Karyawan BUMN Ditangkap Karena Edarkan Narkoba, Ini Dosa Besar Bagi Pelakunya Dalam Islam

0
54
Karyawan BUMN Ditangkap 1

Karyawan BUMN ditangkap – Petugas Direktorat Narkoba Polda NTT menangkap tiga orang pemakai dan juga pengedar narkoba. Salah satu dari pengedar merupakan seorang karyawan BUMN. Penangkapan atas ketiga pelaku ini juga di tempat yang berbeda.

Ketika melakukan pemeriksaan, hasil tes urine menunjukkan bahwa karyawan BUMN yang berinisial AM ini positif memakai narkoba. Sementara pemakai narkoba lainnya mengaku memesan sabu dari AM baru sebanyak dua kali.

Karyawan BUMN Ditangkap 3

Pemakaian narkoba bukan hanya melanggar hukum negara yang berlaku. Ini juga bertentangan dengan ajaran islam. Bukan hanya pemakaian, pengedaran narkoba juga sudah pasti tidak boleh dan melanggar hukum. Apalagi narkoba memiliki efek yang buruk bagi kesehatan pemakainya. Namun sayangnya justru banyak orang menyalahgunakan narkoba dan berusaha mencari keuntungan dengan mengedarkan narkoba. Dan ini sungguh tidak sesuai dengan hukum islam yang berlaku.

Karyawan BUMN Tertangkap Karena Edarkan Narkoba, Ini Dosa Besar Bagi Pelakunya Dalam Islam

Karyawan BUMN Ditangkap 2

Karyawan BUMN tertangkap karena mengedarkan narkoba. Narkoba adalah salah satu jenis obat-obatan yang dilarang untuk dikonsumsi. Itu sebabnya narkoba tidak boleh beredar apalagi jika sampai di gunakan.

Dalam islam sendiri, kaum muslimin tidak boleh mengkonsumsi apapun yang menimbulkan efek mabuk atau halusinasi. Baik minuman keras ataupun obat-obatan seperti narkoba. Terlebih lagi narkoba memberikan lebih banyak mudharat dari pada manfaatnya. Bahkan bisa di katakan tidak memiliki manfaat.

الَّذِينَ يَتَّبِعُونَ الرَّسُولَ النَّبِيَّ الْأُمِّيَّ الَّذِي يَجِدُونَهُ مَكْتُوبًا عِنْدَهُمْ فِي التَّوْرَاةِ وَالْإِنْجِيلِ يَأْمُرُهُمْ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَاهُمْ عَنِ الْمُنْكَرِ وَيُحِلُّ لَهُمُ الطَّيِّبَاتِ وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمُ الْخَبَائِثَ وَيَضَعُ عَنْهُمْ إِصْرَهُمْ وَالْأَغْلَالَ الَّتِي كَانَتْ عَلَيْهِمْ ۚ فَالَّذِينَ آمَنُوا بِهِ وَعَزَّرُوهُ وَنَصَرُوهُ وَاتَّبَعُوا النُّورَ الَّذِي أُنْزِلَ مَعَهُ ۙ أُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

(Yaitu) orang-orang yang mengikut Rasul, Nabi yang ummi yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada di sisi mereka, yang menyuruh mereka mengerjakan yang ma’ruf dan melarang mereka dari mengerjakan yang mungkar dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk dan membuang dari mereka beban-beban dan belenggu-belenggu yang ada pada mereka. (1)

Ayat ini menjelaskan tentang bagaimana islam mengatur apa saja yang dihalalkan dan diharamkan untuk dikonsumsi oleh kaum muslimin. Jika minuman keras yang memabukkan saja Allah haramkan, maka begitu juga dengan narkoba yang memberikan efek yang sama. Bahkan menimbulkan banyak gangguan kesehatan juga. Tahukah sobat CahayaIslam, ini dosa besar bagi pelaku pengedar narkoba lho.

Karyawan BUMN Ditangkap 1

Menebarkan Keburukan

Mengedarkan narkoba sama halnya dengan menebarkan keburukan dalam pandangan islam. Hal ini dikarenakan narkoba adalah sesuatu yang jelas dilarang oleh hukum negara dan hukum islam. Itu artinya, seseorang yang mengedarkan narkoba sama saja sedang menyebarkan kemaksiatan di bumi. Dan karena itulah menjadi sebab dosa besar bagi pelakunya. Apalagi balasan Allah terhadap pelaku maksiat sungguh teramat pedih sobat CahayaIslam.

Ikut Dalam Kemaksiatan

Pelaku pengedar narkoba, meskipun tidak ikut mengkonsumsinya namun dosa yang ditanggung sama dengan pemakainya. Ini karena pengedar narkoba juga ikut masuk ke dalam kemaksiatan. Dan artinya, Allah juga akan memberikan balasan yang sama untuk setiap pelaku kemaksiatan. Maka dari itu, kaum muslimin tidak seharusnya ikut berpartisipasi dalam keburukan karena ini menyimpang dari ajaran islam.

وَأَنْفِقُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلَا تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ ۛ وَأَحْسِنُوا ۛ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.(2)

Karyawan BUMN – yang tertangkap karena mengedarkan narkoba ini merupakan salah satu perbuatan maksiat yang tidak benar dalam islam. Apalagi mengedarkan narkoba sama dengan menebarkan keburukan dan kemaksiatan. Jadi sobat CahayaIslam, alangkah pentingnya memperhatikan setiap perbuatan yang kita lakukan ya agar tidak terjerumus dalam dosa.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-A’raf Ayat 157

(2) – Surat Al-Baqarah Ayat 195

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY