedekatannya dengan Lesti Kejora, Rizky Billar pernah dikabarkan menjalin hubungan dengan Dinda Hauw. Namun kabar tersebut akhirnya dibantah dan pada akhirnya Dinda Hauw menikah dengan Rey Mbayang. Rizky mengaku ketika duduk dibangku sekolah, ia sangat mengidolakan sosok Dinda. Bahkan juga pernah halu menyebut Dinda Hauw sebagai pacarnya di depan teman-temannya. Hingga tidak menyangka bisa beradu akting dengan Dinda dalam sebuah sinetron.

Rizky Billar Halu Dinda Hauw Disebut Sebagai Pacarnya

Rizky Billar dan Dinda Hauw ini menjadi perbincangan hangat setelah menikahnya Dinda dengan Rey Mbayang. Apalagi sebelumnya hubungan keduanya cukup dekat, meski dibantah bahwa mereka berpacaran. Terlebih lagi Rizky yang tampak sangat mengidolakan Dinda dan mengaku bahwa pernah halu dan membayangkan menjadi pasangan Dinda Hauw. Lalu bagaimana pandangan islam tentang halu atau berkhayal, apakah termasuk perbuatan dosa?

Rizky Billar Halu Dinda Hauw Disebut Sebagai Pacarnya, Begini Halu Menurut Pandangan Islam

Rizky Billar Halu Dinda Hauw Disebut Sebagai Pacarnya dan Hukumnya Dalam Islam

Rizky Billar halu menyebut Dinda Hauw sebagai pacarnya didepan teman-temannya. Ini diakui Rizky saat berada dibangku sekolah, karena sangat mengidolakan sosok Dinda. Halu diartikan sebagai berkhayal, atau membayangkan sesuatu yang tidak terjadi. Contohnya seperti membayangkan menikah dengan artis yang menjadi idolanya. Ini seringkali disebut sebagai tindakan halu. Lalu bagaimana pandangan islam tentang halu?

لَيْسَ بِأَمَانِيِّكُمْ وَلَا أَمَانِيِّ أَهْلِ الْكِتَابِ ۗ مَنْ يَعْمَلْ سُوءًا يُجْزَ بِهِ وَلَا يَجِدْ لَهُ مِنْ دُونِ اللَّهِ وَلِيًّا وَلَا نَصِيرًا

(Pahala dari Allah) itu bukanlah menurut angan-anganmu yang kosong dan tidak (pula) menurut angan-angan Ahli Kitab. Barangsiapa yang mengerjakan kejahatan, niscaya akan diberi pembalasan dengan kejahatan itu dan ia tidak mendapat pelindung dan tidak (pula) penolong baginya selain dari Allah.(1)

Dalam ayat ini dijelaskan bahwasanya angan-angan yang kosong tidak mendatangkan pahala. Potongan ayat ini juga memberikan kita sebuah pesan untuk tidak hidup dalam angan-angan. Apalagi angan-angan ini bisa menipu bahkan membuat lalai. Lalu apakah halu atau berkhayal termasuk perbuatan dosa? Jika berkhayal justru membuat kita terjerumus pada kerugian atau tindakan yang menyimpang dari ajaran islam, maka ini perbuatan dosa.

Rizky Billar Halu Dinda Hauw Disebut Pacarnya dan Bagaimana Halu Menurut Pandangan Islam

Namun tahukah sobat CahayaIslam, ada halu atau berkhayal yang diperbolehkan dan tidak lho. Apa itu?

Berkhayal Yang Mubah

Ini jika seseorang berkhayal untuk sesuatu hal yang difokuskan hanya untuk kepentingan dunia saja, tanpa mengikutsertakan untuk kepentingan akhirat. Seperti berkhayal atau halu menjadi orang kaya raya namun tidak disertai keinginan untuk beramal atau berbuat baik.

Berkhayal Yang Dianjurkan

Halu atau berkhayal akan dianjurkan jika mengenai hal-hal yang baik atau bermanfaat. Seperti berkhayal bisa menjadi seorang ahli agama, atau mengidolakan seorang tokoh agama dan membayangkan bisa berdakwah sepertinya. Ini diperbolehkan dan bahkan dianjurkan, karena memberikan manfaat untuk kaum muslimin.

Berkhayal Yang Dilarang

Halu atau berkhayal hukumnya dilarang jika untuk sesuatu yang mustahil. Seperti keinginan mendapatkan warisan yang lebih banyak, seorang laki-laki yang membayangkan menjadi seorang perempuan dan lain sebagainya. Halu atau berkhayal yang seperti ini dilarang dalam ajaran islam.

Rizky Billar halu – menyebut Dinda Hauw sebagai pacarnya saat duduk dibangku sekolah. Sobat CahayaIslam, halu atau berkhayal itu diperbolehkan hanya untuk sesuatu yang dinilai bermanfaat bagi kaum muslimin. Sementara halu untuk sesuatu yang mustahil atau menyimpang dari syariat, tentu dilarang dan bahkan termasuk perbuatan dosa menurut islam.


Catatan Kaki:

(1) – Surat An-Nisa Ayat 123

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY