Rabiul Awwal Tiba, Sambut Peringatan Kelahiran Nabi melalui 5 Amalan-Amalan  

0
162

Rabiul Awwal – Bulan yang menduduki urutan ketiga dalam kalender Hijriyah telah datang. Bertepatan pada Minggu, 18 Oktober 2020, dilihat dari kalender Masehi.

Mungkin bagi sebagian umat Islam, tidak ingat benar saban awal permulaan bulan Rabiul Awwal. Karena kebanyakan umat Islam lebih hafal tanggal kalender Masehi. Kalaupun hafal tanggal satu bulan Hijriyah, itu seringnya bulan Ramadhan atau Syawal yang memiliki momen spesial.

Sobat Cahaya Islam, setiap bulan, pekan, bahkan detik pun memiliki nilai tersendiri. Pasti ada momen yang terjadi di waktu itu. Begitu pun bulan ketiga ini, yang memiliki sejarah tersendiri khususnya bagi umat Islam, yakni kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Rabiul Awwal Bulan Peringatan Kelahiran Rasulullah, Ada 5 Amalan-Amalan Menyambutnya

Bumi berseru bahagia manusia teladan yang ditunggu-tunggu telah tiba di tahun Gajah di bulan terpilih. Rasulullah ditugaskan oleh Allah SWT untuk menjadi suri teladan bagi semua umat dalam lingkup universal (menyeluruh).

Rasulullah, beliau manusia pilihan yang membawa agama pilihan tidak lain adalah agama Islam. Agama yang memberikan kasih sayang dan kekerasan tanpa paksaan untuk menjadi penganutnya.

Oleh karena itu, sebagai umat Islam di bulan terpilih ini, yuk kita laksanakan 5 amalan-amalan yang semoga kita bisa tergolong ke dalam umat beliau, Nabi Muhammad SAW.

5 Amalan-Amalan Memperingati Kelahiran Nabi Muhammad SAW

  1. Menjalankan Ibadah Fardhu

Sebelum beranjak melaksanakan beberapa ibadah yang dihukumi sunah, lebih baik menilik terlebih dahulu ibadah fardhu. Memperbaiki kualitas ibadah kepada Allah, karena ini hukumannya wajib. Nabi Muhammad sendiri memerintahkan untuk menjalankan ibadah fardhu.

  1. Sholawat

“Sholawat ayo sholawat! Wong Gusti Allah wae sholawat”

Lirik lagu tersebut benar adanya. Allah SWT sendiri yang Maha Kuasa atas segalanya saja sholawat, bagaimana dengan kita yang hanya manusia biasa? Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam surah Al-Ahzab ayat 56.

إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ يَآأَيُّهَاالَّذِيْنَ آمَنُـوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا (الاحزاب:)

Artinya; “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi Saw. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi Saw dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya”

Benarkan, Allah SWT juga sholawat bersama malaikat-malaikat-Nya, dan umat Islam diperintahkan sholawat sebagai bentuk penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW.

  1. Mempelajari Sejarah Nabi

Bila ingin mengetahui lebih banyak tentang nabi akhir ini, pelajarilah sejarah beliau supaya mengenal lebih dekat sosok beliau. Ada banyak kitab yang menjelaskan sejarah nabi, antara lain kitab Siroh Nabawiyah dan kitab Khulasoh Nurul Yaqin.

Bahkan sekarang, sudah lahir banyak pengarang handal yang memasak sejarah nabi menjadi sebuah novel, sehingga mudah dipahami oleh semua kalangan.

  1. Meneladani Perilaku Nabi

Nabi Muhammad SAW merangkap beberapa peran, sebagai ayah dari Fatimah, sebagai pedagang, sebagai pemimpin pemerintahan. Umat Islam yang mengaku umat beliau sudah sepatutnya meneladani perilaku beliau.

Semisal jadi pedagang jadilah pedagang yang jujur, semisal jadi ayah jadilah sosok yang penyayang, jadi pemimpin jadilah pemimpin yang adil, dan lain sebagainya.

  1. Menjalankan Sunah Nabi

Ibadah sunah memang tidak harus dilakukan, namun baik bila bisa melakukannya. Ada banyak ibadah sunah yang bisa dijalankan. Bagi yang kuat tidak makan bisa diistikamahkan puasa sunah, yang punya banyak harta bisa diinfakkan sebagai tabungan amal.

Pada intinya, setiap orang punya porsi masing-masing untuk menjalankan ibadah sunah. Hanya saja mau tidak menjalankannya.

Sobat Cahaya Islam, lima amalan untuk menyambut peringatan kelahiran Khataman Nabi (nabi terakhir) itu, dapat kita lakukan di bulan Rabiul Awwal. Syukur-syukur bisa dilanggengkan ke bulan selanjutnya. Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY