Pondok Pesantren Bairuha Berkomitmen Ciptakan Santri Religius

0
35
Pondok Pesantren Bairuha

Pondok Pesantren Bairuha ini letaknya berada di Balikpapan, Kaltim. Kini sudah semakin memperkokoh perannya dalam hal untuk bisa mencetak generasi muda profesional dan religius.

Ponpes Bairuha selalu siap menghadapi tantangan zaman sekarang, dengan berbagai macam dukungan dari pemerintah dan fasilitas yang terus berkembang. Hal tersebut sebenarnya telah disampaikan oleh KH Munawar Cholil, Ketua Yayasan Ponpes Bairuha, pada Minggu (26/5).

Pondok Pesantren Bairuha Ciptakan Santri Religius

Menurutnya, Ponpes Bairuha mempunyai tujuan yang jelas untuk bisa mencetak generasi muda. Bahkan, tidak hanya memiliki kemampuan profesional, namun juga memperdalam nilai keagamaan.

KH Munawar ini mengatakan akan berupaya untuk bisa membentuk santri yang profesional dan unggul. Di mana harus memiliki integritas religius tinggi. Caranya dengan menjadi mubaligh yang memiliki ilmu agama mendalam. Hal ini karena ilmu agama menjadi dasar untuk masa depannya.

1. Pendirian Ponpes

Pondok Pesantren Bairuha

Tahun 2004, Ponpes Bairuha ini didirikan dan mulai beroperasi tahun 2005. Di mana Pondok Pesantren Bairuha ini berada di atas lahan seluas 7 hektar yang berada di sekitar lembah perbukitan, tepatnya di tengah Kota Balikpapan, Kalimantan timur.

Awalnya, fokus Ponpes ini pada pendidikan agama. Di mana pada tahun 2015 pengurus Ponpes Bairuha telah berinisiatif mendirikan Sekolah Dasar (SD) dan SMP Islam Terpadu Tri Sukses Generus.

Lalu tahun 2016 disusul dengan pendirian SMA yang berbasis boarding school. Saat ini, diketahui ponpes Bairuha ini mempunyai kurang lebih 450 santri, baik itu yang ada boarding school, maupun santri reguler.

Di mana ponpes ini memang diperuntukkan untuk siswa yang ingin nyantri saja. Dirinya juga menambahkan, pengembangan fasilitas di Pondok Pesantren ini terus dilakukan untuk mendukung proses pendidikan yang optimal.

2. Memperoleh Bantuan Rumah Susun

Salah satu pencapaian terbarunya yaitu memperoleh bantuan rumah susun dari pemerintah. Dimana rumah ini akan digunakan sebagai asrama bagi para santri.

Pemerintah juga nantinya akan siap memberikan bantuan tambahan lain, apabila masih ada lahan di sekitar pondok. Selain itu, pada lingkungan belajar di Ponpes Bairuha ini juga sangat mendukung pertumbuhan akademik serta spiritual para santri.

Hal ini karena lokasinya berada di lingkungan yang tenang dan jauh dari pusat keramaian. Selain itu, sudah ada fasilitas yang memadai.

Di mana akan menciptakan suasana yang nyaman bagi para santri. Hal ini tentunya untuk mengejar pendidikan.

3. Membekali Para Santri dengan Keterampilan

Pondok Pesantren Bairuha

Sebagai upaya untuk membekali para santri dengan keterampilan, Ponpes Bairuha saat ini juga telah mengadakan pelatihan. Hal ini berkaitan dengan keselamatan kerja dasar (K3), bahkan juga bekerjasama dengan BPBD Balikpapan.

Nantinya, setelah selesai mengikuti pelatihan tersebut banyak dari siswa tersebut setelah lulus bisa langsung bekerja di Perusahaan Pertamina,.

Pelatihan-pelatihan seperti itu, ini memang diharapkan dapat menambah wawasan para santri. Selain itu, kesiapan para santri untuk bisa menghadapi dunia profesional di masa depan.

Melalui visi yang jelas dan dukungan solid dari semua pihak, tentu Ponpes Bairuha ini akan terus berkembang menjadi lembaga pendidikan. Di mana mampu mencetak generasi muda profesional dan religius.

Bantuan dari pemerintah dan berbagai macam inisiatif dari stakeholder juga telah menunjukkan komitmen kuat yayasan. Pondok Pesantren Bairuha ini untuk menyediakan pendidikan yang berkualitas tinggi.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY