Ini Keutamaan dan Tata Cara Sholat Idul Adha

0
30
Tata Cara Sholat Idul Adha

Tata Cara Sholat Idul AdhaSobat Cahaya Islam Tata Cara Sholat Idul Adha tahun ini dengan menerapkan protokol kesehatan. Tahun ini hari raya Idul Adha jatuh pada hari Selasa tanggal 20 Juli 2021. Dan ini sangat dinantikan umat muslim didunia. Biasanya pelaksanaan ibadah umat muslim dengan menyembelih hewan kurban yaitu unta, sapi dan kambing.

Di Indonesia sendiri yang disembelih adalah sapi dan kambing dan nantinya hewan kurban tersebut dibagikan kepada masyarakat yang lebih membutuhkan. Makna Sholat Idul Adha sendiri adalah shalat yang dikerjakan pada tanggal 10 Dzulhijjah diwaktu pagi, shalat Idul Adha hukumnya sunnah dalam Islam.

Hukum sholat dibedakan menjadi dua yaitu wajib atau fardhu dan kedua adalah sunnah. Sholat fardhu dibedakan menjadi dua yaitu fardhu ain dan fardhu kifayah. Sholat fardhu ain adalah sholat yang wajib dikerjakan tiap individu, tidak boleh digantikan seperti sholat 5 waktu dan sholat jumat bagi laki laki.

Sedangkan fardhu kifayah adalah sholat yang apabila sudah dikerjakan oleh beberapa orang maka gugurlah kewajiban muslim lainnya, contohnya shalat jenazah.

Sholat adalah ibadah hamba kepada tuhannya, sholat membersihkan hati dan jiwa serta menhindarkan diri dari perbuatan buruk dan tercela. Sholat adalah kewajiban bagi orang beriman. Sebagaimana dalam firman Allah SWT

“Selanjutnya apabila kamu telah menyelesaikan sholatmu, ingatlah Allah ketika kamu berdiri, pada waktu duduk dan ketika berbaring. Kemudian, apabila kamu telah merasa aman, maka laksanakanlah sholat itu (sebagaimana biasa). Sungguh sholat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunga atas orang orang yang beriman.” (Q.S An Nisa:103)

Tata Cara Sholat Idul Adha dan Keutamaannya

Tata Cara Sholat Idul Adha

Sebelum membahas lebih jauh tentang keutamaan sholat Idul Adha, mari kita simak penjelasan tentang Tata Cara Sholat Idul Adha yang akan kita bahan di paragraf berikut ini:

  1. Sebelum sholat disunahkan memperbanyak bacaan takbir, tahmid dan tasbih.
  2. Sholat dilakukan tanpa adzan dan iqomah, dan dimulai dengan menyeru Ash sholatu jaami’ah
  3. Memulai dengan niat sholat idul adha.

“usholi sunnatan ‘Iidil Adhaa rok’ataini mustaqbilal kiblati lillaahi ta’aala”

Artinya : aku berniat sholat sunnah idul adha dua rakaat menghadap kiblat karena Allah ta’ala.

  • Membaca takbiratul ihram (Allahu Akbar) sambil mengangkat kedua tangan.
  • Membaca takbir sebanyak 7 kali (diluar takbiratul ihram) dan diantara takbir disunahkan membaca “subhanallah walhamdulillah walaa ilaha illallah hu Allahu Akbar.
  • Membaca surat Al fatihah, kemudian dilanjutkan membaca surah pendek dari Al Quran.
  • Rukuk
  • Sujud
  • Duduk diantara dua sujud
  • Dujud
  • Takbir intiqal (takbir yang mengiri bangun dari posisi duduk ke posisi berdiri)

Dalam Rakaat kedua dilakukan takbir sebanyak 5 kali dilanjutkan dengan rukun yang sama dengan rakaat pertama hingga duduk tasyahut akhir dan salam.

Keutamaan Sholat Idul Adha

Tata Cara Sholat Idul Adha

Berikutnya adalah keutamaan sholat Idul Adha. Meski pandemi membuat sebagian dari kita tidak bisa mengikuti sholat Idul Adha di Masjid, namun kita tetap dapat melaksanakannya di rumah, sendiri atau berjamaah bersama keluarga. Sehingga Sobat tetap bisa mendapat keutamaannya.

1.      Menyempurnakan ibadah dengan ibadah Qurban

Salah satu hal yang dianjurkan saat Idul Adha adalah menyembelih hewan Kurban bagi yang mampu karena ini merupakan ibadah yang dicintai Allah.

2.      Dihapus dosanya selama satu tahun

Apabila kita melakukan puasa arafah yaitu pada tangal 9 Dzulhijjah maka hal tersebut akan menghapus dosa satu tahun, baik satu tahun sebelumnya maupun satu tahun setelahnya.

3.      Berlipat amal ibadahnya

Bulan dzulhijjah merupakan bulan mulia, terutama pada tangal 10 dzulhijjah, sebagaimana sabda Rasulullah SAW : “tiada hari yan didalamnya ada suatu amal yang dicintai Allah kecuali hari-hari ini (Hari Raya Idul Adha)”

Demikian Sobat Cahaya Islam semoga kita dapat menerapkan Tata Cara Sholat Idul Adha dengan baik dan benar. Serta kita dapat mengambil hikmah keutamaan sholat idul Adha dan ibadah lainnya, niscaya Allah akan melipat gandakan pahala kita.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY