Anak Berperilaku Buruk? Yuk Ketahui Beberapa Penyebabnya Menurut Pandangan Islam

0
34
Perilaku Buruk Anak 1

Anak berperilaku buruk – Perkembangan anak dipengaruhi oleh berbagai hal. Mulai dari asupan gizi, lingkungan dan tentu saja juga didikan orang tua. Bagaimanapun, orang tua menjadi salah satu cerminan sikap dan perilaku anak. Itu sebabnya, dalam mengajarkan atau mendidik anak sangat penting untuk memperhatikan sikap kita sebagai orang tua. Apalagi anak cenderung akan meniru apa yang orang tua lakukan. Perilaku buruk anak juga bisa dipengaruhi dengan banyak faktor tentu saja.

Perilaku Buruk Anak 1

Dalam mendidik anak, kesabaran menjadi kunci yang harus diingat oleh orang tua. Begitu juga dengan sikap orang tua yang harus dijaga. Ini agar bisa memberikan contoh yang baik kepada anak dan juga tidak menghasilkan perilaku buruk anak. Dalam islam sendiri, telah dijelaskan bagaimana peran orang tua. Salah satunya adalah menjaga dan mendidik anak sesuai dengan syariat islam. Apalagi Ibu atau keluarga merupakan madrasah pertama untuk anak-anak.

Anak Berperilaku Buruk? Ini Beberapa Penyebabnya Menurut Islam

Perilaku Buruk Anak 2

Anak berperilaku buruk tentu saja dengan berbagai faktor penyebab. Itu sebabnya, didikan orang tua juga memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan pribadi anak. Apalagi pada masa perkembangan anak, sikap orang tua akan menjadi contoh. Dalam pandangan islam sendiri, orang tua memiliki tanggung jawab dalam mendidik dan mengajarkan kebaikan terhadap anak. Dan ini bisa dilakukan dengan memberikan contoh yang baik, hingga menanamkan nilai-nilai agama sejak dini kepada anak.

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.

Dalam surat ini telah ditegaskan bagaimana Allah memerintahkan kaum muslimin untuk memelihara keluarganya dari api neraka. Bukan hanya dengan mengajarkan ilmu agama saja, namun cara mendidik anak juga harus diperhatikan. Dalam hal ini, perilaku anak juga sangat dipengaruhi dengan didikan orang tua tentu saja. Lalu apa saja yang bisa menjadi penyebab perilaku buruk anak? Begini menurut pandangan islam.

Membentak Hingga Memukul Anak

Mendidik anak dibutuhkan lebih banyak kesabaran. Namun tidak sedikit orang tua yang kemudian  membentak atau memukul anak karena tidak sabar menghadapi perilaku anak. Tentu saja tindakan ini justru yang menyebabkan perilaku buruk anak. Ini akan menjadi ingatan yang tersimpan dalam benak anak, dan menjadi salah satu sebab anak berperilaku buruk karena ingatan yang buruk tadi.

Mengabaikan dan Menoleransi Perilaku Buruk Anak

Salah satu penyebab perilaku buruk anak adalah mengabaikan dan menoleransi perilaku buruknya. Dengan memberikan toleransi dan mengabaikan hal ini, justru memicu anak untuk memelihara perilaku buruknya. Itu sebabnya, orang tua seharusnya mengingatkan dan memberikan nasehat jika anak berbuat salah atau berperilaku buruk. Sehingga anak bisa belajar untuk mengubah sikapnya.

Anak berperilaku buruk  – tentu saja dipicu dengan berbagai hal. Salah satunya adalah sikap orang tua yang kurang tepat dalam memperlakukan anak. Ternyata ini bisa memicu perilaku buruk seorang anak lho sobat CahayaIslam. Itulah kenapa sangat penting memperhatikan bagaimana sikap dan cara orang tua memperlakukan anak.


Catatan Kaki:

(1) – Surat At-Tahrim Ayat 6

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY