Raditya Dika Sempat Tak Mau Menikah, Bagaimana Pendapat Dalam Pandangan Islam?

0
53
Raditya Dika Sempat Tak Mau Menikah 3

Raditya Dika sempat – Sebelum menikah dengan Annisa Aziza, Raditya Dika ternyata sempat tak mau berumah tangga dan memiliki anak lho. Hal ini bukan karena ia takut akan merasa bosan menjalani hubungan rumah tangga, namun Raditya Dika memiliki sifat tidak mudah bergaul dengan  orang lain. Ia merasa takut nantinya akan canggung ketika menikah dengan seseorang dan tinggal satu rumah. Ia juga khawatir tidak bisa dekat dengan anaknya kelak.

Raditya Dika Sempat Tak Mau Menikah 2

Kekhawatiran yang dimiliki oleh Raditya Dika ini yang memicu dirinya berpikir untuk tidak menikah dan memiliki anak. Selain itu, pikiran tersebut muncul juga setelah ia mengalami salah satunya patah hati. Namun ternyata setelah menjalani hubungan dengan Annisa Aziza, ia kemudian mantap untuk menikah. Ia merasa bahagia dan mengaku bahkan tidak pernah bertengkar setelah menikah. Lalu bagaimana pendapat dalam islam mengenai hal ini?

Raditya Dika Sempat Tak Mau Menikah, Bagaimana Pendapat Dalam Pandangan Islam?

Raditya Dika Sempat Tak Mau Menikah 1

Raditya Dika sempat berpikir tidak ingin menikah dan juga memiliki anak. Hal ini dipicu beberapa hal sehingga membuat Raditya Dika khawatir dengan pernikahan. Dalam islam sendiri, kaum muslimin dianjurkan untuk menikah. Hal ini sudah menjadi kodrat manusia yang hakekatnya diciptakan berpasang-pasangan. Dan lagi menikah adalah cara untuk menyempurnakan agama tentu saja. Ini tercermin dalam ayat Al Quran, bagaimana Allah memerintahkan kaum muslimin untuk menikah.

Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.

Dalam ayat ini sudah dijelaskan tentang kebesaran Allah yang menciptakan manusia berpasang-pasangan. Ini artinya menikah adalah salah satu perintah Allah, karena sudah menjadi kodrat manusia untuk saling berpasangan dan memiliki keturunan. Apalagi dalam ayat Al Quran dijelaskan juga bagaimana Allah akan memberikan rezeki kepada pasangan yang menikah.

Lalu bagaimana pendapat dalam pandangan islam mengenai keinginan untuk tidak menikah?

Menikah Adalah Perintah Allah SWT

Raditya Dika Sempat Tak Mau Menikah 3

Menikah adalah perintah Allah SWT, sehingga ketika seseorang memutuskan untuk tidak menikah tentu saja sama halnya dengan tidak menunaikan perintah Allah. Sementara Allah sendiri menjamin rezeki kaum muslimin yang menikah. Sehingga tidak perlu khawatir untuk menikah. Ini artinya, menikah menjadi salah satu ibadah yang seharusnya dilaksanakan oleh siapapun yang sudah mampu dan layak menikah.

Menikah Salah Satu Kebesaran Allah SWT

Kenapa termasuk kebesaran Allah? Hal ini karena Allah telah menciptakan manusia berpasang-pasangan. Dan menjadikan keturunan diantaranya. Itu sebabnya, untuk menunaikan kebesaran Allah SWT adalah dengan menikah. Menikah bukan hanya untuk mendapatkan keturunan, ini juga bisa menjadi ibadah sekaligus ladang pahala lho bagi yang menjalaninya.

Menikah Adalah Ibadah

Dalam pandangan islam sendiri, manusia sudah seharusnya menikah karena menikah adalah bagian dari ibadah. Itu sebabnya, Allah memerintahkan kaum muslimin yang telah mampu untuk menyegerakan menikah. Sementara pemikiran untuk tidak menikah tentu saja bertentangan dengan ajaran islam.

Raditya Dika sempat – berpikir untuk tidak menikah dan memiliki anak. Sobat CahayaIslam, kita perlu tahu bahwasanya manusia telah Allah ciptakan berpasang-pasangan. Dan juga oleh karena itu dijadikannya keturunan.


Catatan Kaki:

(1) – Surat An-Nisa’ Ayat 1

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY