Heboh Dinosaurus di Magetan, Adakah Pembahasan Mengenai Hewan Purba di Al Quran?

0
111

Dinosaurus – Turun dari truk digiring oleh beberapa orang di Magetan, Jawa Timur menghebohkan netizen. Sebab hewan langka yang dikenal hidup ribuan tahun dengan tubuh yang berukuran besar itu tergolong sudah sulit ditemukan di zaman sekarang.

Ternyata hewan langka yang viral videonya digiring banyak orang itu memang benar adanya. Pengambilan video itu di depan Mojosemi Forest Park, Magetan sebagai bentuk promosi adanya wahana wisata baru yaitu Mojosemi Dinosaurus Park sebagai wahana langka di Indonesia.

Wahana yang menyuguhkan hewan-hewan langka, sepertinya memiliki prospek yang menjanjikan di kemudian hari, yang bisa menarik pengunjung untuk berbondong-bondong sekadar melihat-lihat.

Berbicara tentang hewan langka kita bisa mengaitkan dengan hewan purba. Hewan purba yang notabene hadir di zaman nenek moyang manusia, di mana kini populasinya bisa dikatakan telah minim jumlahnya, hanya sekian persen saja yang masih bisa ditemukan.

Sobat Cahaya Islam, sebagai umat Islam kita perlu peka dengan keadaan sekitar. Termasuk dalam hal penciptaan alam semesta yang di dalamnya terdampar banyak makhluk hidup. Mengingat demikian apakah dalam Al-Qur’an ada ayat yang membahas terkait hewan purba?

Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas bersama mengenai keberadaan ayat Al-Qur’an yang membahas tentang hewan purba.

Dinosaurus Hewan Purba, Ayat Al-Qur’an Membahas tentang Hewan Purba

Al-Qur’an kitab pedoman umat Islam, yang menjadi sumber hukum pertama dan utama. Selain, sebagai sumber hukum Al-Qur’an berisi tentang rahasia alam semesta yang mencangkup dunia seisinya. Meninjau dari hal ini tentu semua yang ada di dunia sudah tertera dalam Al-Qur’an.

Mungkin kalian bertanya-tanya jika begitu, hewan purba tentu sudah tertera dalam Al-Qur’an bukan? Begini penjelasannya.

  • Rahasia Alam Semesta dalam Al-Qur’an

Al-Qur’an Al-Karim di dalamnya memuat rahasia alam semesta dari mulai penciptaan alam semesta yang membutuhkan sekian waktu dan bagaimana penciptaan alam semesta. Salah satu ayat Al-Qur’an yang menjelaskan tentang ini terdapat dalam surah Al-Anbiya’ ayat 30.


اَوَلَمۡ يَرَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡۤا اَنَّ السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضَ كَانَـتَا رَتۡقًا فَفَتَقۡنٰهُمَا‌ ؕ وَجَعَلۡنَا مِنَ الۡمَآءِ كُلَّ شَىۡءٍ حَىٍّ‌ ؕ اَفَلَا يُؤۡمِنُوۡنَ

Dan apakah orang-orang kafir tidak mengetahui bahwa langit dan bumi keduanya dahulunya menyatu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya; dan Kami jadikan segala sesuatu yang hidup berasal dari air; maka mengapa mereka tidak beriman? (QS Al-Anbiya’: 30)

Ayat Al-Qur’an memuat rahasia alam semesta itu berarti pasti ada yang membahas tentang hewan purba tetapi tidak merinci secara detail melainkan terkait ayat adanya makhluk di dunia.

  • Ayat Al-Qur’an Bisa Ditafsirkan Begitu Saja

Muslim perlu hati-hati dalam menafsirkan ayat dalam Al-Qur’an, sebab ayat Al-Qur’an adakalanya tidak semua bisa langsung dimaknai begitu saja. Perlu ilmu yang luas, mengingat bahasa Al-Qur’an merupakan firman Allah SWT.

Jadi ketika kita bertanya tentang adakah ayat tentang hewan purba, lantas perlu ahli tafsir yang mumpuni untuk menjawabnya. Akan tetapi jika melihat terjemahan saja bukan dengan meninjau tafsirnya, ayat tentang hewan purba tidak ada.

  • Manusia tidak Bisa Mengupas Semua Isi Al-Qur’an

Mengupas isi kandungan Al-Qur’an yang di dalamnya memuat rahasia kehidupan, tidak bisa dilakukan secara menyeluruh oleh manusia, meskipun dilakukan oleh orang yang hebat di bidang bahasa Arab.

Oleh karena itu, mengenai ada tidaknya ayat tentang hewan purba pada hakikatnya Allah SWT yang tahu, sebab apa daya manusia yang jelas-jelas tidak bisa mencapai rahasia Allah.

Tiga poin di atas semoga bisa memberikan pengetahuan tentang ada tidaknya ayat Al-Qur’an tentang hewan purba. Tidak lupa semoga Dinosaurus yang termasuk hewan purba bisa tetap lestari di Bumi Pertiwi. Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY