Rizky Billar akan Menikah? Inilah Tujuan Pernikahan dalam Islam

0
68
risky billar

Rizky Billar – Beberapa hari ini, terdapat pemberitaan bahwa salah satu selebriti yang menjadi sorotan para anak muda seperti Rizky Billar dan Lesti dikabarkan akan melangsungkan pernikahan. Tentu hal ini adalah kabar yang menggembirakan sebab keduanya akan menyempurnakan ibadah melalui pernikahan.

Sobat Cahaya Islam, bagi kaum muslimin tentunya memahami urgensitas melangsungkan pernikahan tak terkecuali Rizky Billar. Selain menyempurnakan ibadah, pernikahan dapat menjadikan para pasangan muslim menjadi pasangan yang halal tanpa harus ragu dan takut akan berbuat perzinahan.

Bagaimana Umat seharusnya Menyikapi Pernikahan Rizky Billar?

rizky billar

Tak dipungkiri, bahwa Rizky Billar cukup memiliki banyak fans. Tentu, ketika berita pernikahannya beredar dengan Lesti pastilah banyak penggemar yang merasa patah hati. Kendati demikian, perasaan patah hati tersebut tak boleh berkelanjutan. Justru, para penggemar ikut mendoakan kebahagiaan bagi pasangan tersebut agar diberi kelancaran dalam segala hal.

Rizky Billar Siap Nikah, Apa saja Tujuan Pernikahan dalam Islam?

rizky billar

Sobat Cahaya Islam, pernikahan memiliki kedudukan penting bagi kaum muslimin sebab ia merupakan ibadah terpanjang bersama pasangan. Selain itu, dalam Alquran pernikahan disebut juga dengan “Mitsaqan Ghalidzan” dimana dikatakan sebagai perjanjian yang paling kuat.

Maka dari itu, umat harusnya mengkaji secara mendalam serta melengkapinya dengan ilmu agar tak salah jalan dalam pernikahan. Sebab akan menjadi sebuah musibah bila pasangan tak mengetahui visi misi dibentuknya sebuah keluarga. Selain itu, pasangan juga perlu mengetahui tujuan dari sebuah pernikahan dalam Islam.

1. Menyegerakan Sunnah Rasul

Hukum asli sebuah pernikahan adalah Sunnah. Namun, hal tersebut dapat berubah menjadi sebuah kewajiban bila alasannya syar’i. Walaupun pernikahan merupakan aktivitas Sunnah, namun menikah ternyata juga sebagai pelengkap dari gharizah (naluri) manusia berupa naluri berkasih sayang (gharizah nau).

Memang, dalam pembahasan Islam jika naluri tak terpenuhi mak umat tidak akan mati. Namun, umat akan merasa gelisah, galau dan menjadi kacau. Namun naluri itu merupakan fitrah yang jika ingin dipenuhi harus melalui aturan syar’i. Sehingga jika manusia menginginkan fitrah berkasih sayang terpenuhi, maka umat harus menikah.

Hal ini sesuai dengan firman Allah Ta’ala yakni :

وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا رُسُلاً مِن قَبْلِكَ وَجَعَلْنَا لَهُمْ أَزْوَاجًا وَذُرِّيَّةً

“Dan sesungguhnya Kami telah mengutus beberapa Rasul sebelum kamu dan Kami memberikan kepada mereka istri-istri dan keturunan.” (QS. Ar Ra’du: 38).

2. Melahirkan Keturunan Peradaban

Selain menyegerakan Sunnah, pernikahan juga menjadikan pasangan memiliki keturunan. Keturunan inilah yang nantinya akan melanjutkan estafet perjuangan untuk syiar Islam. Maka dari itu, sangat penting sebelum pernikahan antara muslim dan muslimah saling membuat visi misi untuk keluarga.

Memang, secara umum keluarga muslim mencita – citakan pernikahan untuk diridhoi oleh Allah SWT. Namun, bila tidak dirinci dan dipikirkan secara mendalam ditakutkan nantinya pasangan tersebut merasa tak siap dengan kehadiran calon generasi gemilang umat.

3. Menjauhkan dari Perzinahan

Pernikahan juga daapt menjadikan seorang mulsim terhindar dari perzinahan. Di zaman sekarang, hukum terpisah secara mutlak antara laki – laki dan perempuan kurang diperhatikan bahkan terkesan tak peduli. Sehingga, ditakutkan bila tidak segera menikah malah akan menimbulkan fitnah dan mendekatkan pada zina.

Nah Sobat Cahaya Islam, itulah ulasan mengenai kabar rencana pernikahan Rizky Billar dalam pandangan Islam. Semoga hal ini juga dapat dijadikan referensi sebelum menikah agar umat tak salah dalam memaknai pernikahan dan bersiap untuk menjadi keluarga pencetak para pionir peradaban.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY