Pembunuhan Suami Istri di BSD Karena Dendam, Tahukah? Beberapa Hal Ini Bisa Memupuk Dendam Lho

0
36
Pembunuhan Suami Istri di BSD 3

Pembunuhan suami istri – Peristiwa pembunuhan suami dan istri dirumahnya menggegerkan kawasan Bumi Serpong Damai (BSD). Keduanya tewas dibunuh oleh pelaku yang tidak lain adalah mantan kuli. Pelaku mengaku merasa sakit hati dengan korban karena sering menghina dan memperlakukan pelaku dengan kasar. Menurut pengakuannya juga, korban sering mengatainya dengan kata-kata kasar dan pernah menampar hingga dua kali.

Pembunuhan Suami Istri di BSD 1

Akibat sakit hati yang dirasakan pelaku ini menimbulkan dendam, yang kemudian melatarbelakangi pembunuhan kepada kedua korban. Namun bagaimanapun, pembunuhan bukanlah perbuatan yang dibenarkan apapun alasannya. Ini juga termasuk perbuatan yang keji menurut pandangan islam. Dan lagi islam juga melarang kaum muslimin untuk memiliki sifat dendam. Ini karena ada banyak keburukan yang bisa timbul akibat memelihara perasaan dendam lho sobat CahayaIslam.

Pembunuhan Suami Istri di BSD Karena Dendam, Beberapa Hal Ini Bisa Memupuk Dendam Lho

Pembunuhan Suami Istri di BSD 3

Pembunuhan suami istri di BSD terjadi karena dipicu dendam. Menurut pengakuan pelaku, korban memperlakukannya dengan tidak baik dan seringkali menghina. Sehingga hal ini menimbulkan dendam dan akhirnya merencanakan untuk melakukan pembunuhan tersebut. Hanya saja, pembunuhan bukanlah perbuatan yang bisa dibenarkan.

Apalagi dalam hukum islam sendiri mengatur bahwa kaum muslimin diharamkan untuk membunuh. Ini termasuk perbuatan keji yang tentu saja balasan bagi pelakunya adalah azab yang teramat pedih.

Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang serupa, maka barang siapa memaafkan dan berbuat baik maka pahalanya atas (tanggungan) Allah. Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang zalim.(1)

Dalam ayat ini dijelaskan bahwasanya suatu kejahatan balasannya adalah kejahatan serupa. Namun lebih diutamakan untuk berbuat baik dan memaafkan. Itu artinya, menyimpan dendam bukanlah sikap seorang muslim. Apalagi Allah juga memerintahkan kita untuk saling memaafkan dan menahan amarah. Hal ini adalah salah satu bentuk kebaikan dan kesabaran, yang karenanya Allah akan semakin mencintai kita.

Lalu hal apa yang bisa memupuk perasaan dendam? Ini penjelasannya.

Memelihara Rasa Marah

Pembunuhan Suami Istri di BSD 2

Marah yang tidak selesai bisa memupuk perasaan dendam lho sobat CahayaIslam. Itu sebabnya, Allah memerintahkan kaum muslimin untuk menahan amarah. Ini karena amarah bisa menyebabkan banyak keburukan. Salah satunya adalah dendam. Sebagai seorang muslimin, jika marah yang dilakukan adalah bersabar. Jangan sampai membiarkan amarah terus menguasai diri dan menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Tidak Belajar Ikhlas

Dendam biasanya diawali dengan perasaan marah atau sakit hati yang akhirnya dibiarkan begitu saja. Dan kemudian berkembang menjadi dendam. Ini biasanya dipupuk dengan adanya ketidak ikhlasan. Jika kita belajar untuk mengikhlaskan apapun yang terjadi, maka hati kita insyaallah akan terhindar dari perasaan dendam. Jika disakiti, dikecewakan atau bahkan diperlakukan tidak baik maka kita perlu belajar untuk ikhlas. Dan yang terpenting adalah bersabar.

Pembunuhan suami istri – yang dipicu oleh dendam menunjukkan betapa dendam ini bisa mencelakakan diri sendiri lho sobat CahayaIslam. Maka dari itu, mari kita belajar untuk sabar dan menahan amarah.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Asy-Syura Ayat 40

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY