Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri dan Keluarga, Sudah Tahu Doanya?

0
93

Niat zakat fitrah untuk diri sendiri dan keluarga – Zakat dibayarkan setahun sekali pada bulan Ramadhan sebelum malam Idul Fitri. Orang Islam yang mampu wajib membayarkan zakat. Zakat diberikan kepada golongan orang-orang yang berhak menerima zakat seperti, ibnu sabil, orang miskin, mualaf, fakir, gharim, riqab, amil, dan fi sabilillah.

Membayar zakat merupakan ibadah wajib bagi umat muslim. Zakat adalah rukun yang keempat. Untuk menyempurnakan rukun Islam, seorang muslim harus mengeluarkan zakat tiap tahunnya. Sama dengan ibadah madhoh lainnya, zakat adalah ibadah penting.

Dalam sudut pandang ekonomi, zakat terbukti bisa menjadi cara untuk meningkatkan ekonomi umat. Pendistribusian zakat menjadi cara mewujudkan kemerataan ekonomi. Orang-orang kurang mampu bisa memenuhi kebutuhan pokoknya seperti orang lainnya.

Sobat Cahaya Islam zakat harus kita bayarkan selagi kita mampu membayarnya. Selain itu banyak keutamaan yang bisa kita dapatkan ketika membayar zakat. Berikut ini adalah keutamaan-keutamaan zakat.

Keutamaan Zakat

1. Penyempurna Iman

Membayar zakat berarti telah menunaikan rukun Islam yang ke-4. Rukun Islam merupakan pilar agama Islam. Menjalankan semua rukun Islam dapat memperkokoh keislaman dan keimanan seorang muslim. Jadi, membayar zakat dapat menjadi penyempurna iman.

2. Menghapus Dosa

Berzakat adalah salah satu ibadah wajib. Dengan berzakat kita tidak hanya mendapat pahala dari Allah, dosa-dosa kita juga akan diampuni bahkan dihapus oleh Allah ta’ala. Membayar zakat juga merupakan perbuatan yang sangat mulia. Sebab kita dapat membantu orang-orang yang sedang membutuhkan dengan bantuan zakat.

3. Dapat Membersihkan Hati

Mengeluarkan harta kita untuk berzakat tidak akan membuat rugi. Belum pernah ada ceritanya orang berzakat atau sedekah kemudian jatuh miskin. Membayar zakat juga menjadi sarana bagi Sobat Cahaya Islam untuk membersihkan hati dan diri dari sifat kikir dan pelit.

Orang yang selalu bersedekah dan membayar zakat akan merasa ada yang kurang jika tidak berzakat. Biasakanlah bersedekah meskipun tidak selalu harus dengan harta. Sedekah bisa berupa pengetahuan atau tenaga.

“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat tersebut engkau membersihkan dan mensucikan mereka” (QS. At-Taubah: 103)

4. Menciptakan Kesetaraan Ekonomi

Kesenjangan ekonomi antara si kaya dan si miskin begitu lebar, itu yang terjadi di Indonesia saat ini. Kesenjangan ekonomi disebabkan oleh tidak meratanya ekonomi. Adanya zakat bisa membantu mempersempit kesenjangan ekonomi.

5. Rezeki Akan Ditambah

Allah akan memberi lebih banyak rezeki bagi orang-orang yang mengeluarkan harta untuk bersedekah atau berzakat. Bersedekah atau berzakat sebenarnya tidak akan mengurangi harta, malahan rezeki akan dilipatgandakan oleh Allah.

Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri dan Keluarga

Sebelum melakukan sesuatu akan lebih baik jika kita niat dulu. Sobat Cahaya Islam bisa membaca niat zakat fitrah untuk diri sendiri dan keluarga berikut ini.

Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri

Doa niat berikut dibaca ketika kita zakat untuk diri kita sendiri.

“Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an nafsi fardhan lillahi ta’ala.”

Artinya:”Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku sendiri fardhu karena Allah Taala.”

Niat Zakat Fitrah untuk diri sendiri dan keluarga

Sedangkan untuk yang mau berzakat untuk diri sendiri keluarga, Sobat Cahaya Islam bisa melafalkan niat berikut.

“Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri anni wa an jami’i ma yalzimuniy nafaqatuhum syar’an fardhan lillahi ta’ala.”

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku dan seluruh orang yang nafkahnya menjadi tanggunganku fardhu karena Allah Taala.”

Niat zakat fitrah untuk diri sendiri dan keluarga dibaca sebelum waktu membayar zakat fitrah. Waktu untuk membayar zakat yaitu di bulan Ramadhan sebelum shalat ied. Jika membayar zakat setelah shalat ied tidak dihitung sebagai zakat tetapi sedekah.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!