Pertamina Indramayu Terbakar Jadi Pengingat Kita Sebagai Umat Islam

0
68
Pertamina Indramayu

Pertamina Indramayu – Kilang Minyak Pertamina Indramayu, Jawa Barat terbakar pada Senin 28 Maret 2021. Menurut berbagai sumber, kebakaran tersebut terjadi pada dini hari sekira pukul 00.45 WIB.

Kapolda Jawa Barat, Irjen Ahmad Dofiri mengatakan mengenai indikasi kebocoran pada pipa tangki tangki T-301G. Kebakaran tersebut kemudian membesar, bahkan merubah warna langit Indramayu sedikit memerah.

Warga yang berada di sekitaran tempat kejadian pun panik dan berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diti. Petugas gabungan TNI dan Polri kemudian mengamankan lokasi kejadian.

Petugas menyiapkan dua lokasi evakuasi untuk masyarakat terdampak, yakni perumahan Bumi Patra dan Pendopo, Kabupaten Indramayu. Informasi terkini, api mulai berangsur padam.

Sobat Cahaya Islami, rentetan bencana yang terjadi akhir-akhir ini menjadi cambukan bagi manusia, khususnya masyarakat Indonesia. Sebagai umat muslim kita tentu perlu memaknainya sebagai cobaan atau azab yang Allah SWT berikan.

Insiden Pertamina Indramayu dan Cara Memaknainya dalam Islam

Bencana merupakan peristiwa yang merugikan bagi manusia. Islam memberikan panduan hidup yang lengkap bagi manusia, termasuk dalam memaknai bencana.

Islam memberikan rangkaian nilai-nilai dan sikap yang bisa kita gunakan untuk menghadapi dan menyikapi bencana. Dan bencana merupakan ketetapan dari Allah SWT sebagai bentuk kasih sayang kepada mahluknya.

وَقِيلَ لِلَّذِينَ اتَّقَوْا مَاذَا أَنْزَلَ رَبُّكُمْ ۚ قَالُوا خَيْرًا ۗ لِلَّذِينَ أَحْسَنُوا فِي هَٰذِهِ الدُّنْيَا حَسَنَةٌ ۚ وَلَدَارُ الْآخِرَةِ خَيْرٌ ۚ وَلَنِعْمَ دَارُ الْمُتَّقِينَ

Dan di katakan kepada orang-orang yang bertakwa: “Apakah yang telah di turunkan oleh Tuhanmu?” Mereka menjawab: “(Allah telah menurunkan) kebaikan”. Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini mendapat (pembalasan) yang baik. Dan sesungguhnya kampung akhirat adalah lebih baik dan itulah sebaik-baik tempat bagi orang yang bertakwa  (An-Nahl:30).

Segala kebaikan Allah turunkan, termasuk juga bencana. Dan bencana merupakan peristiwa untuk mengingat kembali Allah dan menjalankan ketetapannya.

Bencana juga tidak datang semata-mata dari kemurkaan Allah. Melainkan dari ulah manusia itu sendiri.

نَّ اللهَ لاَ يَظْلِمُ النَّاسَ شَيْئاً وَلَكِنَّ النَّاسَ أَنْفُسَهُمْ يَظْلِمُونَ (أية 44 من سورة يونس)

Artinya: sesungguhnya Allah tidak berbuat zalim kepada manusia sedikitpun, akan tetapi manusia itulah yang berbuat zalim kepada diri mereka sendiri. (QS Yunus ayat 44).

Menghadapi Bencana Kebakaran

Indonesia dalam beberapa pekan tidak habis-habisnya di landa bencana. Mulai dari banjir, longsor, puting beliung hingga kebakaran. Berikut ini tips menghadapi bencana kebakaran yang bisa kamu ikuti.

1. Tetap Tenang

Jika kamu berada di tempat peristiwa kebakaran, tetap tenang dan jangan panik. Sebab panik akan membuat suasana semakin kacau, dan tak jarang pula mencelakakan.

2. Berteriak

Segera beritahukan orang sekitar, dengan cara menyalakan alrm atau berteriak. Pastikan semua orang mendengar.

3. Selamatkan Nyawa

Segera evakuasi diri dan orang sekitar. Jangan hiraukan barang atau harta, karena nyawa adalah prioritas utama.

4. Padamkan

Jika kebakaran bisa kita atasi sendiri, padamkan dengan air, pasir atau tanah, atau karung goni yang sudah di basahi. Namun jika terjadi akibat korsleting listrik, segera matikan listrik di rumah.

Pertamina Indramayu

5. Hindari Asap

Hindari asap dengan tidak mendekatkan muka ke lantai. Gunakan kain basah untuk menutupi hidung.

6. Periksa Gagang Pintu

Periksalah suhu daun pintu dengan telapak tangan. Jika terasa panas, jangan di buka dan gunakan pintu lain.

Demikianlah tips menghadapi kebakaran. Semoga bencana yang terjadi di Indonesia, termasuk kebakaran Pertamina Indramayu dbisa memaknai sebagai peringatan dari Allah agar umat muslim menjadi lebih baik lagi dalam menjalankan ketetapannya, Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY