Pemkot Malang Siapkan Safe House Untuk Isolasi, Bagaimana Atasi Wabah Covid-19 Menurut Pandangan Islam?

0
42
Pemkot Malang 2

Pemkot Malang – Kasus covid-19 yang terus meningkat membuat beberapa daerah akhirnya harus mempersiapkan tempat isolasi lebih. Hal ini karena membudlaknya korban dari covid. Seperti yang dilakukan oleh Pemkot Malang yang kini menyediakan fase house baru untuk isolasi pasien covid-19. Terlebih upaya ini dilakukan untuk mengurangi resiko penularan covid-19. Safe house baru ini dibangun di daerah Desa Kalisongo, Dau, Kabupaten Malang.

Pemkot Malang 1

Dengan adanya safe house baru ini diharapkan dapat menangani pasien covid-19 dengan lebih baik. Terlebih dengan adanya fasilitas yang cukup memadai. Saat ini, korban wabah covid mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Sehingga beberapa daerah bahkan kekurangan tempat untuk menampung para pasien corona ini. Lalu bagaimana untuk menangani hal ini jika dikaji dalam pandangan islam? Yuk simak penjelasannya dalam ulasan ini.

Pemkot Malang Siapkan Safe House Untuk Isolasi, Bagaimana Atasi Wabah Covid-19 Menurut Pandangan Islam?

Pemkot Malang 2

Pemkot Malang siapkan safe house sebagai upaya untuk menangani pasien covid-19 yang saat ini terus meningkat. Terlebih kamar yang disiapkan diharapkan bisa menangani pasien yang ada dengan fasilitas yang memadai. Tahukah sobat CahayaIslam, bahwa wabah yang saat ini kita alami juga bagian dari rencana Allah SWT. Itu sebabnya kaum muslimin harus terus bersabar.

Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan ijin Allah; dan barangsiapa yang beriman kepada Allah niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

Dalam ayat ini dijelaskan bahwasanya segala yang menimpa manusia tidak lain adalah dengan izin Allah SWT. Sehingga sudah seharusnya kaum muslimin meminta petunjuk sekaligus pertolongan kepada Allah. Apalagi dalam pandemi saat ini yang kian hebat. Lalu apa yang bisa dilakukan kaum muslimin untuk mengatasi wabah covid-19?

Mengikuti Prokes Dengan Tertib

Salah satu cara mengatasi wabah covid-19 ini adalah dengan mengikuti prokes dengan tertib. Dalam islam sendiri, kita dianjurkan untuk mengikuti pemimpin. Sementara dalam wabah saat ini, kita diminta untuk mengikuti protokol kesehatan. Dan ini harus dijalankan dengan tertib agar bisa segera keluar dari wabah yang  meresahkan sekarang ini.

Berdoa dan Meminta Pertolongan Allah SWT

Sebagai seorang muslimin, upaya atau ikhtiar yang bisa dilakukan salah satunya adalah dengan meminta pertolongan Allah SWT. Musibah yang terjadi dengan izin Allah, begitu pula saat Allah mencabut apa yang telah ditimpakan-Nya. Tentu saja juga atas seizinNya. Itulah kenapa satu-satunya penolong kita adalah Allah.

Menjaga Kesehatan Dengan Makan Bergizi

Kaum muslimin bisa mengkonsumsi makanan yang bergizi dan sehat untuk mengatasi wabah yang ada. Meskipun tidak mampu mengatasi virus yang ada, namun ini bisa menjadi salah satu penjagaan untuk diri sendiri dan keluarga. Sehingga tidak mudah terserang virus covid-19 ini.

Pemkot Malang – menyiapkan safe house untuk isolasi pasien covid-19 yang kian meningkat saat ini. Sobat CahayaIslam, yang kira tahu bahwa wabah ini kian hebat. Sehingga ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga diri agar tetap sehat.


Catatan Kaki:

(1) – Surat At-Taghabun Ayat 11

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY