3 Resep Kue Lebaran yang Paling Diminati

0
22
resep kue lebaran

cahayaislam.id – Setiap tahun, banyak sekali orang yang bersemangat untuk membuat kue kering untuk disajikan saat hari raya. Salah satu yang tidak pernah ketinggalan adalah kue nastar, kastengel dan yang lain. Nah, agar tidak melulu membuat kue kering itu-itu saja mari simak seperti apa resep kue lebaran lainnya.

Mencoba membuat kue kering apabila berhasil memang bisa menjadi kepuasan tersendiri bagi beberapa orang. Daripada membeli di pasar, banyak yang memilih membuatnya di rumah dengan melihat resep yang tersedia di internet.

Kegiatan ini pun selalu menjadi kebiasaan yang selalu dilakukan setiap kali menjelang hari raya. Namun dari sekian banyaknya resep kue kering, ada beberapa sajian kue lebaran yang beda dari yang lain.

3 Resep Kue Lebaran yang Paling Diminati

Sobat Cahaya Islam, apa saja kue lebaran yang mudah dibuat dan tentu resepnya anti gagal? Demikian ulasannya.

1.      Kue Kering PisCok (Pisang Cokelat)

resep kue lebaran

Bahan yang dibutuhkan: 100 gr margarin, 60 gram gula halus, 1 buah kuning telur, 2 buah pisang ambon (dihaluskan), 150 gr tepung terigu pro rendah, 50 gr choco chips, 1 sdt baking powder, garam dan essens pisang secukupnya.

Cara membuat: kocok margarin, gula halus, garam terlebih dahulu sampai 3 menit. Kemudian tambahkan garam, kocok lagi sampai merata. Masukkan pisang dan essens pisang, kocok lagi.

Lalu tambahkan tepung terigu dan juga baking powder sambil diayak, aduk rata. Masukkan choco chips, aduk lagi hingga menyebar.

Sendok adonan ke atas Loyang yang sudah diberi margarin. Kemudian oven selama 25 menit dengan api bawah suhu 140 derajat celcius.

2.      Choco Cornflake Cookies

resep kue lebaran

Bahan yang dibutuhkan: 180 gr margarin, 150 gr gula halus, 1 buah kuning telur, 1 sdm susu cair, 50 gr cornflake (remas-remas), 30 gr havermut (sangria di atas api kecil selama 10 menit), 50 gr cokelat keeping, 25 gr cokelat bubuk, ½ sdt baking powder, 150 gr tepung terigu pro rendah.

Cara membuat: gula halus dan margarin dikocok terlebih dahulu selama 1 menit. Masukkan kuning telur, kocok lagi, tambahkan susu cair, aduk hingga merata.

Masukkan havermut, cornflake dan cokelat keping, aduk bersamaan. Setelah itu tambahkan tepung terigu, lalu cokelat bubuk dan juga baking powder, aduk rata.

Sendokkan ke atas Loyang yang sudah diberi olesan margarin. Oven dengan api suhu 130 derajat Celsius selama 30 menit.

3.      Kue Kering Kenari dengan Kismis

resep kue lebaran

Bahan yang dibutuhkan: 175 gr margarin, 150 gr gula halus, 2 kuning telur, 175 gr tepung terigu pro rendah, 25 gr maizena, 20 gr cokelat bubuk, 50 gr cokelat vanilla (dilelehkan), ½ sdt pasta cokelat, ½ sdt baking powder, ¼ sdt garam.

Sebagai pelengkap jangan lupa siapkan 75 gr kenari (iris memanjang), 75 gr kismis (potong-potong).

Cara membuat: kocok margarin, gula halus, garam selama 2 menit. Masukkan kuning telur dan pasta cokelat, aduk hingga rata.

Kemudian masukkan tepung terigu, tepung maizena, cokelat bubuk, dan bakin powder sambil diayak. Aduk lagi.

Masukkan cornflake, kenari dan kismis, aduk bersamaan. Setelah tercampur, sendokkan adonan ke Loyang yang sudah diberi olesan margarin. Oven dengan api suhu 140 derajat Celsius selama 40 menit.

Setelah matang, coret-coret pada permukaan kue dengan cokelat vanilla yang sudah dilelehkan.

Nantinya, kue-kue ini akan digunakan untuk menjamu para tamu karena hal tersebut dianjurkan oleh Islam. Seperti yang dijelaskan dalam firman Allah SWT:

هَلْ أَتَاكَ حَدِيثُ ضَيْفِ إِبْرَاهِيمَ الْمُكْرَمِينَ}}

“Sudahkah sampai kepadamu (Muhammad) cerita tamu Ibrahim (malaikat-malaikat) yang dimuliakan?” (Adz-Dzariyat: 24)

Demikian di atas adalah beberapa resep kue lebaran yang cocok disajikan untuk keluarga, kerabat dan teman-teman yang berkunjung ke rumah.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY